Beasiswa Brunei Darussalam untuk Pelajar Indonesia

Ini dia tawaran menarik buat Anda yang ingin studi di Brunei Darussalam. Negara minyak ini membuka kesempatan bagi mahasiswa luar negeri yang berencana menempuh pendidikan diploma, sarjana, hingga pascasarjana di Brunei. Beasiswa ini disediakan langsung oleh Kesultanan Brunei melalui skema Brunei Darussalam Government Scholarships to Foreign Students.

Ada empat perguruan tinggi Brunei yang berpartisipasi dalam beasiswa ini, yaitu Universiti Brunei Darussalam (UBD), Universiti Islam Sultan Sharif Ali (UNISSA), Universiti Teknologi Brunei (UTB), dan Politeknik Brunei (PB). Beasiswa ini dibuka setiap tahun bagi mahasiswa internasional, termasuk Indonesia.

Beragam pilihan studi bisa diambil untuk beasiswa ini, seperti keperawatan, kebidanan, kesenian, sains, bisnis, ilmu kesehatan, teknik, pendidikan, filsafat, matematika, komputer, kimia, biologi, biomedis, linguistik, sejarah, antropologi, ekonomi, manajemen, keuangan, konseling, administrasi bisnis, hukum, bahasa Arab, bahasa Inggris, dan banyak lagi.

Beasiswa Pemerintah Brunei ini dapat dikategorikan sebagai beasiswa penuh karena menanggung hampir semua kebutuhan studi selama di Brunei. Keuntungan yang diperoleh di antaranya, dibebaskan dari biaya kuliah, tunjangan bulanan (uang saku, uang buku, uang makan), tiket pesawat, tunjangan bagasi saat pulang, dan akomodasi.

Durasi beasiswa diberikan selama empat tahun untuk jenjang sarjana (S1), dua tahun untuk gelar master (S2), tiga tahun untuk gelar doktor (S3), dan tiga tahun untuk diploma (D3) . Namun, beasiswa akan dievaluasi setiap akhir semester untuk melihat kemajuan studi mahasiswa bersangkutan.

Persyaratan:
1. Warganegara ASEAN, OIC, atau negara anggota Commonwealth
2. Pelamar berusia 18 - 25 tahun untuk program sarjana dan tidak lebih dari 35 tahun untuk pacasarjana.
3. Beasiswa tidak berlaku untuk penduduk tetap Brunei atau warganegara asing yang tinggal di Brunei Darussalam.

Dokumen aplikasi: 
1. Formulir aplikasi 
2. Pasfoto ukuran paspor terbaru
3. Salinan ijazah beserta transkrip
4. Salinan Statement of Purpose
5. Salinan akte kelahiran dan paspor
6. Salinan SKCK
7. Terjemahan resmi masing-masing dokumen yang tidak menggunakan bahasa Inggris.

Pendaftaran:
Dokumen di atas dilampirkan bersama formulir aplikasi yang telah diisi kemudian dikirim via email: applyBDGS2017@mfa.gov.bn

Formulir aplikasi beserta dokumen pendukung menggunakan kertas ukuran A4 dan diprint hanya pada satu sisi saja. Semua dokumen pendaftaran tersebut sudah harus diterima panitia paling lambat 15 Februari. Teknis pendaftaran lebih lanjut dan formulir aplikasi yang dibutuhkan silakan unduh di sini » Beasiswa Pemerintah Brunei Darussalam

Pertanyaan seputar beasiswa Pemerintah Brunei bisa ditanyakan via email: scholarship@mfa.gov.bn

Info Beasiswa S2 Dalam dan Luar Negeri
Lihat Peluang yang Sesuai Buat Kamu..!

Facebook Twitter