Beasiswa di University of Melbourne (MIRS)

Peluang beasiswa pascasarjana ini dibuka tiap tahun University of Melbourne, Australia. Melbourne International Research Scholarships (MIRS). Lebih dari 150 kuota disediakan. Pelamar yang ingin mengambil gelar master by research atau doctorate by research bisa memanfaatkan beasiswa tersebut. Yang menarik, beasiswa disediakan full, sehingga kandidat terpilih akan memperoleh tanggungan studi yang diperlukan.

Durasi beasiswa MIRS disesuaikan dengan lamanya waktu studi yang diperlukan. Maksimum dua tahun bagi pelamar yang mengambil gelar master by research dan tiga tahun untuk gelar doctorate by research. Khusus beasiswa doktor, durasi beasiswa memungkinkan untuk ditambah hingga enam bulan berikutnya setelah batas waktu yang disediakan. 

Beasiswa MIRS di University of Melbourne di antaranya meliputi tunjangan hidup setiap dua minggu, dana relokasi di Melbourne, tunjangan penelitian, dan bantuan dana jika sakit, hamil, atau cuti mengasuh anak. Selain itu disediakan asuransi kesehatan bagi mahasiswa internasional (OSHC) untuk keanggotaan tunggal. Sedangkan biaya pendidikan (tuition fee) menjadi tanggungan kandidat terpilih.

Persyaratan:
1. Merupakan pelamar internasional (yaitu warganegara selain Australia dan New Zealand dan bukan penduduk tetap Australia)
2. Telah menyelesaikan studi S1 atau setara empat tahun di universitas Australia dengan hasil minimum first class honours (cumlaude)
3. Telah mengajukan pendaftaran untuk mengambil gelar master atau doctorate by reserach atau saat ini sudah terdaftar untuk gelar riset di University of Melbourne
4. Belum pernah menyelesaikan kualifikasi penelitian pada jenjang yang sama atau lebih tinggi

*Bagi yang saat ini mahasiswa University of Melbourne harus telah menjalani studi minimum 12 bulan penuh waktu atau tersisa setara pencalonan. Mahasiswa yang terdaftar di MPsych / PhD atau SJD juga memenuhi syarat mengajukan permohonan di tahun kedua kuliah.

Pendaftaran:
Bagi pelamar yang saat ini telah terdaftar sebagai mahasiswa program gelar riset dan ingin mengajukan beasiswa MIRS bisa mengajukan beasiswa langsung melalui portal mahasiswa (my.unimelb.edu.au/)

Bagi pelamar baru dan berniat mendaftar di University of Melbourne sekaligus mengajukan beasiswa bisa langsung menuju laman admissions and applications. Ada beberapa tahapan yang dilakukan pelamar, seperti menentukan minat penelitian dan menemukan supervisor, menyiapkan aplikasi, serta mengajukan aplikasi. Langkahnya sudah tersedia di laman universitas. Pelamar hanya perlu mengikuti saja.

Beberapa pertimbangan seleksi beasiswa di University of Melbourne, di antaranya prestasi akademik yang diraih pada pendidikan terakhir, potensi penelitian pada bidang studi yang diambil, pengalaman profesional, dll.

Pendaftaran beasiswa dilakukan dua kali setahun. Permohonan yang diajukan sebelum 31 Oktober (putaran 1), akan dirampungkan pada 15 Februari pada tahun berikutnya. Aplikasi yang diajukan sebelum 31 Mei (putaran 2), akan diselesaikan pada 31 Juli.

Meski demikian, ada beberapa fakultas di University of Melbourne yang memiliki jadwal sendiri atau berbeda, seperti teknik, kedokteran, kedokteran gigi dan ilmu kesehatan, sains, dan seni.
FOLLOW US : Terima kasih sudah berkunjung di beasiswapascasarjana.com. Silakan dilanjutkan berburu beasiswanya. Jika bermanfaat, bisa klik tombol bagikan. Atau gabung bersama pembaca lainnya di Facebook, Twitter, Google +, dan di Email. Salam..