Beasiswa S2 Belanda 2023 - Leiden University

Leiden University memiliki program beasiswa S2 rutin bagi mahasiswa internasional. Leiden University Excellence Scholarship programme (LExS). Ini merupakan beasiswa S2 di Leiden University yang menawarkan banyak program untuk diikuti. Semua perkuliahan bergelar MA, MSc, dan LLM di universitas tersebut bisa dilamar dengan mengikuti beasiswa LExS. Bagi Anda peminat beasiswa S2 Belanda, beasiswa yang ditawarkan Leiden University mungkin perlu dicoba.

Beasiswa LExS diberikan berupa biaya kuliah, mulai parohan hingga full. Nilai beasiswa yang diperoleh tersebut bergantung pada penilaian seleksi, serta ketersediaan dana di masing-masing fakultas. Mulai dari € 10.000, € 15.000, serta tanggungan biaya kuliah penuh dikurangi biaya kuliah wajib. Kandidat terpilih memang hanya mendapatkan bantuan biaya kuliah (tuition fee), sementara biaya lain seperti biaya hidup menjadi tanggung jawab sendiri.

Seperti periode sebelumnya, beasiswa S2 Leiden University difokuskan bagi kandidat yang bukan warganegara Uni Eropa atau Kawasan Ekonomi Eropa (EU/EEA). Pelamar dari Indonesia salah satu yang berkesempatan mengikuti beasiswa ini. Pendaftaran beasiswa kini dibuka untuk perkuliahan yang dimulai Februari 2023 atau September 2023.

Fakultas yang menawarkan beasiswa:
▪ Archaeology
▪ Humanities
▪ Medicine/LUMC
▪ Governance and Global Affairs
▪ Law
▪ Social and Behavioural Sciences
▪ Science
▪ African Studies Centre
▪ International Institute for Asian Studies

Persyaratan:
1. Memiliki prestasi akademik memuaskan dan relevan dengan program master yang akan dilamar
2. Memegang paspor non Uni Eropa/Kawasan Ekonomi Eropa (EU/EEA) dan tidak menerima pinjaman atau hibah studi dari Belanda
3. Beasiswa tidak berlaku bagi pelamar yang telah meraih gelar master di Leiden University
4. Mahasiswa yang mendapatkan beasiswa LExS harus mematuhi dan mengkonfirmasi secara tertulis perjanjian mereka dengan syarat dan ketentuan yang melekat sebelum beasiswa diberikan

Simak juga » Jadwal Pendaftar Beasiswa S1, S2, dan S3 Terbaru

Dokumen aplikasi:
1. Salinan paspor resmi
2. Motivation letter
3. Salinan ijazah dan transkrip
4. Salinan sertifikat TOEFL, IELTS, atau CPE
5. CV terbaru
6. Dua surat rekomendasi
7. Dokumen penunjang lainnya

Pendaftaran:
Permohonan beasiswa cukup diajukan bersama pendaftaran ke Leiden University. Pelamar tidak perlu mengajukan aplikasi terpisah. Daftarkan diri terlebih di laman Leiden University secara online. Lengkapi formulir pendaftarannya. Setelah itu lampirkan dokumen aplikasi tertera di atas. Dokumen aplikasi yang diminta bisa saja ada penambahan/perbedaan untuk tiap program.

Nah, pada saat mengisi formulir aplikasi, tepatnya di bagian 'scholarship', pelamar perlu menyebutkan bahwa Anda ingin mengajukan LExS Scholarship. Lakukan hal serupa jika Anda mendaftar lebih dari satu program master. Masih di formulir aplikasi tersebut, lampirkan pula letter of motivation (maksimum 500 kata) berupa PDF yang menjelaskan kenapa Anda perlu dipertimbangkan dalam beasiswa LExS.

Pelamar nantinya akan diminta untuk membayar biaya aplikasi pendaftaran online senilai € 100. Itu merupakan biaya pendaftaran universitas. Deadline pendaftaran adalah 1 Oktober 2022 untuk perkuliahan yang dimulai 1 Februari 2023 dan paling lambat 1 Februari 2023 untuk perkuliahan yang dimulai 1 September 2023.

Komite seleksi dari fakultas akan menilai aplikasi yang diajukan masing-masing pelamar. Penilaian akan didasarkan pada capaian prestasi akademik. Semua pelamar beasiswa S2 Leiden University akan memperoleh pemberitahuan hasil seleksi pada akhir November 2022 untuk perkuliahan yang dimulai Februari 2023 dan akhir April 2023 untuk perkuliahan yang dimulai September 2023. Teknis pendaftaran lebih lanjut dapat disimak di laman Leiden University.
 
Kontak:
Scholarships Team
Student and Educational Affairs
[t] +31 (0)71 527 7192
[e] scholarships@sea.leidenuniv.nl
[w] https://www.universiteitleiden.nl 
Facebook Twitter