Beasiswa S2 Chevening di Universitas Inggris Terbaru

Ingin kuliah S2 di universitas Inggris? Ini dia kesempatannya. Beasiswa Chevening sudah diumumkan Pemerintah Inggris dan terbuka bagi mahasiswa Indonesia untuk mengenyam studi di kampus-kampus ternama Inggris. Saat ini pendaftaran bisa diajukan secara online hingga 1 November.

Beasiswa Chevening mencari individu-individu berbakat yang berpotensi menjadi pemimpin masa depan, pengambil keputusan, dan pembuat opini. Beasiswa terbaru ini disediakan Pemerintah Inggris melalui Foreign and Commonwealth Office (FCO). Selain menanggung biaya kuliah hingga £ 18.000, juga tersedia tunjangan hidup bulanan. Selain itu diberikan biaya perjalanan pp ke Inggris, tunjangan kedatangan dan kepulangan, biaya visa, serta bantuan dana perjalanan untuk menghadiri kegiatan Chevening di Inggris.

Beasiswa ini juga terbuka bagi Anda yang ingin mengambil program MBA (Master’s in Business Administration) dengan tanggungan biaya kuliah maksimum £ 18.000 poundsterling.

Beasiswa Chevening menerima aplikasi dari berbagai bidang studi dan memberi kesempatan lebih untuk bidang studi berikut:

√ Climate change
√ Economics
√ Energy
√ Foreign policy
√ Governance
√ Finance
√ Public sector management
√ Science
√ Technology

Persyaratan:
1. Warganegara yang memenuhi syarat Chevening (salah satunya Indonesia)
2. Bersedia kembali ke negara asal minimum dua tahun setelah beasiswa berakhir
3. Memiliki gelar sarjana yang memungkinkan masuk ke program pascasarjana di universitas Inggris dengan predikat upper second class 2:1 honours (setara IPK 3.33 – 3.67)
4. Memiliki pengalaman kerja setidaknya dua tahun
5. Mendaftar kuliah di tiga jurusan berbeda di universitas Inggris dan memperoleh tawaran tanpa syarat (unconditional offer) dari salah satu pilihan tersebut paling lambat 13 Juli

* Pelamar tidak memenuhi syarat jika sebelumnya sudah studi di Inggris yang dibiayai oleh Pemerintah Inggris.

Dokumen aplikasi:
1. Paspor/KTP yang berlaku
2. Ijazah dan transkrip universitas
3. Tiga pilihan jurusan Master berbeda di UK
4. Dua nama pemberi referensi yang mengenal kapasitas profesional dan akademik Anda

Pendaftaran: 
Pengajuan aplikasi dilakukan secara online melalui laman Chevening. Pendaftaran online Beasiswa S2 Chevening dibuka 12 September - 17 November. Silakan penuhi persyaratan serta dokumen aplikasi yang diminta di pendaftaran online tersebut. Sebelum diajukan, dokumen aplikasi dibuat dalam format PDF dengan ukuran tidak lebih dari 5 MB.

Bagi kandidat yang lolos seleksi online, maka akan diberitahukan untuk mengikuti tahapan wawancara yang diumumkan pada pertengahan Februari. Wawancara tersebut akan digelar antara 26 Februari – 26 April  melalui Kedutaan Besar Inggris. Pengumuman hasil wawancara akan disampaikan awal Juni.

Kandidat dapat mendaftar ke universitas di Inggris sebelumnya atau bersamaan dengan jadwal mendaftar beasiswa. Unconditional offer dari perguruan tinggi serta sertifikat kemampuan bahasa Inggris sudah harus diserahkan paling lambat 11 Juli. Kandidat terpilih akan memulai studi mereka di UK sekitar September/Oktober. 

Silakan simak juga Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi dan Beasiswa LPDP yang juga menyediakan tanggungan penuh biaya kuliah bagi pelamarnya. Selamat mencoba!

Info Beasiswa S2 Dalam dan Luar Negeri
Lihat Peluang yang Sesuai Buat Kamu..!

Facebook Twitter