Ini Dia, Beasiswa Malaysia Terbaru

Pemerintah Malaysia kembali menyediakan beasiswa terbaru bagi mahasiswa internasional. The Malaysia International Scholarship (MIS). Beasiswa yang diberikan meliputi pendidikan S2 (master), S3 (PhD), dan post doktoral.

Menarik untuk diikuti, karena beragam program studi dan keahlian bisa diambil. Tidak itu saja, beasiswa Pemerintah Malaysia ini juga menanggung kebutuhan biaya selama menjalani pendidikan, dan fasilitas lain seperti tiket pesawat, tunjangan bulanan, bantuan buku, asuransi kesehatan, tunjangan tesis, hingga visa.

Beasiswa S2 hingga post doktoral ini sengaja ditawarkan Pemerintah Malaysia untuk menarik sumber daya manusia berbakat dari mancanegara. Catatan prestasi akademis dan latar belakang keterampilan yang dimiliki menjadi prioritas pemberian beasiswa ini. Jika termotivasi, Anda patut mencobanya!

Kriteria dan Persyaratan:
1. Berusia tidak lebih dari 40 tahun.
2. Memperoleh IPK minimal 3.5/4.0 bagi pelamar gelar Master dan 3.5/4.0 bagi pelamar PhD atau hasil yang sangat baik di level gelar Master. Selain itu, untuk program post doktoral, seleksi akan dievaluasi berdasarkan jumlah buku yang diproduksi, jurnal, portofolio, dan hak paten. Kandidat post doktoral harus memiliki reputasi yang sangat baik dalam penelitian dan memiliki pengetahuan yang terkait dengan penelitian yang akan dilakukan.
3. Mahir berbahasa Inggris yang dibuktikan dengan IELTS atau TOEFL tidak lebih dari dua tahun terakhir sebelum permohonan. Skor minimum yang diperlukan: skor IELTS minimal 6,5; atau TOEFL PBT minimal 580; CBT 230: atau IBT minimal 92.
4. Kondisi kesehatan yang prima dan disertifikasi oleh dokter bersertifikat/medis profesional. Biaya pemeriksaan kesehatan ditanggung oleh pelamar.
5. Menulis proposal yang relevan dengan kebutuhan dan kepentingan Malaysia (hanya program berbasis penelitian).
6. Telah mengajukan permohonan dan diterima masuk ke studi pascasarjana dan post doktoral di Malaysia (surat penawaran bersyarat akan diterima pada waktu aplikasi atau ada konfirmasi penerimaan atau afiliasi dengan universitas di Malaysia).

Area Prioritas studi:
1. Sains dan Teknik
2. Pertanian dan Perikanan
3. Ekonomi dan Keuangan Islam
4. Teknologi Informasi dan Komunikasi
5. Bioteknologi
6. Biosekuriti dan Keamanan Pangan
7. Infrastruktur dan Utilitas
8. Studi Lingkungan Hidup
9. Kesehatan tidak termasuk keperawatan, kedokteran, farmasi klinis.

Kriteria Seleksi:
1. Capaian prestasi akademik yang tinggi
2. Kualitas proposal penelitian dan kontribusi potensial menuju kemajuan teknologi dan kesejahteraan manusia
3. Komunikasi yang baik, kemampuan menulis dan membaca dalam Bahasa Inggris

Cara mendaftar:
Pendaftaran beasiswa dan pengajuan aplikasi dilakukan secara online. Batas akhir pendaftaran 31 Maret 2013. Berikut langkahnya:

Langkah 1
1. Daftarkan Nomor Paspor atau KTP, password dan alamat email
2. LOG IN ke formulir aplikasi online dan isi semua bagian
3. Pastikan semua informasi benar sebelum Anda mencetak aplikasi dan logout

Langkah 2
Lampirkan formulir aplikasi yang telah diprint bersama dengan dokumen-dokumen berikut:
1. Foto ukuran paspor terbaru
2. Laporan medis lengkap (download)
3. Copy paspor yang telah disahkan
4. Copy transkrip akademik, testimonial, dan/atau referensi yang berkaitan dengan studi, kegiatan co-curriculum, atau prestasi. (Telah disahkan)
5. Sebuah studi yang jelas dan tepat atau rencana penelitian
6. Copy TOEFL atau IELTS yang telah disahkan
7. Curriculum Vitae
8. Surat penerimaan (admission letter) dari universitas Malaysia
9. Dua surat rekomendasi dari dua (2) orang untuk mendukung aplikasi Anda (download)
10. Formulir pengesahan (download)

Anda diminta untuk melengkapi dua surat rekomendasi dari dua juri, formulir pengesahan dan laporan medis. Harap membawa formulir pendaftaran yang telah diprint dan dokumen yang dibutuhkan ke Kementerian Luar Negeri atau instansi terkait yang bertanggung jawab atas beasiswa MIS untuk mendapat pengesahan.

Langkah 3
Scan semua dokumen tersebut di atas dalam format PDF dan LOGIN ke Aplikasi Online MIS. Anda diminta untuk melampirkan dokumen tersebut lalu klik tombol SUBMIT untuk mengirimkan aplikasi. Anda akan melihat pesan pemberitahuan bila proses dilakukan. Semua pengiriman aplikasi sepenuhnya online. Formulir aplikasi dan dokumen asli lainnya dibawa saat sesi wawancara.

Informasi lebih lanjut, dapat ditanyakan melalui email: international_scholar@mohe.gov.my atau telepon : +603 8870 6000 ext 6368 / 6337 / 5409. Bisa juga dengan mendatangi kantor beasiswa MIS di:

Scholarship Division
Ministry of Higher Education Malaysia
Level 2, No 2, Tower 2
Jalan P5/6, Precint 5
Federal Government Administrative Centre
62200 Putrajaya
FOLLOW US: Terima kasih sudah berkunjung di beasiswapascasarjana.com. Silakan dilanjutkan berburu beasiswanya. Jika bermanfaat, bisa klik tombol bagikan. Atau gabung bersama pembaca lainnya di Facebook, Twitter, Google +, dan di Email. Salam..