Beasiswa Dual Degree di Costa Rica dan Filipina

Program beasiswa dual degree ini ditawarkan University for Peace (UPEACE), Costa Rica dan Ateneo de Manila University (AdMU), Filipina dengan dukungan Nippon Foundation. Beasiswa menawarkan gelar ganda untuk program master yang disediakan di kedua universitas tersebut. Jika tertarik mengikuti beasiswa dual degree ini, Anda bisa mendaftar melalui skema beasiswa Asian Peacebuilders Scholarship (APS) untuk perkuliahan yang dimulai tahun akademik 2017 – 2018. 

Beasiswa APS menyediakan dua gelar MA (Master of Arts) dari UPEACE dan AdMU. Gelar MA yang disediakan UPEACE terkait dengan bidang studi Pembangunan Perdamaian, sedangkan AdMU memberikan gelar MA di bidang Ilmu Politik, khususnya Politik Global. Meski pelamar nantinya menjalani studi di dua kampus tersebut, pendaftaran cukup melalui UPEACE. 

Penerima beasiswa S2 dual degree APS akan memperoleh tanggungan penuh biaya kuliah, tiket penerbangan, biaya transit dan sebagian visa, serta uang saku bulanan sebesar USD 700/800. Uang saku tersebut dapat diperuntukkan untuk biaya hidup, biaya buku dan biaya cetak. Selain itu, sebelum perkuliahan dimulai penerima beasiswa juga akan mendapatkan pelatihan bahasa Inggris intensif yang berlangsung di Manila. 

Tahun ini beasiswa gelar ganda yang disediakan APS sebanyak 30 kursi. Program berlangsung 18,5 bulan – 21,5 bulan. Beasiswa hanya ditujukan bagi pelamar negara Asia, termasuk Indonesia. Tujuan diberikannya beasiswa adalah untuk melatih para profesional muda di Asia untuk menjadi praktisi pembangunan perdamaian yang siap memimpin posisi-posisi organisasi lintas global. 

Pilihan Program MA di UPEACE:
1. International Peace Studies
2. Media, Peace and Conflict Studies
3. Gender and Peacebuilding
4. Peace Education
5. International Law and Human Rights
6. International Law and the Settlement of Disputes
7. Environment, Development and Peace
   ◊ Specialisation in Sustainable Food Systems
   ◊ Specialisation in Climate Change Policy
   ◊ Specialisation in Environmental Security and Governance
   ◊ Specialisation in Natural Resource Management
8. Responsible Management and Sustainable Economic Development 

Pilihan Program MA di AdMU: 
1. Political Science, major in Global Politics (non-thesis track)

Persyaratan: 
Semua aplikasi dari mahasiswa Asia diterima dengan Prioritas pelamar berikut: 
1. Memiliki pengalaman kerja minimal 2 dua tahun di bidang yang relevan. Calon yang bagus dengan pengalaman kerja kurang dipertimbangkan ikutserta berdasarkan kasus per kasus. Pekerja sukarela, magang, dan kegiatan mahasiswa dapat dianggap sebagai pengalaman kerja, jika relevan untuk program tersebut.
2. Memperoleh gelar sarjana dari institusi yang bereputasi 
3. Menunjukkan keinginan yang kuat untuk bekerja pada isu-isu yang berkaitan dengan perdamaian dan konflik
4. Menunjukkan komitmen untuk belajar dalam lingkungan internasional dan lintas-budaya.
5. Berasal dari negara di mana bahasa Inggris tidak banyak digunakan, khususnya, Jepang, Laos, Thailand, Vietnam, Myanmar, Indonesia, Kamboja, Sri Lanka, dan Filipina.

Dokumen aplikasi: 
1. Laporan skor tes kemampuan bahasa Inggris (PBT TOEFL minimum 523, CBT TOEFL 193, atau IBT TOEFL minimum 71. 
2. Statement of Purpose (minimum 1.000 kata)
3. Surat rekomendasi (3 buah)
4. Salinan ijazah dan transkrip sarjana 
5. Curriculum vitae atau resume
6. Copy paspor
7. Surat nikah 
8. Foto ukuran paspor 

* Usia skor tes bahasa Inggris tidak lebih dari dua tahun. Skor tes IELTS bisa diajukan untuk pendaftaran dengan nilai minimal 5,5. Namun bersifat sementara. Nilai tes TOEFL tetap diminta dan harus dikirim selambat-lambatnya 30 September 2016. 

Pendaftaran: 
Pelamar yang berminat mengajukan beasiswa S2 dual degree yang ditawarkan UPEACE dan AdMU dapat mendaftar secara online melalui laman UPEACE. Isi formulir aplikasi online yang disediakan dan unggah dokumen aplikasi yang diminta. 

Pendaftaran online paling lambat 15 Agustus 2016 untuk tahun akademik 2017 – 2018. Aplikasi yang dikirim akan dinilai oleh UPEACE dan AdMU. Bisa saja mereka meminta untuk melakukan wawancara via telepon atau Skype. Keputusan akhir seleksi akan diumumkan pada awal Desember 2016. Untuk informasi lebih lanjut bisa ditanyakan melalui email: specialprogrammes@upeace.org atau cek laman UPEACE (www.upeace.org). Semoga berhasil!

Info Beasiswa S2 Dalam dan Luar Negeri
Lihat Peluang yang Sesuai Buat Kamu..!

Facebook Twitter