Beasiswa S2 Olahraga AISTS, Swiss

International Academy of Sport Science and Technology (AISTS) yang berlokasi di Lausanne, Swiss memberi peluang beasiswa S2 olahraga bagi para atlet maupun mantan atlet yang pernah mengikuti kompetisi di tingkat internasional, seperti Olimpiade. Beasiswa tersebut dinamai AISTS Athlete Scholarship. Beasiswa ini ditujukan untuk mengambil program Master of Sports Administration (MSA), yaitu program master di bidang olahraga dengan durasi 14 bulan. Perkuliahannya mempelajari bidang multidisplin yang berhubungan langsung dengan olahraga, seperti manajemen, ekonomi, teknologi, hukum, sosiologi, dan medis.

Beasiswa olahraga disediakan dalam bentuk tanggungan biaya kuliah. Yakni separoh dari total biaya kuliah yang harus dibayar. Nilai beasiswa CHF 14.000 atau sekitar ± Rp 198 juta. Beasiswa ini mungkin sesuai bagi Anda yang ingin mengurangi beban biaya kuliah di Swiss atau memperoleh sumber pembiayaan lain untuk melanjutkan studi.

Persyaratan:
1. Mendaftar ke program AISTS MSA 2016 (www.aists.org/howtoapply)
2. Atlet maupun mantan atlet internasional
3. Memiliki bukti kemampuan untuk menunjang biaya hidup di Laussane (sekitar CHF 2.400 per bulan) dan biaya perjalanan ke Swiss dan kembali ke negara asal

Dokumen aplikasi:
1. Bukti dukungan keuangan untuk biaya studi, misalnya pendapatan atau tabungan sendiri, aset sendiri, pendapatan keluarga, aset keluarga, sokongan pemerintah, lembaga atau yayasan, atau pinjaman bank. Bukti tersebut bisa berbentuk formulir pajak, laporan kerja, laporan bank, dll.
2. Dokumen yang mengkonfirmasi prestasi olahraga, misalnya disahkan oleh NOC atau IF
3. Motivation letter (1 – 2 halaman)

Pendaftaran:
Pelamar diminta untuk mendaftar ke program AISTS MSA 2016 serta program beasiswa. Pengajuan aplikasi keduanya dilakukan terpisah. Dokumen yang diminta juga bisa berbeda. Namun dalam rentang waktu yang sama. Yakni paling lambat 15 Agustus 2015.

Khusus pendaftaran beasiswa, pelamar diminta untuk mengisi formulir aplikasi online dengan melampirkan dokumen aplikasi yang tertera di atas. Kandidat yang diterima di program master akan dipertimbangkan untuk menerima beasiswa. Teknis pendaftaran lebih lanjut bisa ditanyakan via email: info@aists.org atau telp. +41 (0) 21 693 85 92. Informasi tersebut juga bisa dilihat melalui melalui laman AISTS.

Sekedar tambahan, pelamar yang diterima di program MSA AISTS akan terdaftar sebagai mahasiswa Swiss Federal Institute of Technology Lausanne (EPFL), meskipun perkuliahan dikelola oleh AISTS. Yang unik, ijazah akan ditandatangani bersama oleh tiga universitas pendiri, yakni EPFL, University of Lausanne (UNIL), dan University of Geneva (UNIGE).
Facebook Twitter Google