Beasiswa Studi S2/S3 dari SEARCA 2013/2014

Tawaran beasiswa untuk studi S2 (master) dan S3 (doktor) tampaknya terus bermunculan. Jika sebelumnya Beasiswa Unggulan dari pemerintah, baru-baru ini sebuah lembaga regional Asia Tenggara yang konsen pada pengembangan pertanian, The Southeast Asian Regional Center for Graduate Study and Research in Agriculture (SEARCA) mengundang partisipasi Anda. Beasiswa diberikan untuk tahun akademik 2013/2014. Syaratnya Anda adalalah dosen/pegawai dari sebuah perguruan tinggi, peneliti, atau pegawai institusi pemerintah. Bagi pelamar, usia tidak boleh lebih dari 35 tahun.

Berikut persyaratan yang harus dipenuhi:
1. Formulir aplikasi dibuat rangkap dua
2. Sepatutnya dilakukan formulir aplikasi untuk masuk ke Sekolah Pascasarjana setiap tiga (3) perguruan tinggi yang terdaftar dalam formulir aplikasi Beasiswa SEARCA mana pemohon dapat melanjutkan studi pascasarjana;
3. Salinan ijazah terakhir beserta nilai dari perguruan tinggi asal yang telah
4. Bukti pengalaman kerja
5. Daftar riwayat hidup
6. Penjelasan singkat tentang rencana tesis/disertasi yang akan diambil. Topik penelitian harus sejalan dengan prioritas SEARCA, yaitu manajemen sumber daya alam dan daya saing pertanian.
7. Buatlah dua halaman tulisan tentang daya saing pertanian atau pengelolaan sumber daya alam
8. Dua buah salinan paspor
9. Surat keterangan sehat jasmani dan mental dari dokter yang menerangkan layak untuk mengikuti pendidikan pascasarjana
10. Dukungan resmi dari lembaga asal pelamar
11. Lulus TOEFL dengan skor 550 atau IELTS 6 0.

Aplikasi diserahkan langsung ke Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang akan melakukan penyaringan awal. Oleh karena itu, Kemdikbud akan mengatur batas waktu pengajuan aplikasi. Para pelamar yang memenuhi syarat, maka akan dimasukkan dalam daftar Kemdikbud sebagai calon yang diusulkan untuk mengikuti program beasiswa SEARCA.  Paling lambat aplikasi diterima SEARCA 30 Juli 2012. Bagi Anda yang berminat, aplikasi sudah harus diajukan ke Kemdikbud paling lambat pertengahan Juli 2012. Bagi nominasi, jadwal interview akan diumumkan kemudian.

Perguruan tinggi pilihan untuk Beasiswa SEARCA:
• Institut Pertanian Bogor, Indonesia
• Universitas Gadjah Mada, Indonesia
• Universiti Putra Malaysia, Malaysia
• Universitas Kasetsart, Thailand
• Universitas Filipina (UP) Los BaƱos, Filipina

Manfaat yang didapatkan

Dukungan keuangan meliputi uang saku, biaya kuliah, tunjangan perjalanan internasional dan domestik, dukungan tesis/disertasi, tunjangan buku dan asuransi kesehatan.

Download form aplikasi beasiswa SEARCA di sini
Informasi lebih lanjut, kunjungi www.searca.org atau melalui email gsd@agri.searca.org dan ecc@agri.searca.org. Telefax: (63-49) 5367164.

Temukan Beasiswa sesuai Minat!
>> Skor TOEFL/IELTS menjadi syarat wajib meraih gelar S2 atau S3 di dalam dan luar negeri. Skor TOEFL rendah bisa menghambat studi Anda. Ketahui cara meningkatkannya. Ulasan lengkap di sini