Beasiswa S2 StuNed di Universitas Belanda

Tiap tahun ada beragam jenis beasiswa ke Belanda ditawarkan Nuffic Neso Indonesia. Salah satu yang rutin tersedia adalah StuNed (Studeren in Nederland) dengan beberapa pilihannya. StuNed – Master satu di antara beasiswa StuNed tersebut. Jika Anda baru mengenalnya, Beasiswa StuNed – Master merupakan beasiswa S2 untuk durasi kuliah 12 – 24 bulan dengan banyak pilihan program studi. Selain menawarkan tanggungan biaya kuliah ( 20.000 Euro maksimum per tahun), diberikan pula biaya hidup bulanan, biaya perjalanan internasional dan lokal, serta biaya lain yang diperlukan untuk kebutuhan studi. Jadi, beasiswa StuNed Master merupakan satu di antara beasiswa full ke Belanda. 

Program Beasiswa StuNed sendiri merupakan bagian dari kerja sama bilateral pemerintah Belanda dengan Indonesia. Pelamar bisa memanfaatkan beasiswa ini untuk mengambil kuliah S2 berbahasa pengantar Inggris di universitas-universitas Belanda. 

Beasiswa StuNed terbuka untuk semua program studi internasional yang diselenggarakan oleh institusi pendidikan tinggi Belanda. Kecuali untuk perkuliahan jarak jauh dan joint-program antar universitas. Prioritas diberikan pada bidang studi yang berhubungan dengan area kerjasama bilateral Indonesia-Belanda.

Bidang prioritas: 
1. Perdagangan Internasional, Keuangan dan Ekonomi (International Trade, Finance and Economics)
2. Transportasi, (Agro) logistik dan Infrastruktur (Transport, (Agro)logistics and Infrastructure)
3. Keamanan dan Penegakan Hukum (Security and Rule of Law)
4. Air (Water)
5. Agro-Pangan dan Hortikultura (Agro-Food and Horticulture)
6. Manajemen Kesehatan (Health Management)

Persyaratan Umum:
1. Warga Negara Indonesia, dibuktikan dengan: fotokopi KTP atau paspor.
2. Diterima di salah satu program master yang diselenggarakan di Belanda oleh institusi pendidikan tinggi Belanda, dibuktikan dengan: Surat Penerimaan (letter of acceptance / admission letter) dari universitas di Belanda yang mencantumkan dengan jelas nama program studi, tanggal awal dan akhir program studi yang dipilih serta total biaya perkuliahan.
3. Pendidikan minimal S1/D4 dan dapat menunjukkan bukti prestasi akademik (IPK min. 3.00); dibuktikan dengan: transkrip dan ijazah yang dilegalisir dengan tanggal dan tahun kelulusan tercantum didalamnya.
4. Mendapatkan persetujuan dari institusi; dibuktikan dengan: pernyataan resmi dari pimpinan institusi di atas materai yang menyatakan bahwa stafnya diizinkan untuk studi di Belanda. Pernyataan ini dituliskan di formulir StuNed.
5. Pernyataan bersedia mengikuti dan menyelesaikan seluruh perkuliahan selama menerima beasiswa yang dituliskan di formulir StuNed;
6. Memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang baik; dibuktikan dengan: hasil Internet Based Test (IBT) TOEFL dengan skor minimal 80, atau IELTS minimal 6.0. Masa berlaku hasil tes TOEFL/IELTS maksimal 2 tahun terhitung sejak tanggal tes. (Pengecualian diberikan kepada pelamar yang menyelesaikan studi di negara yang berbahasa Inggris/program internasional maksimum 2 tahun sebelum batas akhir pendaftaran).
7. Riwayat hidup (Curriculum Vitae) dengan menggunakan formulir standar yang terdapat di website;
8. Tidak ada batas umur.

Dokumen aplikasi:
1. Formulir aplikasi (unduh)
2. Surat penerimaan (unconditional admission letter) dari institusi perguruan tinggi Belanda pada perkuliahan yang dilamar 
3. Copy sertifikat TOEFL IBT minimum skor 80 atau IELTS minimum skor 6. 
4. Curricumum vitae (Unduh)
5. Copy SK untuk pegawai pemerintah atau Kontrak Kerja untuk yang lain (jika ada)
6. Copy ijazah dan transkrip S1 dan S2 (jika ada) dilegalisir
7. Copy KTP atau paspor
8. Selembar pasfoto warna terbaru (3x4)

Pendaftaran: 
Silakan lengkapi formulir apliasi bersama dokumen lainnya. Buat dua rangkap dan kirimkan ke alamat: 

Nuffic Neso Indonesia
Menara Jamsostek 20th Floor
Jalan Jend. Gatot Subroto No.38
Jakarta 12710

Aplikasi yang diajukan tersebut diterima paling lambat 1 April 2016. Keterangan lebih lanjut tertera di formulir atau bisa disimak melalui laman Nuffic Neso Indonesia (www.nesoindonesia.or.id). Pertanyaan dapat disampaikan melalui email: stunedcontact@nesoindonesia.or.id atau telp. +62 21 5290 2172. Kandidat yang terpilih nantinya akan diberitahu via email sekitar pertengahan Juni 2016.
FOLLOW US : Terima kasih sudah berkunjung di beasiswapascasarjana.com. Silakan dilanjutkan berburu beasiswanya. Jika bermanfaat, bisa klik tombol bagikan. Atau gabung bersama pembaca lainnya di Facebook, Twitter, Google +, dan di Email. Salam..