Beasiswa MTCP Malaysia (Full S2)

Program beasiswa ini terbilang rutin ditawarkan Pemerintah Malaysia. Malaysian Technical Cooperation Programme (MTCP) – ASEAN Masters Scholarship. Beasiswa MTCP bagi warganegara ASEAN untuk mengambil S2 di universitas-universitas Malaysia. Beasiswa ini ditawarkan full oleh Pemerintah Malaysia sebagai sebuah inisiatif dari Malaysia’s ASEAN Chairmanship. Kesempatan terbuka lebar bagi peminat yang memiliki catatan prestasi akademik serta memiliki latarbelakang co-kurikuler yang sangat baik.

Penerima beasiswa MTCP Malaysia akan memperoleh beasiswa S2 penuh yang meliputi tiket pesawat ke Malaysia, biaya kuliah, tunjangan pemeliharaan bulanan, biaya tahunan untuk buku dan perjalanan domestik, asuransi kesehatan, hibah untuk instalasi dan pemutusan, tunjangan tesis, dan visa.

Area prioritas bidang studi:
▪ Economics
▪ Project Management
▪ Governance
▪ International Relations
▪ Public Policy
▪ Agriculture and Fisheries
▪ Islamic Studies

Universitas pilihan:
▫ University of Malaya (UM)
▫ National University of Malaysia (UKM)
▫ University of Science, Malaysia (USM)
▫ Universiti Putra Malaysia (UPM)
▫ International Islamic University of Malaysia (IIUM)
▫ University of Malaysia, Sabah (UMS)
▫ University of Technology Petronas (UTP)

Persyaratan:
1. Usia tidak lebih dari 45 tahun saat mendaftar
2. Lulus sarjana dengan predikat Second Class Upper (Honours) atau memiliki IPK 3.5/4.0
3. Mampu berbahasa Inggris yang dibuktikan dengan skor tes TOEFL atau IELTS yang diperoleh tidak lebih dari dua tahun terakhir
   ▫ IELTS minimum 6.5
   ▫ TOEFL: pBT minimum 580, cBT 230, atau iBT minimum 92
4. Memiliki kondisi kesehatan yang baik disahkan oleh dokter
5. Menulis proposal yang relevan dengan bidang studi
6. Telah mendaftar dan diterima masuk ke studi pascasarjana di Malaysia. Surat penawaran bersyarat (conditional letter of offer) diterima untuk pengajuan beasiswa atau memiliki konfirmasi penerimaan atau afiliasi dari universitas di Malaysia.

• Berbagai formulir yang dibutuhkan tertera di laman Kementerian Pendidikan Malaysia

Simak juga » Daftar Beasiswa Malaysia Terbaru untuk S1, S2, dan S3

Pendaftaran:
Permohonan MTCP ASEAN Masters Scholarship dilakukan secara online di laman Kementerian Pendidikan Malaysia. Pelamar perlu membuat akun terlebih dahulu sebelum dapat mengajukan aplikasi. Pendaftaran serta pengajuan aplikasi paling lambat 25 Oktober 2016.

Kriteria seleksi di antaranya tingkat capaian prestasi akademik, kualitas proposal penelitian yang diajukan dan potensi kontribusinya terhadap kemajuan teknologi dan kesejahteraan manusia, serta keterampilan berkomunikasi, menulis, dan membaca dalam bahasa Inggris.
FOLLOW US : Terima kasih sudah berkunjung di beasiswapascasarjana.com. Silakan dilanjutkan berburu beasiswanya. Jika bermanfaat, bisa klik tombol bagikan. Atau gabung bersama pembaca lainnya di Facebook, Twitter, Google +, dan di Email. Salam..