Beasiswa Pertukaran Pelajar ke AS (YSEALI) 2024 Full untuk Mahasiswa

Ini dia salah satu beasiswa pertukaran pelajar ke Amerika Serikat (AS) 2024. Young Southeast Asian Leaders Initiative (YSEALI). Diluncurkan sejak 2013 lalu oleh Pemerintah AS untuk menjaring pemimpin-pemimpin muda dari negara ASEAN, salah satunya Indonesia. Program ini memberi kesempatan bagi mahasiswa terpilih untuk mengikuti kuliah singkat intensif di salah satu universitas atau perguruan tinggi di Amerika Serikat.

Ada beberapa program YSEALI 2024. Khusus untuk pertukaran pelajar, Anda bisa mengikuti YSEALI Academic Fellows. Perkuliahan yang bisa dipilih, di antaranya Civic engagement, Environmental Issues and Natural Resources Management, dan Social Entrepreneurship and Economic Development.

Selain memperdalam pemahaman tentang Amerika Serikat dan tema tertentu, program YSEALI juga dimaksudkan untuk meningkatkan skill kepemimpinan bagi penerima beasiswa. Sejumlah kegiatan yang diikuti di antaranya perkuliahan, pengembangan kepemimpinan, studi tur pendidikan, kegiatan pelayanan masyarakat, serta kesempatan terlibat menjadi sukarelawan dalam komunitas lokal.
 
Simak juga » Daftar Beasiswa S2 Luar Negeri Terbaru

Program pertukaran pelajar akan berlangsung selama lima minggu di Amerika yang terdiri dari serangkaian kegiatan diskusi seminar, membaca, presentasi kelompok, dan ceramah. Program beasiswa akan berakhir di Washington, DC dan memungkinkan terlibat dalam pertemuan bersama para pembuat kebijakan, perwakilan pemerintah, pebisnis, serta para cendikiawan.

Persyaratan:
1. Berusia 18 s/d 25 tahun pada saat mendaftar
2. Warganegara dari salah satu negara berikut: Indonesia, Brunei, Mianmar, Kamboja, Laos, Malaysia, Philipina, Singapura, Thailand, Timor Leste, dan Vietnam.
3. Penduduk tetap dari salah satu negara berikut: Indonesia, Brunei, Mianmar, Kamboja, Laos, Malaysia, Philipina, Singapura, Thailand, Timor Leste, dan Vietnam.
4. Bukan warganegara Amerika Serikat atau penduduk tetap Amerika Serikat 
5. Mahasiswa sarjana (S1) atau pascasarjana (S2/S3) penuh waktu atau telah lulus kurang dari lima tahun terakhir dari institusi pendidikan tinggi
6. Mahir berbahasa Inggris. Mampu membaca, menulis, dan berbicara bahasa Inggris di ruang kelas universitas AS. (Catatan: Tidak diperlukan TOEFL, IELTS, atau nilai tes lainnya. Kemampuan bahasa Inggris dievaluasi melalui formulir aplikasi dan wawancara dengan staf program YSEALI)
7. Memenuhi syarat untuk memperoleh visa J-1 Amerika Serikat

Simak juga » Beasiswa DAAD Program S2, S3 di Jerman

Pendaftaran: 
Lengkapi formulir YSEALI secara online untuk program pertukaran pelajar YSEALI di musim gugur 2024. Ajukan aplikasi tersebut paling lambat 18 April 2024 pukul 10.00 WIB. Hanya bagi kandidat yang masuk pemeringkatan yang akan diundang untuk mengikuti wawancara. Informasi pertanyaan bisa disampaikan melalui email:  YSEALIjkt@state.gov

Kriteria seleksi:
▪ Memiliki kualitas kepemimpinan yang kuat serta potensi di universitas, tempat kerja, dan/atau komunitas
▪ Menunjukkan minat, pengetahuan, atau pengalaman profesional pada salah satu atau lebih dari tema YSEALI (civic engagement, entrepreneurship and economic growth, environment issues)
▪ Memperlihatkan komitmen atau minat pada pelayanan masyarakat, sukarelawan, atau bimbingan
▪ Menunjukkan minat yang serius mempelajari tentang Amerika Serikat dan ASEAN sebagai kawasan
▪ Bersedia untuk berpartisipasi aktif dalam program akademik intensif, pelayanan masyarakat, dan studi tur
▪ Berkomitmen untuk kembali ke negara asal untuk menerapkan keterampilan dan pelatihan kepemimpinan untuk memberi manfaat bagi masyarakat, negara, atau kawasan ASEAN
▪ Memiliki sedikit atau tidak ada pengalaman sebelumnya di Amerika Serikat.
 
Kontak:
U.S. Embassy Jakarta
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 3 - 5
Jakarta 10110, Indonesia
[t] +62-21-5083-1000
w] https://id.usembassy.gov

Info Beasiswa S2 Dalam dan Luar Negeri
Lihat Peluang yang Sesuai Buat Kamu..!

Facebook Twitter