Beasiswa Pelatihan Mahasiswa S1, S2 dari CERN Full

Program beasiswa pelatihan mahasiswa ini ditawarkan CERN (Conseil Européene pour la Recherche Nucléaire), Organisasi Eropa untuk penelitian nuklir, fisikawan, insinyur, dalam menyelidiki struktur fundamental alam semesta. CERN membuka program beasiswa pelatihan mahasiswa S1 dan S2 yang dinamai CERN Summer Student Programme 2024. Beasiswa ini tidak saja memberi kesempatan bagi negara anggota CERN (21 negara), tapi juga negara non anggota, salah satunya Indonesia.

Beasiswa pelatihan CERN utamanya ditujukan bagi mahasiswa S1 maupun S2 yang sedang kuliah mengambil bidang Fisika, Teknik, Ilmu Komputer, dan Matematika. Kegiatan pelatihan akan berlangsung pada musim panas Eropa (Juni – September) atau 8 - 13 minggu di Jenewa, Swiss.

Selama periode pelatihan, mahasiswa akan mengikuti serangkaian kuliah yang disiapkan khusus untuk peserta di mana para pakar dan ilmuan dari seluruh dunia berbagi pengetahuan mereka tentang berbagai topik di bidang fisika, teknik, dan komputasi. Kemudian kunjungan ke fasilitas CERN, serta sesi diskusi dan lokakarya.
 
Simak juga » Beasiswa Open Doors Program S2 di Rusia

Apa saja fasilitas yang Anda peroleh dari mengikuti beasiswa pelatihan di CERN Swiss? Peserta nantinya akan memperoleh kontrak asosiasi 8 hingga 13 minggu untuk mengerjakan proyek teknis ( Bagi negara non anggota CERN, seperti Indonesia, kontrak selama 8 minggu). Kemudian mengikuti program kuliah fisika ekstensif (mahasiswa juga akan dapat menghadiri serangkaian kuliah IT yang diselenggarakan oleh Openlab. Disediakan tunjangan 92 CHF (± Rp 1,6 juta) per hari (setelah dipotong pajak) untuk biaya akomodasi dan makan di area Jenewa selama durasi kontrak. Selain itu disediakan juga tunjangan perjalanan, asuransi kesehatan, serta bantuan untuk menemukan akomodasi di situs CERN atau di sekitarnya.

Persyaratan:
1. Mahasiswa Sarjana atau Magister (bukan PhD) di bidang Fisika, Teknik, Ilmu Komputer, atau Matematika dan harus telah merampungkan setidaknya 6 semester studi di jenjang universitas, untuk European Summer 2024.
2. Tetap terdaftar sebagai mahasiswa selama tinggal di CERN. Jika bakal lulus selama musim panas Eropa 2024 (per Mei), Anda juga memenuhi syarat untuk mendaftar
3. Belum pernah bekerja di CERN sebelumnya dengan status lain (pelajar teknis, peserta pelatihan, pengguna atau status lainnya) selama lebih dari 3 bulan dan belum pernah menjadi pelajar musim panas di CERN
4. Memiliki pengetahuan bahasa Inggris yang baik; pengetahuan bahasa Prancis akan jadi keuntungan

Simak juga » Beasiswa S1 untuk Mahasiswa S1 Dalam Negeri

Dokumen aplikasi
1. CV dalam bahasa Inggris atau Prancis
2. Salinan transkrip akademik terbaru yang memberikan ikhtisar penilaian
3. Dua surat referensi (tertanggal kurang dari 12 bulan), dari dosen Anda dan/atau pembimbing magang sebelumnya

Pendaftaran:
Permohonan beasiswa pelatihan mahasiswa dari CERN dilakukan secara online di laman Summer Student Programme. Lengkapi formulir di bagian “I’m interested” dan unggah dokumen aplikasi seperti yang diminta di atas. Dokumen aplikasi dibuat dalam format PDF dan diberi nama, seperti ‘CV", "Motivation Letter" atau ‘Academic Transcript’.

Ketika aplikasi sudah diajukan, Anda akan memperoleh email konfirmasi yang berisi sebuah link. Anda harus meneruskan link itu ke pemberi referensi, sehingga mereka bisa mengunggah surat rekomendasi untuk Anda melalui link tersebut.

Pendaftaran beasiswa pelatihan mahasiswa S1 dan S2 dari CERN di Swiss paling lambat 31 Januari 2024. Hasil seleksi biasanya diberitahukan kepada kandidat paling lambat pertengahan April.

Info Beasiswa S2 Dalam dan Luar Negeri
Lihat Peluang yang Sesuai Buat Kamu..!

Facebook Twitter