Baru! Beasiswa S2 dari Pemerintah Perancis

Mengenyam pendidikan S2 atau S3 di Perancis tentu sebuah prestasi membanggakan. Karena itu, beasiswa 2013 dari Pemerintah Perancis mungkin bisa menjadi jalan. Selain nantinya dapat meringankan beban kuliah, juga diharapkan bisa menutupi biaya hidup di Perancis.

Beasiswa Pemerintah Perancis dimulai tahun akademik 2018/2019 melalui Eiffel Excellence Scholarship Programme. Beasiswa Eiffel ini rutin diberikan. Mahasiswa internasional dipersilakan mengajukan permohonan dari 16 Oktober 2017 – 12 Januari 2018.

Beasiswa Eiffel terbuka untuk studi S2 dan S3. Subjek beasiswa difokuskan pada beberapa program keahlian, seperti teknik, ekonomi dan manajemen, hukum, dan ilmu politik.

Beberapa manfaat yang diperoleh, di antaranya beasiswa S2 akan menerima tunjangan bulanan 1.181 Euro (Rp 14,6 juta), biaya perjalanan pp, asuransi kesehatan, ataupun kegiatan budaya. Selain itu, penerima beasiswa bisa mendapatkan tunjangan akomodasi perumahan. 

Bagi penerima beasiswa S3 (PhD) akan menerima tunjangan bulanan sebesar 1.400 Euro (Rp 17,3 juta), biaya perjalanan pp, asuransi kesehatan, kegiatan budaya, serta tambahan tunjangan akomodasi.

Meski begitu, program beasiswa Eiffel tidak mencakup biaya kuliah. Biaya pendaftaran ke universitas juga tidak termasuk dalam beasiswa.

Beberapa kriteria pelamar:
1. Usia pelamar S2 tidak lebih dari 30 tahun, S3 tidak lebih 35 tahun
2. Tidak sedang/sudah menerima beasiswa dari Pemerintah Prancis
3. Pelamar belum pernah gagal diterima di beasiswa ini sebelumnya (khusus S2)
4. Perkuliahan yang dipilih berada di Perancis
5. Pendaftaran beasiswa Eiffel dilakukan pihak universitas

Simak juga » Pilihan Beasiswa di Luar Negeri untuk S1, S2, S3

Pendaftaran:
Pengajuan aplikasi dilakukan secara online. Pelamar terlebih dahulu mendaftar ke salah satu universitas di Prancis. Kemudian setelah mendapatkan LoA, mintalah pihak universitas di Prancis tersebut untuk mengusulkan Anda sebagai penerima beasiswa Eiffel. Pelamar tidak bisa mengajukan beasiswa secara langsung ke pihak Eiffel, dalam hal ini Campus France sebagai pengelola beasiswa Eiffel. Tapi diwakilkan oleh pihak universitas.

Aplikasi beasiswa sudah harus diterima oleh Campus France dari pihak universitas paling lambat 12 Januari 2018. Pengumuman hasil akan disampaikan mulai 26 Maret 2018 melalui website Campus France.

Anda bisa mengikuti petunjuknya di www.campusfrance.org/en/eiffel Ada beberapa panduan sesuai level yang diterangkan secara lengkap, aturan, dan informasi penting lain yang disaji dalam format PDF. Selamat mencoba! 
FOLLOW US : Terima kasih sudah berkunjung di beasiswapascasarjana.com. Silakan dilanjutkan berburu beasiswanya. Jika bermanfaat, bisa klik tombol bagikan. Atau gabung bersama pembaca lainnya di Facebook, Twitter, Google +, dan di Email. Salam..