Beasiswa Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM) Program S2, S3 Full

Program beasiswa Malaysia ini menarik untuk dipertimbangkan. Salah satu kampus terkemuka Negeri Jiran, Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM), menyediakan beasiswa pascasarjana program S2 dan S3 bagi pelamar lokal maupun internasional. Beasiswa tersebut menyasar pelamar yang ingin meraih gelar master (MSc) maupun doktor (PhD) riset di UKM.

Kandidat Indonesia tentunya di antara yang mendapatkan peluang mengajukan beasiswa UKM tersebut. Tidak saja beasiswa full, ada juga beasiswa parohan yang menanggung hampir keseluruhan biaya studi di Malaysia. UKM menawarkan dua jenis beasiswa sekaligus, yakni Gold Scholarship dan Silver Scholarship yang merupakan bagian dari skema UKM Vice-Chancellor Scholarship.

Beasiswa Gold menanggung pembebasan dari semua biaya kuliah di UKM, seperti biaya kuliah semester, pendaftaran, serta biaya layanan dan kegiatan (termasuk tesis dan pertemuan). Selain itu, penerima beasiswa juga memperoleh tunjangan hidup RM 3.200 per bulan untuk PhD dan RM 2.200 per bulan untuk MSc.  Kemudian mendapatkan tunjangan akomodasi sebesar RM 300 per bulan, tiket pesawat pp Malaysia, dan biaya visa.

Sementara beasiswa Silver, UKM menyediakan pembebasan biaya kuliah semester serta biaya pendaftaran, tunjangan hidup bulanan RM 2.000 untuk PhD dan RM 1.500 untuk PhD. Serta tunjangan akomodasi RM 300 per bulan. Tiket pesawat pp dan biaya visa tidak tersedia di program beasiswa Silver.

Simak juga » Pendaftaran Beasiswa S1, S2, S3 2021 - 2022

Persyaratan:
1. Kandidat tidak boleh menerima bantuan / beasiswa dari sponsor / Federal / Negara atau Badan Hukum lainnya atau menerima gaji atau tunjangan atau pembayaran lain dari lembaga atau perusahaan mana pun;
2. Kandidat juga harus bebas dari hutang atau biaya kuliah sebelumnya dengan Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM)
3. Formulir aplikasi dapat diunduh dari website UKM Graduate Centre/Pusat Siswazah
4. Kandidat menulis sebuah esai yang menjelaskan mengapa UKM harus memilih Anda sebagai penerima beasiswa
5. Kandidat mengisi formulir aplikasi dengan menyerahkan bersama dokumen pendukung ke awardsandscholarship@ukm.edu.my

Persyaratan khusus:
Master:
1. Calon harus telah memperoleh gelar sarjana dengan IPK minimal 3.67 atau Cumlaude atau setara dari universitas terkemuka dan harus menunjukkan kredibilitas sebagai sarjanawan
2. Calon harus terdaftar sebagai mahasiswa penuh waktu master by Research atau Mode Campuran.

PhD:
1. Calon harus telah memperoleh gelar Master atau setara dari universitas terkemuka
2. Calon harus telah menerbitkan setidaknya DUA (2) artikel di jurnal Q2 dan di atasnya sebagai penulis mahasiswa pertama (untuk beasiswa Gold)
3. Calon harus telah menerbitkan setidaknya DUA (2) artikel di jurnal Q3 dan di atasnya sebagai penulis mahasiswa pertama (untuk beasiswa Silver)
4. Untuk PhD Fast Track, kandidat harus memiliki kualifikasi Gelar Sarjana dengan IPK minimal 3.67 atau Cumlaude atau setara dari universitas terkemuka DAN harus menunjukkan kredibilitas sebagai sarjanawan.

Dokumen aplikasi:
1. formulir aplikasi (Unduh)
2. 1 Lember pasfoto ukuran paspor
3. Salinan KTP/Paspor
4. Salinan ijazah dan transkrip sarjana dan magister dilegalisir
5. Halaman depan artikel yang telah diterbitkan (khusus PhD)
6. Halaman depan formulir pendaftaran online ke UKM
7. Proposal penelitian
8. Esai ringkas mengapa UKM perlu memilih Anda untuk beasiswa ini
9. Curriculum Vitae

Simak juga » Beasiswa Pemerintah Jepang 2021 untuk Riset, S2, S3

Pendaftaran:
Sebelum mendaftar ke program beasiswa, Anda terlebih dahulu harus mendaftar kuliah ke UKM: www.ukm.my/join dan memilih program master atau doktor riset yang diminati. Setelah mendaftar kuliah, sertakan bukti formulir pendaftaran kuliah tersebut bersama dokumen aplikasi yang diminta lainnya di atas. Lalu kirim ke email: awardsandscholarship@ukm.edu.my

Atau bisa juga dikirim ke alamat:
Pengarah / Director
Pusat Siswazah UKM/ The UKM Graduate Centre
Universiti Kebangsaan Malaysia
43600 UKM Bangi, Selangor Darul Ehsan,
Malaysia.

Dokumen aplikasi diterima paling lambat 6 Juli 2020. Jika diterima, Anda akan diberitahu melalui email setelah proses seleksi menyeluruh oleh panitia seleksi. Pelamar akan diberitahu satu bulan setelah batas waktu pendaftaran berakhir. Jika ada keterlambatan, pelamar akan diinformasikan melalui email.

Kontak:
The UKM Graduate Centre
National University of Malaysia
43600 UKM Bangi, Selangor
Malaysia
[t] 03-8921-3100/5162/4612
[e] graduate@ukm.edu.my
[w] www.ukm.my/pusatsiswazah

Info Beasiswa S2 Dalam dan Luar Negeri
Lihat Peluang yang Sesuai Buat Kamu..!

Facebook Twitter