Beasiswa Swedish Institute Terima Pendaftaran 2023 - 2024

Ingin kuliah S2 luar negeri dengan beasiswa penuh? Peluang ini patut Anda coba. Swedish Institute menyediakan beasiswa master yang menanggung biaya kuliah dan biaya hidup bagi kandidat terpilih. Ada 350 beasiswa yang bisa diperebutkan untuk tahun akademik 2023 - 2024. Jika terpilih, pelamar berkesempatan untuk menempuh studi S2 di berbagai universitas dan perguruan tinggi di Swedia. Beasiswa ini ditawarkan melalui skema Swedish Institute Study Scholarships (SISS) dan kini berganti nama Swedish Institute Scholarships for Global Profesionals (SISGP).

Pelamar yang mendaftar tidak dibatasi umur. Berapapun usia Anda diperbolehkan untuk mengajukan beasiswa. Kriteria pelamar yang dicari adalah kandidat yang memiliki latarbelakang profesional, punya ambisi, serta memiliki potensi kepemimpinan.

Persyaratan:

1. Pelamar berasal dari negara yang memenuhi syarat (salah satunya Indonesia)
2. Memiliki pengalaman kerja setidaknya 3.000 jam (Bisa full-time, part-time, kerja sukarela, magang, atau posisi kepercayaan)
3. Memperlihatkan pengalaman kepemimpinan baik dari pekerjaan saat ini maupun sebelumnya
4. Bertanggung jawab membayar uang kuliah di universitas Swedia, telah mengikuti langkah-langkah penerimaan universitas, dan diterima di salah satu program master yang memenuhi syarat sebelum 30 Maret 2023.

5. Program master yang dilamar harus memenuhi syarat beasiswa SI

Simak juga » Daftar Beasiswa S2 Dalam Negeri Terbaik

Biaya kuliah yang ditanggung nantinya akan dibayarkan langsung oleh pihak Swedish Institute ke universitas. Setiap bulan penerima beasiswa juga memperoleh tunjangan biaya hidup sebesar SEK 10.000 (Swedish Krona) atau sekitar Rp 15,8 juta lebih. Selain itu, tersedia biaya perjalanan sebesar SEK 15.000, asuransi kecelakaan atau kematian selama menjalani studi di Swedia

Yang menarik juga, Swedish Institute memberi kesempatan bagi pemegang beasiswa untuk menjadi anggota SI Network for Future Global Leaders (NFGL), yaitu sebuah jaringan yang menawarkan kesempatan-kesempatan unik untuk menjadi bagian dalam berbagai kegiatan event, pertukaran ide, serta menciptakan jaringan yang saling menguntungkan bagi pengembangan karir dan personal selama berada di Swedia. Kemudian mendapatkan keanggotaan dalam Jaringan Alumni SI setelah periode beasiswa berakhir. Yakni sebuah platfom pengembangan profesional lebih lanjut dan agar tetap terhubung.

Pendaftaran: 

Ada dua tahap pengajuan aplikasi beasiswa Swedish Institute 2023 - 2024. Tahap pertama adalah pendaftaran online ke universitas dengan mengisi formulir aplikasi melalui laman University Admissions yang mulai tersedia pada 17 Oktober 2022 - 16 Januari 2023. Perlu dipahami, untuk pendaftaran ke universitas pelamar akan dikenakan biaya sebesar SEK 900 (sekitar Rp 1,5 juta). 

Daftar program master yang memenuhi syarat untuk pengajuan beasiswa 2023 - 2024 dimuat di laman Swedish Institute. Hasil seleksi online tahap pertama ini akan disampaikan kepada kandidat pada 30 Maret 2023 oleh University Admissions.

Kemudian di tahap kedua, pelamar mendaftar ke program beasiswa SISGP secara online di laman Swedish Institute dengan mengirimkan dokumen aplikasi untuk seleksi tahap kedua. Jadwal pengajuan aplikasi beasiswa ini yakni  10 Februari - 28 Februari 2023. Kandidat yang terpilih menerima beasiswa akan diumumkan oleh Swedish Institute antara 31 Maret - 27 April 2023 di laman https://si.se/en/ serta diberitahu via email kandidat.

Dokumen aplikasi tahap dua:
1. Curriculum vitae (Tidak lebih dari 3 halaman)
2. Dua surat rekomendasi
3. Bukti pengalaman kerja dan kepemimpinan
4. Salinan paspor atau KTP
5. Motivation letter (diisi di portal aplikasi)


Ctt: Semua dokumen dimuat dalam bahasa Inggris. Format CV, surat rekomendasi, dan bukti pengalaman kerja dan kepemimpinan menggunakan format beasiswa SISGP 2023 - 2024. Format tersebut bisa Anda akses saat pendaftaran beasiswa SISGP dibuka melalui link Swedish Institute yang tersedia di atas. Semoga berhasil.
 
Kontak:
Swedish Institute
Virkesvägen 2
120 30 Stockholm
[t] +46-8-453 7800
[e] si@si.se 

Info Beasiswa S2 Dalam dan Luar Negeri
Lihat Peluang yang Sesuai Buat Kamu..!

Facebook Twitter