Beasiswa Unggulan 2016 – 2017 (S1, S2, S3)

Jika Beasiswa Bidikmisi menyasar calon mahasiswa yang mengalami kendala ekonomi, terutama keluarga kurang mampu. Hal berbeda dengan Beasiswa Unggulan. Beasiswa dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) ini menyasar pelamar berprestasi dari semua kalangan. Jenis beasiswa yang disediakan juga beragam. Mulai dari beasiswa S1, beasiswa S2, beasiswa S3, beasiswa mahasiswa asing, beasiswa P3SWOT, hingga beasiswa TKJ bagi mahasiswa yang memiliki prestasi khusus. 

Bila Anda saat ini telah menyelesaikan pendidikan SLTA (SMA/SMK/MA/Ponpes) dan berniat melanjutkan pendidikan ke jenjang sarjana, Beasiswa Unggulan bisa menjadi pilihannya. Peluangnya juga terbuka bagi pelamar yang telah menyelesaikan pendidikan S1 atau S2 dan ingin kembali melanjutkan studi ke jenjang lebih tinggi, seperti S2 atau S3. 

Berikut ini beasiswapascasarjana.com mencoba mengulas Beasiswa Unggulan S1, S2, dan S3 untuk tahun akademik 2016 – 2017. Sebab, jenis beasiswa ini fokus bagi pelamar yang akan melanjutkan studi. 

Beasiswa Unggulan bisa dimanfaatkan untuk melanjutkan studi di dalam maupun luar negeri. Beasiswa yang disediakan meliputi biaya pendidikan sebagian atau keseluruhan, biaya hidup jika dari keluarga tidak mampu, biaya buku, biaya penelitian, dan biaya transportasi untuk studi di luar negeri, asuransi kesehatan, biaya kedatangan dan kepulangan, biaya matrikulasi, biaya operasional, dll.

Beasiswa Unggulan bisa diikuti pada program studi dengan akreditasi minimal B untuk di dalam negeri atau berkategori baik untuk perguruan tinggi di luar negeri. 

Sasaran calon: 
1. Peraih medali Olimpiade Sains/ Teknologi tingkat Nasional/ Internasional
2. Pemenang lomba LKS (Lomba Kompetensi Siswa) Tingkat Nasional
3. Pemenang Lomba tingkat Nasional/ Internasional, bidang Sains, Teknologi, Seni Budaya, Olahraga, dll
4. Lulusan terbaik SMA/ MA/ SMK/ Ponpes/ Perguruan Tinggi yang diusulkan oleh Pemda (Propinsi/ Kabupaten/ Kota), Masyarakat (LSM), dan Insdustri
5. Lulusan Cumlaude dari Perguruan Tinggi/ Sekolah Tinggi/ Akademi
6. Penulis, Pencipta, Peneliti, Seniman, Olahragawan, dan Tokoh (P3SWOT) berprestasi
7. Staf Pemda dan Staf Diknas dari unit- unit utama serta jajarannya
8. Bukan Dosen (untuk reguler S1, S2, dan S3) 

Persyaratan: 
1. Sudah diterima di Perguruan Tinggi dengan melampirkan Letter of Acceptance 
2. Surat Pernyataan sanggup mengikuti peraturan pada Program Beasiswa Unggulan 
3. Mengisi data diri secara lengkap pada website Program Beasiswa Unggulan: http://www.beasiswaunggulan.kemdiknas.go.id 
4. Melampirkan proposal rencana usulan, tugas akhir/ Skripsi/ Tesis/ Disertasi 
5. Syarat IPK & TOEFL untuk mengikuti seleksi: 
   ▪ Nilai UAN minimal 7.25 untuk pelamar S1, IPK minimal 3.00 untuk pelamar S2, dan 3.25 untuk S3. 
   ▪ Nilai TOEFL minimal 450 untuk S1, 500 untuk S2, dan 550 untuk S3. 
6. Isi pada form online dengan melampirkan scan Ijazah & Transkrip Nilai (untuk IPK & UAN) serta scan sertifikat TOEFL yang sudah dilegalisir. 
   *) Apabila calon pelamar tidak memiliki sertifikat TOEFL, dapat melampirkan sertifikat TOEIC, TOEFL IBT, IELTS, dll
7. Melampirkan Sertifikat penghargaan/ prestasi 
8. Usia Pendaftar diprioritaskan: 
   a. DIV/ S1 tidak lebih dari 21 tahun 
   b. S2 tidak lebih dari 35 tahun 
   c. S3 tidak lebih dari 45 tahun 
9. Melampirkan surat rekomendasi dari Instansi asal untuk mengikuti program Beasiswa Unggulan. 
10. Membuat publikasi pada media masa nasional/ Internasional (ISR)

Pendaftaran: 
Pengajuan Beasiswa Unggulan 2016 bisa dilakukan pelamar dengan dua cara. Pelamar bisa mendaftar secara perseorangan langsung ke laman Beasiswa Unggulan atau mendaftar melalui perguruan tinggi (PTN/PTS). 

Bagi Anda yang mendaftar secara perorangan melalui laman Beasiswa Unggulan, silakan buat akun terlebih dahulu di sini: http://buonline.beasiswaunggulan.kemdikbud.go.id

Kemudian lengkapi formulir beserta dokumen persyaratan yang diminta di atas. Scan dokumen lalu unggah di laman tersebut. Tim seleksi akan melakukan seleksi secara online, kemudian akan menerbitkan surat lulus bagi kandidat terpilih dan mengumumkannya melalui website BU. Terakhir mahasiswa terpilih menandatangani berita acara dan serah terima beasiswa. 

Bagi pelamar yang mendaftar BU di perguruan tinggi, siapkan berkas sesuai dokumen persyaratan di atas, kemudian serahkan ke perguruan tinggi masing-masing. Calon mahasiswa yang lolos seleksi administrasi akan mengikuti tes di masing-masing perguruan tinggi, kemudian hasil tes tersebut akan dikirim ke Tim Beasiswa Unggulan untuk divalidasi. Pengumuman kelulusan disampaikan di perguruan tinggi. Mahasiswa terpilih nantinya menyiapkan kelengkapan pemberkasan untuk kontrak beasiswa. Ketentuan lebih lanjut mengenai pendaftaran Beasiswa Unggulan di perguruan tinggi ini bisa ditanyakan langsung ke perguruan tinggi bersangkutan.

Pendaftaran Beasiswa Unggulan 2016 – 2017 untuk S1, S2, dan S3 dibuka sepanjang tahun 2016. Namun, sebelum Anda mengajukan Beasiswa Unggulan, silakan mendaftar terlebih dahulu ke universitas yang diminati. Program studi di dalam negeri minimal terakreditasi B atau jika mendaftar ke universitas luar negeri, masuk dalam 200 universitas terbaik di dunia. 

Informasi lebih lanjut bisa disampaikan melalui telp. 021-5711144 atau email bu.bpkln@gmail.com. Semoga berhasil! 
FOLLOW US : Terima kasih sudah berkunjung di beasiswapascasarjana.com. Silakan dilanjutkan berburu beasiswanya. Jika bermanfaat, bisa klik tombol bagikan. Atau gabung bersama pembaca lainnya di Facebook, Twitter, Google +, dan di Email. Salam..