Beasiswa DAAD 2024 - 2025 (Epos)

Ada beberapa pilihan Beasiswa DAAD 2024 - 2025 yang dapat Anda ikuti. Selain beasiswa S2 PPGG, program satu ini juga tersedia tiap tahun dan terbuka bagi kandidat Indonesia. Scholarships for Development-Related Postgraduate Courses (Epos). Beasiswa ditujukan bagi para profesional di negara berkembang yang memiliki pengalaman kerja setidaknya dua tahun. Bisa dari pemerintahan, BUMN, atau perusahaan swasta.

Beasiswa Epos terbuka untuk studi jenjang S2 (master’s degree) dengan durasi 12 – 24 bulan dan jenjang S3 dengan durasi 42 bulan di universitas maupun institusi Jerman. Beasiswa yang diberikan menanggung hampir semua kebutuhan studi penerimanya. Bisa dibilang beasiswa DAAD Epos ini merupakan beasiswa penuh.

Beasiswa DAAD 2024 – 2025 didanai Kementerian Federal Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan (BMZ) Jerman. Yang menarik, meskipun pelamar memiliki pendanaan secara mandiri atau menerima beasiswa dari pemerintah atau sumber lain, mereka juga berkesempatan mendaftar program beasiswa DAAD.

Pelamar terpilih akan mendapatkan beasiswa sebesar 934 Euro per bulan untuk program beasiswa S2, dan 1.200 Euro per bulan untuk program beasiswa S3. Beasiswa juga mencakup asuransi kesehatan dan kecelakaan, serta kursus bahasa Jerman selama 6 bulan untuk perkuliahan dalam bahasa Jerman. Selain itu disediakan juga tunjangan perjalanan, kecuali biaya tersebut ditanggung sendiri negara asal atau pendanaan dari sumber lain. Selain itu untuk studi yang menggunakan bahasa Jerman, juga akan disediakan beasiswa kursus bahasa Jerman selama 6 bulan.

Tidak itu saja, dalam kondisi tertentu, penerima beasiswa juga bisa menerima manfaat tambahan, yakni subsidi sewa bulanan, serta tunjangan bulanan untuk anggota keluarga yang menemani. Biaya yang tidak ditanggung oleh DAAD berupa biaya pendaftaran kuliah atau biaya masuk ke universitas. Biaya ini dibayar sendiri oleh pelamar.

Area studi yang ditawarkan:
• Economic Sciences / Business Administration / Political Economics
• Development Cooperation
• Engineering and Related Sciences
• Regional and Urban Planning
• Agriculture and Forest Sciences
• Natural and Environtmental Sciences
• Medicine and Public Health
• Social Sciences, Education and Law
• Media Studies

Simak juga » Beasiswa Terbaru Jenjang S1, S2, dan S3

Persyaratan:
1. Bekerja pada otoritas publik (pemerintahan), perusahaan negara, atau perusahaan swasta di negara berkembang.
2. Memegang gelar sarjana di bidang terkait
3. Menyelesaikan gelar akademik dengan nilai di atas rata-rata serta memiliki pengalaman kerja profesional setidaknya dua tahun pada bidang terkait.
4. Gelar akademik yang sudah diraih normalnya tidak lebih dari enam tahun.
5. Merupakan warga negara dari negara yang terdaftar dalam daftar OECD-DAC (salah satunya Indonesia)
6. Untuk perkuliahan yang menggunakan bahasa Jerman: mengikuti DSH 2 atau TestDaF 4 dengan level minimum B1.
7. Untuk perkuliahan yang menggunakan bahasa Inggris: skor IELTS (Band 6) atau TOEFL PBT 550, CBT 213, dan iBT 80 (Detil bisa dilihat di masing-masing jurusan di panduan).

Dokumen aplikasi:  
1. Ceklis yang dicentang dan ditandatangani (Unduh)
2. Formulir aplikasi DAAD (Unduh)
3. CV yang telah ditandatangani (menggunakan formulir Europass)
4. Satu Surat Motivasi dengan referensi terperinci untuk alasan akademik, profesional, dan pribadi dalam melamar program
PENTING: Jika mendaftar untuk lebih dari satu program pascasarjana (maksimal 3 program), harap berikan juga alasan rinci untuk pilihan program dan prioritas Anda dalam surat motivasi. Mohon kirimkan surat motivasi yang seragam untuk semua program gelar pascasarjana pilihan Anda.
5. Surat rekomendasi dari universitas, memiliki kepala surat, ditandatangani dan dicap resmi (tidak dimasukkan dalam amplop tertutup)
6. Surat rekomendasi dari tempat kerja/atasan, memiliki kepala surat, ditandatangani dan dicap resmi (tidak dimasukkan dalam amplop terutup)
7. Surat keterangan kerja dari atasan yang memperlihatkan minimum 2 tahun pengalaman kerja relevan dan jika memungkinkan disertai jaminan mempe kerjakan lagi jika telah kembali
8. Bukti keterampilan bahasa: IELTS atau TOEFL untuk perkuliahan dengan bahasa Inggris atau DSH atau TestDaF untuk perkuliahan berbahasa Jerman.
9. Salinan ijazah gelar akademik dilegalisir (disertai terjemahan jika tidak berbahasa Inggris atau Jerman)
10. Salinan transkrip nilai, dan skala penilaian (disertai terjemahan jika berbahasa Inggris atau Jerman)

* Beberapa program perkuliahan mungkin meminta dokumen tambahan. Silakan merujuk pada panduan beasiswa DAAD 2024 - 2025 (Unduh) untuk detilnya.

Simak juga » Beasiswa S2 Terbaru Dalam dan Luar Negeri

Pendaftaran:
Pengajuan aplikasi Beasiswa DAAD Epos 2024 - 2025 disampaikan langsung ke masing-masing program yang ingin dilamar. Alamat website dan petunjuk tertera di panduan. Deadline juga ditetapkan masing-masing, berkisar Agustus 2023 s/d Maret 2024.

Pelamar bisa memilih hingga tiga jurusan. Pihak universitas yang akan mempertimbangkan kandidat potensial dan mengusulkannya ke pihak DAAD. Berikutnya pihak DAAD akan menghubungi kandidat potensial yang diusulkan oleh universitas Jerman dan meminta pelamar mengunggah aplikasi lengkap di laman portal DAAD. Pastikan Anda tetap memiliki salinan PDF dari masing-masing dokumen aplikasi di atas untuk nantinya diunggah di laman portal DAAD. Jika memang terpilih sebagai kandidat yang diusulkan oleh pihak universitas.

Info Beasiswa S2 Dalam dan Luar Negeri
Lihat Peluang yang Sesuai Buat Kamu..!

Facebook Twitter