Beasiswa ASEAN di Singapura untuk SMP/SMA

ASEAN Scholarship for Indonesia. Beasiswa ASEAN ini ditawarkan Pemerintah Singapura melalui Kementerian Pendidikan setempat bagi pelajar Indonesia yang ingin melanjutkan pendidikan setingkat SMP (secondary school) dan SMA (pre university) dengan bantuan beasiswa penuh dari Pemerintah Singapura.

Beasiswa diberikan selama empat tahun. Dua tahun pertama digunakan untuk mengambil/penyetaraan secondary school dan dua tahun berikutnya untuk pre university di junior college di Singapura. Sistem pendidikan Singapura memang sedikit berbeda. Secondary school berlangsung 4-5 tahun, sementara pre university hanya dua tahun.

Para penerima beasiswa akan memulai sekolah di tingkat secondary 3 atau kelas 3 SMP. Setelah menyelesaikan tingkat empat diikuti dengan ujian GCE O-level. Kemudian setelah dua tahun menjalani pre university diikuti ujian GCE A-level.

Beasiswa Pemerintah Singapura ini di antaranya meliputi tunjangan sebesar S$ 2.200 untuk secondary dan S$ 2.400 untuk pre university setiap tahun. Kandidat terpilih juga akan mendapatkan fasilitas asrama, tunjangan untuk penyesuaian diri sebesar S$ 400 yang diberikan saat pertama kali tiba, tiket penerbangan kelas ekonomi ke Singapura, tanggungan biaya sekolah, tanggungan biaya ujian GCE O-level dan A-level, serta subsidi fasilitas kesehatan dan asuransi kecelakaan.

Persyaratan:
1. Warganegara Indonesia
2. Lahir antara 2000 sampai 2002
3. Duduk di kelas 3 SMP 2016 dan telah mengikuti ujian akhir nasional (UAN)
4. Memiliki prestasi cemerlang di sekolah
5. Mahir berbahasa Inggris dan berperan aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler

Informasi yang diperlukan:
1. Latar belakang pendidikan
2. Hasil ujian dua tahun terakhir
3. Latar belakang keluarga
4. Prestasi luar biasa yang diperoleh dua tahun terakhir
5. Kegiatan ekstrakurikuler di sekolah dua tahun terakhir

Pendaftaran:
Pengajuan aplikasi dilakukan dengan melengkapi formulir online laman beasiswa ASEAN. Siapkan dokumen yang dibutuhkan dan sudah harus dikirim paling lambat 29 Juni 2016. Kandidat yang masuk short-listed berkesempatan untuk mengikuti tes dan wawancara. Pemberitahuan tersebut akan disampaikan paling lambat satu minggu sebelumnya. Tes dan wawancara dilakukan di beberapa kota, yakni Jakarta, Surabaya, dan Singapura.

Jadwal Beasiswa ASEAN 2017:
Periode aplikasi                : 27 Mei – 29 Juni 2016
Seleksi tes                        : Akhir Juli 2016
Seleksi wawancara           : pertengahan September 2016
Pengumuman pemenang    : Akhir September 2016
Kedatangan ke Singapura : Akhir Oktober 2016

Informasi lebih lanjut mengenai pengajuan beasiswa ASEAN di Singapura bisa disampaikan melalui pusat layanan customer +65 6872 2220 atau kunjungi laman ASEAN Scholarships (www.moe.gov.sg). Semoga berhasil! 

Info Beasiswa S2 Dalam dan Luar Negeri
Lihat Peluang yang Sesuai Buat Kamu..!

Facebook Twitter