Beasiswa Turki Buat Mahasiswa Internasional

Mahasiswa Indonesia memiliki banyak kesempatan melanjutkan studi di Eropa. Rata-rata negara di sana punya skema beasiswa internasional yang ditawarkan buat mahasiswa asing. Setiap tahun beasiswa tersebut dibuka dan Anda punya peluang untuk merebut satu kursi. Sebut saja beasiswa internasional yang ditawarkan Pemerintah Turki ini. Melalui Badan Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (TÜBİTAK), Turki menyiapkan sejumlah skema beasiswa. Salah satunya Graduate Scholarship Program for International Students.

Beasiswa tersebut ditujukan bagi mahasiswa internasional yang ingin mengambil studi pascasarjana pada program master maupun PhD di bidang ilmu pengetahuan alam, teknik, ilmu teknologi, ilmu kedokteran, ilmu pertanian, serta ilmu sosial dan humaniora.

Anda yang berhasil mendapatkan beasiswa ini akan diberi sejumlah fasilitas, di antaranya tunjangan bulanan 1.500 TL atau sekitar Rp 8 juta buat program MSc atau MA, 1.800 TL atau sekitar Rp 9,7 juta untuk program PhD. Kemudian bantuan biaya kuliah hingga 2.000 TL, serta tunjangan bulanan untuk asuransi kesehatan. Yang menarik, jika mampu menyelesaikan program master, Anda akan langsung dianugerahi beasiswa untuk jenjang PhD hanya dengan syarat diterima masuk di universitas Turki.

Persyaratan:
1. Usia maksimal 30 tahun untuk program MSc/MA dan 35 untuk program PhD
2. Bukan warganegara Turki serta tidak memiliki kewarnegaraan ganda dengan Turki
3. Bergelar sarjana atau saat ini sedang kuliah di tahun keempat jika ingin mengajukan beasiswa MSc/MA
4. Pelamar yang saat ini terdaftar pada program MSc/MA di Turki juga bisa mengikuti beasiswa dengan syarat belum menyelesaikan semester ketiga
5. Pelamar memegang gelar MSc/MA/sederajat atau saat ini terdaftar di program master serta berniat mengikuti program PhD di Turki bisa mengajukan permohonan beasiswa
6. Pelamar yang saat ini terdaftar pada program PhD di Turki juga berhak mengajukan beasiswa dengan syarat belum menyelesaikan semester enam

Dokumen aplikasi:
1. Formulir pendaftaran (diisi secara elektronik pada portal aplikasi online)
2. Salinan akte kelahiran atau passport (halaman informasi pribadi)
3. Salinan ijazah sarjana atau master
4. Salinan transkrip sarjana atau master
5. Motivation letter
6. Riwayat hidup (CV)
7. Dua surat rekomendasi
8. Sertifikat prestasi (jika ada)

*Dokumen di atas dibuat dalam bahasa Inggris atau Turki atau menggunakan terjemahan resmi

Selama aplikasi, salinan asli dari dokumen yang diperlukan diatas tidak diminta. Salinan asli tersebut baru diminta setelah pelamar dinyatakan memperoleh beasiswa.

Pendaftaran:
Pengajuan beasiswa pemerintah Turki dibuka dua kali dalam setahun. Lihat informasinya di sini » Pendaftaran Beasiswa Turki Program S2 dan S3

Semua dokumen diajukan secara online via portal aplikasi beasiswa Turki. Silakan buat akun terlebih dahulu sebelum mendaftar serta lihat konfirmasinya via email.

Tim panelis akan mempertimbangkan permohonan pelamar berdasarkan dokumen aplikasi yang diajukan. Hasilnya diumumkan dua bulan kemudian setelah deadline masing-masing periode berakhir. Selamat mencoba!
Facebook Twitter Google