Program Beasiswa Belanda: Kursus Singkat, S2, dan PhD

Program beasiswa di Belanda silih berganti muncul. Selain beasiswa universitas, Pemerintah negeri kincir angin itu juga rutin menawarkan program beasiswa unggulannya. Netherlands Fellowship Programmes (NFP) merupakan satu dari sekian beasiswa Pemerintah Belanda. Beasiswa ini dikelola Kementerian Luar Negeri setempat dan dibuka bagi mahasiswa internasional.

NFP menyediakan tiga jenis beasiswa, masing-masing beasiswa untuk kursus singkat (short courses), beasiswa S2 (master's degree programmes), dan beasiswa S3 (PhD studies).  Durasi beasiswa kursus singkat diberikan antara 2 minggu – 12 bulan, tergantung jenis pilihan kursus di institusi Belanda. Beasiswa program master berkisar 12 – 24 bulan. Sementara beasiswa PhD diberikan maksimal empat tahun.

Asyiknya, jika terpilih penerima beasiswa akan menerima sejumlah tunjangan yang akan menanggung biaya hidup, biaya kuliah, visa, perjalanan, asuransi, dan biaya riset.

Program beasiswa NFP memang sangat kompetitif. Peserta terdiri dari 62 negara sehingga harus bersaing cukup ketat. Tapi tetap saja ada peluang meraih beasiswa ini.

Kriteria pelamar beasiswa NFP:
1. Seorang profesional yang memiliki pengalaman kerja relevan minimal tiga tahun
2. Bekerja, tinggal, dan merupakan warga negara yang didukung beasiswa NFP, salah satunya Indonesia.
3. Dicalonkan oleh atasan atau pimpinan tempat kerja, dan berjanji untuk terus membayar gaji Anda dan menjamin Anda dapat kembali ke posisi yang sama atau setara pada akhir periode beasiswa.
4. Telah memenuhi persyaratan dan diterima oleh universitas di Belanda untuk program gelar master, kursus singkat, atau disetujuinya proposal penelitian PhD di salah satu institusi Belanda.
5. Tidak dipekerjakan oleh:
    ~ Perusahaan multinasional (misalnya: Shell, Unilever, Microsoft)
    ~ Organisasi komersial besar
   ~ Organisasi donor bilateral (misalnya: USAID, DFID, Danida, Sida, Kementerian Luar Negeri, FinAid, AusAid, ADC, SwissAid)
   ~ Organisasi donor multilateral (misalnya: PBB, World Bank, IMF, Asian Development Bank, African Development Bank, IADB)
    ~ LSM internasional (misalnya: Oxfam, Plan, Care)
6. Mengajukan beasiswa NFP untuk studi PhD, program master, atau kursus singkat, termasuk mengirimkan semua dokumen yang diperlukan sebelum batas akhir (deadline) beasiswa.
7. Bekerja di bidang subjek yang terkait dengan studi akan memberikan kontribusi relevan
8. Memiliki hubungan kerja yang jelas dengan organisasi terkait dan siap memperkenalkan pengetahuan dan keterampilan baru yang diperoleh ke dalam organisasi itu.
9. Mampu secara fisik dan mental untuk mengambil penuh waktu seluruh program atau kursus.
10. Mendukung tujuan NFP dan menggunakan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh untuk mendukung organisasi tempat kerja. Nuffic mendesak kembali ke negara asal setelah menyelesaikan program atau kursus sebagai cara yang paling efektif untuk memenuhi tujuan NFP.

Kriteria tambahan per jenis aplikasi:
1. Jika mengajukan beasiswa PhD dari NFP, Anda harus:
    ~ Tidak pernah menerima beasiswa PhD NFP di masa lalu
    ~ Setidaknya seperempat dari studi PhD harus berlangsung di negara asal kandidat. Seperempat dari studi PhD dihitung sejak tanggal dimulainya studi PhD (penelitian) sampai akhir beasiswa PhD NFP.
2. Jika mengajukan beasiswa NFP untuk kursus singkat, Anda harus:
    ~  Tidak pernah menerima lebih dari satu beasiswa kursus singkat dari NFP di masa lalu.
    ~ Tidak menerima beasiswa kursus singkat NFP pada tahun sebelum permohonan beasiswa
3. Jika Anda melamar beasiswa NFP untuk program gelar master (NFP-MA), Anda harus:
    ~ Tidak menerima beasiswa NFP program master di masa lalu.

Pengajuan aplikasi dan deadline beasiswa:
Pengajuan aplikasi beasiswa dilakukan secara online di sini. Silakan buat akun terlebih dahulu. Deadline beasiswa ini beragam, yakni:
~ Pendaftaran online yang dibuka 30 November 2012 berakhir 5 Februari 2013. Ini berlaku untuk program master, kursus singkat, dan studi PhD.
~ Pendaftaran online yang dibuka 1 Maret 2013 berakhir 7 Mei 2013. Ini berlaku untuk program master dan kursus singkat.
~ Pendaftaran online yang dibuka 1 Agustus 2013 berakhir 1 Oktober 2013. Ini berlaku untuk kursus singkat dan studi PhD.

Perlu diingat bahwa lembaga atau universitas yang menawarkan kursus atau program kuliah di Belanda memiliki batas deadline sendiri. Sehingga, pelamar harus memeriksanya sebelum mendaftar di kampus tersebut dan menyesuaikan dengan pendaftaran beasiswa NFP. Anda bisa melihatnya di sini.

Detil cara pengajuan beasiswa, silahkan lihat di sini. Di sidebar kiri situs ada laman NFP yang akan menjelaskan lebih lanjut bagaimana mendapatkan beasiswa ini. Sekian dulu penjelasannya. Semoga dapat meraih cita-cita!
>> Skor TOEFL/IELTS menjadi syarat wajib meraih gelar S2 atau S3 di dalam dan luar negeri. Skor TOEFL rendah bisa menghambat studi Anda. Ketahui cara meningkatkannya. Ulasan lengkap di sini