Beasiswa Mesir, Maroko, Sudan, Lebanon 2018 – 2019

Setelah ditawarkan tahun lalu, Kementerian Agama RI kembali membuka seleksi beasiswa dan non beasiswa S1 ke Mesir, Maroko, Sudan, dan Lebanon tahun akademik 2018 – 2019. Beasiswa ini dapat dilamar bagi para lulusan SMA/MA/Ponpes dan sederajat. Melalui kerjasama Pemerintah Indonesia dengan Pemerintah Mesir, Sudah, Maroko, dan Lebanon maka seleksi mahasiswa di tiga negara tersebut akan dilakukan Kemenag, baik yang program beasiswa maupun non beasiswa.

Calon mahasiswa akan diuji kemampuan akademiknya, hafalan/bacaan Alquran, dan pemahaman bahasa Arab. Tujuannya untuk menyaring para lulusan madrasah, ponpes, dan sederajat yang potensial dan memiliki bakat dan minat yang kuat dalam pengembangan pendidikan agama Islam dan pendidikan Bahasa Arab.

Persyaratan dan Ketentuan Mengikuti Seleksi:
1. Melakukan pendaftaran secara online melalui website: http://diktis.kemenag.go.id dan mengunduh bukti pendaftaran online (kartu peserta)
2. Pas foto berwarna ukuran 3x4 sebanyak 2 lembar
3. Melampirkan legalisir ijazah Madrasah Aliyah/SMA/Ponpes/Muadalah/Kejar Paket C atau yang sederajat dari lembaga setempat dengan ketentuan sebagai berikut:
   a. Usia ijazah tidak lebih dari 3 (tiga) tahun, dan khusus bagi pendaftar ke Maroko usia ijazah tidak lebih dari 1 (satu) tahun
   b. Bagi yang belum memiliki ijazah, harus melampirkan surat keterangan lulus dari Madrasah Aliyah/SMA/Ponpes/Muadalah/Kejar Paket C atau yang sederajat dari lembaga bersangkutan
4. Semua persyaratan (dalam bentuk hard copy) harus diserahkan langsung ke lokasi pendaftaran sebelum pelaksanaan seleksi paling lambat pada tanggal 11 Mei 2018.
5. Peserta harus mengikuti seleksi sesuai dengan lokasi pilihan pendaftaran yang dipilih

Dokumen aplikasi:
1. Pas Foto berwarna ukuran 3x4 sebanyak 2 lembar.
2. Melampirkan legalisir ijazah Madrasah Aliyah/SMA/Ponpes/Muadalah/Kejar Paket C atau yang sederajat dari lembaga setempat dengan ketentuan sebagai berikut:
   - Usia ijazah tidak lebih dari 3 (tiga) tahun, dan khusus bagi pendaftar ke Maroko usia ijazah tidak lebih dari 1 (satu) tahun.
   - Bagi yang belum memiliki ijazah, harus melampirkan surat keterangan lulus dari Madrasah Aliyah/SMA/Ponpes/Muadalah/Kejar Paket C atau yang sederajat dari lembaga yang bersangkutan.
3. Semua persyaratan (dalam bentuk hard copy) harus diserahkan langsung ke lokasi pendaftaran sebelum pelaksanaan seleksi pada tanggal, 10-11 Mei 2018. 

Pendaftaran:
Pelamar yang beminat bisa mendaftar secara online melalui website: www.diktis.kemenag.go.id mulai 1 - 10 Mei 2018. Setelah itu cetak bukti registrasi kemudian lengkapi bersama dokumen aplikasi lainnya dan diserahkan kepada Panitia Lokal yang sudah ditunjuk dalam edaran. Pengumuman hasil seleksi akan disampaikan melalui website diktis di atas.

Ujian seleksi akan dilakukan pada Sabtu, 12 Mei 2018 yang meliputi ujian tulis dan lisan mulai pukul 08.00 WIB atau 09.00 WITA.

Tempat pelaksanaan seleksi:
1. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta; Jl. Ir. H. Juanda No.95 Ciputat Tangerang Selatan
2. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta; Jl. Marsda Adi Sucipto Yogyakarta 
3. UIN Alauddin Makassar; Jl. Samata Gowa Sulawesi Selatan
4. UIN Raden Fatah Palembang; Jl. Jend. Sudirman Km. 31/2 Palembang Sumatera Selatan
5. UIN Sultan Syarif Kasim Pekanbaru; Jl. H. R. Soebrantas No. 155 Km. 18 Simpang Baru Panam Peanbaru Riau
6. UIN Sumatera Utara; Jl. Williem Iskandar Pasar V Medan Estate Medan
7. UIN Ar Raniry Banda Aceh; Jl. Syeikh Abdul Rauf Kopelma Darussalam Banda Aceh
8. UIN Antasari Banjarmasin; Jl. Ahmad Yani Km. 4,5 Banjarmasin Kalimantan Selatan
9. UIN Sunan Ampel Surabaya; Jl. Ahmad Yani No.117 Surabaya
10. UIN Sunan Gunung Djati Bandung; Jl. A.H. Nasution No. 105, Cipadung, Cibiru, Kota Bandung, Jawa Barat
11. Pondok Pesantren Modern Darussalam Gontor; Desa Gontor, Mlarak, Gontor, Mlarak, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur 6

Materi ujian:
1. Ujian tulis (menggunakan bahasa Arab) meliputi: Bahasa Arab (memahami teks, tata bahasa, dan insya’) dan Pengetahuan Agama Islam
2. Ujian lisan (menggunakan bahasa Arab) meliputi: bahasa Arab (percakapan, terjemah, dan pemahaman teks) dan hafalan/bacaan Alquran minimal 2 Juz

Hasil seleksi akan diumumkan Kementerian Agama pada 1 Juli 2018 melalui website diktis.kemenag.go.id

Kontak:
Telp: (021) 3812344 ext. 326
Email: seksi.kerjasamadiktis@kemenag.go.id
Web: www.diktis.kemenag.go.id

Info Beasiswa S2 Dalam dan Luar Negeri
Lihat Peluang yang Sesuai Buat Kamu..!

Facebook Twitter