Beasiswa Apple (WWDC Scholarships)

Worldwide Developers Conference (WWDC) akan kembali digelar Apple pada 8 – 12 Juni di San Francisco, California, USA. WWDC merupakan pertemuan tahunan komunitas pengembang ternama Apple dari seluruh dunia. Salah satu yang dibahas adalah terkait masa depan IOS dan OS X dengan menampilkan lebih dari 100 sesi teknis, 1.000 lebih insinyur Apple, tenaga lab, serta penghargaan desain Apple.

Pengembang yang berminat bisa mengikuti kegiatan tersebut dengan memesan tiket pendaftaran. Harganya sekitar 1.599 USD. Jika dana sendiri tentunya akan butuh biaya lebih besar, seperti untuk kebutuhan akomodasi, dll.

Tapi, ada cara lain agar bisa menghadiri WWDC yang digelar Apple. Tahun ini perusahaan teknologi yang berbasis di Amerika Serikat tersebut kembali membuka WWDC 2015 Scholarships. Sebanyak 350 peserta akan diterima melalui beasiswa WWDC 2015. Peserta yang terpilih akan mendapatkan tiket gratis untuk menghadiri WWDC yang digelar di San Francisco, serta biaya perjalanan dan akomodasi.

Beasiswa Apple di atas dapat diikuti oleh siswa berusia 13 tahun atau lebih, serta para pengembang berusia 18 tahun atau lebih yang terdaftar sebagai pengembang Apple. Beasiswa juga dapat diikuti oleh anggota/alumni dari organisasi STEM, seperti App Camp for Girls, Black Founders, Black Girls Code, Blacks In Technology, Coalition for Queens (C4Q), Code.org, Code2040, CodeNow, Girl Develop It, Girls Who Code, Hack the Hood, Hackbright Academy, LaTechLa, Latinos in Information Science and Technology Association (LISTA), Thurgood Marshall College Fund, dan sejumlah organisasi STEM lainnya.

Persyaratan:
1. Berusia 18 tahun atau lebih dan terdaftar sebagai pengembang gratis Apple atau harus memperoleh izin berbagi akun pengembang Apple terdaftar dari orangtua atau wali jika berusia antara 13 – 17 tahun.
2. Atau terdaftar sebagai siswa paruh waktu atau penuh waktu
3. Atau merupakan anggota/alumni dari organisasi STEM

Dokumen:
▪ Buatlah aplikasi yang menceritakan tentang diri Anda. Gunakanlah kreativitas dan keterampilan coding yang dimiliki. Aplikasi Anda harus menyoroti proyek pengembangan yang telah dikerjakan, latar belakang pendidikan dan profesional, keterampilan teknis, serta minat.

Syarat aplikasi:
› Membuat aplikasi Mac atau IOS yang menyoroti pencapaian dan minat Anda
› Tulis Aplikasi Anda dengan Objective-C dan Swift, atau seluruhnya dengan Swift, menggunakan Xcode 6.3 dari Mac App Store.
› Gunakan nama pertama dan terakhir Anda sebagai nama aplikasi
› Aplikasi harus dibuat tanpa kesalahan
› Semua konten aplikasi harus dalam bahasa Inggris    

Syarat pengajuan aplikasi:
› Upload tiga screenshot dari aplikasi Anda berupa file .png (maksimum 20 MB per file)
› Kemas proyek Xcode Anda dalam file zip (maksimum 100 MB). Pastikan untuk menyertakan semua file Proyek Xcode yang dibutuhkan.

▪ Jika Anda seorang siswa, Anda perlu memberikan salinan PDF jadwal kelas Anda saat ini atau bukti pendaftaran, serta informasi kontak kepala sekolah untuk memverifikasi pendaftaran sekolah Anda. Jika Anda merupakan anggota atau alumni dari organisasi STEM terdaftar, Anda perlu memberikan salinan PDF informasi keanggotaan Anda atau informasi yang dapat digunakan untuk memverifikasi  keanggotaan, seperti lokasi cabang lokal Anda dan nama pemimpin cabang.

▪ Jika Anda berusia 18 tahun atau lebih dan ingin berbagi resume atau CV dengan kelompok lain di Apple, Anda memiliki kesempatan untuk mengunggah salinan PDF. Namun, memberikan resume atau CV tersebut tidak akan mempengaruhi proses seleksi beasiswa WWDC 2015.

Pendaftaran:
Pelamar bisa mengajukan aplikasi beasiswa WWDC melalui laman Apple berdasarkan dokumen yang diminta di atas mulai 22 – 26 April 2016. Hasil seleksi akan diberitahukan pada 8 Mei 2015.

Info Beasiswa S2 Dalam dan Luar Negeri
Lihat Peluang yang Sesuai Buat Kamu..!

Facebook Twitter