Beasiswa Obama Foundation Program S2 di University of Chicago, USA

Usai menjabat Presiden AS, Barack Obama kini disibukkan dengan yayasan yang didirikannya, Obama Foundation. Ada sejumlah program menarik yang ditawarkan yayasan ini. Salah satunya adalah program beasiswa S2 yang ditujukan bagi kandidat internasional. Beasiswanya dinamai Obama Foundation Scholars Program. Beasiswa S2 Obama Foundation tersebut bekerjasama dengan Harris School of Public Policy, The University of Chicago, USA.

Pelamar terpilih diberi kesempatan untuk mengambil program S2 MA in Internasional Development and Policy (MA-IDP) yang berlangsung di Harris School of Public Policy, the University of Chicago, Amerika Serikat. Program S2 ini berdurasi satu tahun yang mendalami kebijakan publik serta memberikan landasan desain dan analisis kebijakan dalam pengaturan internasional.

Targetnya adalah mereka yang telah membuat sebuah perbedaan, baik di masyarakat, pemerintahan, sektor swasta, atau sebagai wirausahawan.

Untuk tahun akademik 2018 – 2019, Beasiswa Obama Foundation menargetkan dapat menerima 25 kandidat penerima beasiswa.  Yang menarik, beasiswa yang ditawarkan merupakan beasiswa penuh.  Selain menanggung biaya kuliah, beasiswa juga mencakup biaya hidup bulanan, tunjangan buku dan materi kuliah, serta peluang mendapatkan pengalaman unik di luar kelas yang juga ditanggung biaya perjalanannya.

Persyaratan:
1. Memiliki pengalaman kerja signifikan (3 - 5 tahun atu lebih) dan prestasi profesional dengan lintasan peningkatan dampak yang jelas
2. Memperlihatkan catatan pelayanan kepada masyarakat atau bekerja untuk kepentingan publik, baik melalui peran profesional atau keterlibatan signifikan di luar pekerjaan utama
3. Memiliki fokus yang jelas pada tantangan global atau masalah kebijakan
4. Komitmen yang jelas untuk kembali dan menginvestasikan kembali keterampilan baru Anda di komunitas Anda setelah program selesai

Simak juga » Beasiswa S2 Full dari Bank Dunia dan JJ/WBGSP

Dokumen aplikasi:
1. Salinan ijazah dan transkrip akademik dari jenjang pendidikan sebelumnya
2. Sertifikat keterampilan bahasa Inggris (TOEFL atau IELTS)
3. Bukti pengalaman kerja
   Harap cantumkan posisi sekarang dan sebelumnya, lebih baik menunjukkan 3-5 tahun pengalaman kerja, sifat pekerjaan Anda, dan tanggung jawab.
4. Tiga (3) Surat rekomendasi
   Diutamakan setidaknya satu rekomendasi berasal dari profesor yang bisa menjelaskan latarbelakang akademik Anda serta kesiapan untuk studi pascasarjana (pemberi rekomendasi akan dikirimi email untuk mengisi rekomendasi secara online)
5. Dua (2) essay singkat
   1) Ceritakan mengenai pekerjaan Anda saat ini (yang mungkin pekerjaan Anda dibayar atau kegiatan relawan Anda yang signifikan). Dalam menjawab, tolong jelaskan dampak konkret. Mengapa Anda memilih pekerjaan ini? Apa tantangan yang Anda hadapi dan bagaimana Anda berusaha mengatasinya? (400 kata atau kurang)

   2) Apa dampak yang Anda inginkan terhadap dunia? Bagaimana dengan menjadi seorang scholar Obama Foundation membantu Anda mencapai ini? Apa yang Anda rencanakan setelah Obama Foundation Scholars Program? Apa yang akan Anda lakukan jika Anda tidak terpilih? (300 kata atau kurang)

Pendaftaran:
Pengajuan beasiswa S2 Obama Foundation 2018 – 2019 dilakukan secara online di laman Harris School of Public Policy.

Anda dapat membuat akun terlebih dahulu di laman tersebut, kemudian mengajukan dokumen aplikasi yang diminta secara online.

Pendaftaran beasiswa ini sudah termasuk pendaftaran mahasiswa di program MA in Internasional Development and Policy (MA-IDP), Harris School of Public Policy. Jadi, tidak diperlukan pengajuan aplikasi terpisah antara program beasiswa dan pendaftaran kuliah.

Pendaftan online dibuka hingga 17 April 2018. Pemberitahuan hasil seleksi beasiswa dan kuliah pada 31 Mei 2018. Kandidat memiliki waktu hingga 1 Juli 2018 untuk mengkonfirmasi penerimaan tersebut. Penerima beasiswa selanjutnya akan mengikuti pembekalan Leadership Development Week pada akhir musim panas yang akan diberitahukan kemudian. Sementara, perkuliahan dimulai 1 Oktober 2018. Semoga berhasil!
Facebook Twitter Google