Raih, Beasiswa Pemerintah Turki – S2 dan S3

Satu lagi tawaran beasiswa Pemerintah Turki yang dibuka bagi pelajar-pelajar internasional. Beasiswa 2014 ini merupakan beasiswa penuh untuk membiayai studi master di Turki. Namanya Türkiye Scholarships Postgraduate Programmes. Skema ini meliputi empat jenis beasiswa, yakni:

› Ali Kuşçu Science and Technology Scholarship Programme
› İbni Haldun Social Sciences Scholarship Programme
› Yunus Emre Turkish Language Scholarship Programme
› Islamic Theology Scholarship Programme

Calon dapat mengajukan salah satu beasiswa sesuai dengan latar belakang pendidikan mereka. Selain itu Pemerintah Turki juga mencakup penempatan di universitas. Pelamar akan ditempatkan di universitas maupun program yang menjadi pilihan mereka saat mengisi formulir aplikasi online.

Kebanyakan program di universitas Turki menggunakan bahasa pengantar negara tersebut. Namun, ada juga program yang memakai bahasa pengantar internasional, seperti bahasa Inggris, Jerman, dan Perancis. Anda bisa memeriksa bahasa pengantar yang digunakan saat memilih program studi. Kemungkinan besar program tersebut akan meminta sertifikat kemampuan bahasa Inggris atau nilai tes masuk internasional, seperti GRE atau GMAT.

Bagi pemenang beasiswa mereka akan mendapatkan sejumlah bantuan studi oleh Pemerintah Turki. Beasiswa tersebut meliputi tunjangan bulanan 375 USD untuk program master dan 500 USD untuk program doktor, biaya kuliah penuh, kursus bahasa Turki selama satu tahun, asrama, tiket pesawat pulang pergi, dan asuransi kesehatan.  

Persyaratan:
1. Tidak berkewarganegaraan Turki
2. Tidak terdaftar di universitas Turki pada level studi yang sedang diajukan
3. Memegang gelar sarjana atau master paling lambat 30 Juli 2014
4. Usia di bawah 30 tahun untuk program master (lahir 1 Januari 1984 ke atas)
5. Usia di bawah 35 tahun untuk program doktor (lahir 1 Januari 1979 ke atas)
6. Memiliki setidaknya 75% nilai kumulatif rata-rata (IPK 3 ke atas)

Dokumen yang diperlukan:
1. Formulir aplikasi online
2. Salinan ijazah dan transkrip sarjana atau master
3. Salinan kartu pengenal (paspor, KTP, atau akte kelahiran)

Pendaftaran: 
Pengajuan beasiswa dilakukan secara online. Siapkan dokumen aplikasi yang di atas dan daftarkan diri. Silakan buat akun terlebih dahulu dengan mendaftarkan email dan username. Lihat detil penjelasan terbarunya di Beasiswa Turki. Unggah semua dokumen yang diperlukan sebelum mengakhiri pengajuan aplikasi.
Facebook Twitter WhatsApp