Beasiswa Postgraduate dan Postdoktoral di Malaysia

Beragam beasiswa postgraduate dan postdoktoral dibuka Pemerintah Malaysia di tahun akademik yang baru. Salah satunya Malaysia International Scholarship (MIS) yang ditawarkan buat mahasiswa mancanegara. Beasiswa ini terbuka bagi siapa saja yang ingin mengambil studi S2 (master), S3 (PhD), dan postodoktoral di Malaysia.

Ada beberapa bantuan yang diberikan, di antaranya tanggungan biaya kuliah, tunjangan bulanan, tiket pesawat, tunjangan buku, asuransi kesehatan, tunjangan penelitian, visa, hingga wisata.

Beasiswa pascasarjana Malaysia
ini sengaja ditawarkan Pemerintah Malaysia untuk menarik sumber daya manusia berbakat dari mancanegara. Catatan prestasi akademik dan latar belakang keterampilan yang dimiliki menjadi prioritas pemberian beasiswa. Pelamar dapat memilih untuk kuliah di universitas negeri atau swasta yang ada di Malaysia.

Kriteria dan Persyaratan:
1. Berusia tidak lebih dari 40 tahun (postgraduate) dan 45 tahun (postdoktoral).
2. Memperoleh IPK minimal 3.5/4.0 bagi pelamar gelar Master dan 3.5/4.0 bagi pelamar PhD atau hasil yang sangat baik di level gelar Master. Selain itu, untuk program postdoktoral, seleksi akan dievaluasi berdasarkan jumlah buku yang diproduksi, jurnal, portofolio, dan hak paten. Kandidat post doktoral harus memiliki reputasi yang sangat baik dalam penelitian dan memiliki pengetahuan yang terkait dengan penelitian yang akan dilakukan.
3. Mahir berbahasa Inggris yang dibuktikan dengan IELTS atau TOEFL tidak lebih dari dua tahun terakhir sebelum permohonan. Skor minimum yang diperlukan: skor IELTS minimal 6,5; atau TOEFL PBT minimal 580; CBT 230: atau IBT minimal 92.
4. Kondisi kesehatan yang prima dan disertifikasi oleh dokter bersertifikat/medis profesional. Biaya pemeriksaan kesehatan ditanggung oleh pelamar.
5. Menulis proposal yang relevan dengan kebutuhan dan kepentingan Malaysia (hanya program berbasis penelitian).
6. Telah mengajukan permohonan dan diterima masuk ke studi pascasarjana dan post doktoral di Malaysia (surat penawaran bersyarat akan diterima pada waktu aplikasi atau ada konfirmasi penerimaan atau afiliasi dengan universitas di Malaysia).

Area Prioritas studi:
1. Science and Engineering
2. Agriculture and Fisheries
3. Economics and Islamic Finance
4. Information and Communication Technology
5. Biotechnology
6. Biosecurity and Food Safety
7. Infrastructure and Utility
8. Environmental Studies
9. Health not including nursing, medicine, clinical pharmacy.

Kriteria Seleksi:
1. Capaian prestasi akademik yang tinggi
2. Kualitas proposal penelitian dan kontribusi potensial menuju kemajuan teknologi dan kesejahteraan manusia
3. Komunikasi yang baik, kemampuan menulis dan membaca dalam Bahasa Inggris

Cara mendaftar:
Pendaftaran beasiswa dan pengajuan aplikasi dilakukan secara online. Batas akhir pendaftaran 30 September 2013. Berikut langkahnya:

Langkah 1
1. Daftarkan Nomor Paspor atau KTP, password dan alamat email
2. LOG IN ke formulir aplikasi online dan isi semua bagian
3. Pastikan semua informasi benar sebelum Anda mencetak aplikasi dan keluar.

Langkah 2
Lampirkan formulir aplikasi yang telah diprint bersama dengan dokumen-dokumen berikut:
1. Foto ukuran paspor terbaru
2. Laporan medis lengkap
3. Copy paspor yang telah disahkan
4. Copy transkrip akademik, testimonial, dan/atau referensi yang berkaitan dengan studi, kegiatan co-curriculum, atau prestasi. (Telah disahkan)
5. Sebuah studi yang jelas dan tepat atau rencana penelitian
6. Copy TOEFL atau IELTS yang telah disahkan
7. Curriculum Vitae
8. Surat penerimaan (admission letter) dari universitas Malaysia
9. Dua surat rekomendasi dari dua (2) orang untuk mendukung aplikasi Anda
10. Formulir pengesahan

Anda diminta untuk melengkapi dua surat rekomendasi dari dua juri, formulir pengesahan dan laporan medis. Harap membawa formulir pendaftaran yang telah diprint dan dokumen yang dibutuhkan ke Kementerian Luar Negeri atau instansi terkait yang bertanggung jawab atas beasiswa MIS untuk mendapat pengesahan.

Langkah 3
Scan semua dokumen tersebut di atas dalam format PDF dan LOGIN ke Aplikasi Online MIS. Anda diminta untuk melampirkan dokumen tersebut lalu klik tombol SUBMIT untuk mengirimkan aplikasi. Anda akan melihat pesan pemberitahuan bila proses dilakukan. Semua pengiriman aplikasi sepenuhnya online. Formulir aplikasi dan dokumen asli lainnya dibawa saat sesi wawancara.

Informasi lebih lanjut, dapat ditanyakan melalui email: international_scholar@mohe.gov.my atau telepon : +603 8870 6000 ext 6368 / 6337 / 5409. Bisa juga dengan mendatangi kantor beasiswa MIS di:

Scholarship Division
Ministry of Higher Education Malaysia
Level 2, No 2, Tower 2
Jalan P5/6, Precint 5
Federal Government Administrative Centre
62200 Putrajaya

Info Beasiswa S2 Dalam dan Luar Negeri
Lihat Peluang yang Sesuai Buat Kamu..!

Facebook Twitter