Beasiswa Pemerintah Jiangsu, China

Berminat mengambil studi di China? Ini salah satu penawaran yang tersedia. Sebuah provinsi di Republik Tiongkok, Jiangsu, membuka kesempatan beasiswa bagi kandidat internasional yang ingin kuliah di universitas maupun perguruan tinggi di Provinsi Jiangsu. Program beasiswa dinamai Jasmine Jiangsu Government Scholarship. Beasiswa ini akan membiayai studi penuh waktu bagi mahasiswa berprestasi di semua jenjang di universitas maupun perguruan tinggi di Jiangsu.

Tidak hanya itu, beasiswa Pemerintah Jiangsu juga dapat diikuti untuk mengambil program non gelar maupun kegiatan pertukaran pelajar berdasarkan kerjasama pertukaran pendidikan dan MoU antara Pemerintah Provinsi Jiangsu dengan pemerintah negara lain, lembaga, perguruan tinggi, maupun organisasi internasional.

Ada dua jenis beasiswa Pemerintah Jiangsu yang disediakan, yakni beasiswa penuh (full scholarship) dan beasiswa parohan (partial scholarship). Beasiswa penuh terdiri dari tanggungan biaya kuliah, pendaftaran, eksperimen di labor, magang, serta buku-buku pelajaran dasar. Selain itu disediakan akomodasi berupa asrama di kampus atau tunjangan akomodasi sebesar CNY 10.000 per tahun. Manfaat lainnya adalah kandidat terpilih memperoleh tunjangan hidup bulanan sebesar CNY 1.500. Tunjangan hidup bulanan ini diberikan penuh bila kandidat mendaftar sebelum tanggal 15 di bulan pendaftaran. Sementara, jika mendaftar di atas tanggal 15, tunjangan hidup hanya diberikan separoh.

Cakupan dari beasiswa penuh juga meliputi asuransi kesehatan komperehensif serta skema perlindungan bagi mahasiswa internasional ketika berada di China.

Sementara itu, bagi penerima beasiswa parsial mereka mendapatkan bantuan biaya pendidikan sebesar CNY 20.000 untuk jenjang diploma yang diberikan selama satu tahun akademik. Sedangkan bagi mahasiswa sarjana dan pascasarjana diberikan beasiswa sebesar CNY 30.000 selama satu tahun akademik. Kemudian penerima beasiswa program non gelar atau pertukaran pelajar memperoleh bantuan sebesar CNY 2.000 per bulan dengan durasi 3 sampai 12 bulan berdasarkan perjanjian.

Beberapa Pilihan Universitas di Jiangsu:
Changzhou University,  China Pharmaceutical University, Jiangsung Institute of Commerce, Jiangsu Normal University, Jiangsu University, Nanjing Audit University, Nanjing Institute of Railway Technology, Nanjing Tech University, Nanjing University, Nanjing University of Aeronautics and Astronautics, Nanjing University of Posts and Telecommunications, Nanjing University of Science and Technology, dll.

Persyaratan:
1. Pelamar bukan berkewarganegaraan China serta memiliki kondisi kesehatan yang baik
2. Latar belakang pendidikan dan batas usia:
   › Pelamar untuk program diploma dan sarjana harus memiliki ijazah SLTA dengan prestasi akademis yang baik dan berada di bawah usia 30.
   › Pelamar untuk program gelar master harus memiliki gelar sarjana dan berada di bawah usia 35.
   › Pelamar untuk program doktor harus memiliki gelar master dan berada di bawah usia 40.
3. Pelamar setuju untuk mematuhi hukum yang berlaku di RRT (Repbulik Rakyat Tiongkok) dan memenuhi persyaratan penerimaan dari universitas tuan rumah atau perguruan tinggi.
4. Pelamar memiliki catatan akademik yang baik.
5. Pelamar tidak menjadi penerima beasiswa lain yang ditawarkan Pemerintah China, pemerintah daerah atau organisasi lainnya secara bersamaan.

Dokumen aplikasi:
1. Scan copy halaman foto paspor
2. Salinan ijazah terakhir yang disahkan notaris. Siswa SLTA atau mahasiswa juga harus memberikan Surat Pendaftaran dari sekolah atau universitas mereka belajar. Dokumen dalam bahasa lain selain bahasa China atau Inggris harus dilampirkan dengan terjemahan bahasa China atau Inggris yang disahkan notaris.
3. Salinan transkrip akademik yang disahkan notaris. Transkrip dalam bahasa lain selain bahasa China atau Inggris harus dilampirkan dengan terjemahan ke dalam bahasa China atau Inggris yang disahkan notaris.
4. Surat rekomendasi: Pelamar untuk studi pascasarjana harus menyerahkan dua surat rekomendasi dalam bahasa Cina atau Inggris dari profesor atau profesor asosiasi dengan rincian kontak.
5. Dokumen lain yang relevan

Pendaftaran:
Pelamar dapat mendaftar terlebih dahulu di laman “Study in Jiangsu” (www.studyinjiangsu.org). Jika sudah terdaftar, bisa langsung log in. Lengkapi formulir aplikasi online yang disediakan dan unggah hasil scan dokumen aplikasi yang dibutuhkan diatas di laman tersebut.

Berikutnya print formulir aplikasi yang telah diisi, lalu tandatangani dan kirimkan bersama dokumen aplikasi yang dibutuhkan di atas. Kirim ke:

Office of Jasmine Jiangsu Government Scholarship Management Team
Address: Room 2313, No. 15, West Beijing Road, Nanjing, Jiangsu, P. R. China
江苏省南京市鼓楼区北京西路15号教育厅2313房间,茉莉花江苏政府留学生奖学金办公室
Postcode: 210024 (邮编:210024)
Tel: +86 25 83335998,83335332
Fax: +86 25 83335521

Pelamar akan mendapatkan email pemberitahuan dari tim manajemen beasiswa Pemerintah Provinsi Jiangsu terkait keputusan diterima atau tidak. Jika diterima, pelamar harus mengkonfirmasi secara online di universitas tujuan studi bahwa Anda akan belajar melalui beasiswa tersebut. 

Info Beasiswa S2 Dalam dan Luar Negeri
Lihat Peluang yang Sesuai Buat Kamu..!

Facebook Twitter