Anugerah Riset Sobat Bumi 2014 dari Pertamina

Pertamina Foundation untuk kedua kalinya kembali menghadirkan Anugerah Riset Sobat Bumi. Penghargaan riset 2014 ini terbuka bagi mahasiswa pascasarjana, dosen, pakar, praktisi, maupun peneliti yang melakukan riset untuk disertasi, penelitian mandiri, dan pengabdian masyarakat. Topik riset terkait dengan pilar pembangunan berkelanjutan, meliputi Ekologi/Alam (Nature), Sosial Budaya (Society), Ekonomi (Economy), dan Kesejahteraan (Well-being).

Tahun ini, Anugerah Riset Sobat Bumi 2014 akan diberikan kepada para periset dengan total dana sebesar Rp 1,3 miliar. Kandidat yang diterima akan mendapat pendanaan hingga Rp 100 juta untuk kegiatan riset yang dilakukan.

Anugerah Riset Sobat Bumi terdiri atas 2 (dua) program pemberian penghargaan, yakni Anugerah Riset dan Anugerah Pengabdian Masyarakat. Anugerah Riset diberikan kepada pemenang proposal kategori Disertasi, dan Penelitian Mandiri, sedangkan Anugerah Riset kategori Pengabdian Masyarakat diberikan kepada pemenang proposal Pengabdian Masyarakat. Proposal kategori Pengabdian Masyarakat juga dapat diusulkan oleh masyarakat umum yang bermaksud melaksanakan program pengabdian masyarakat untuk menyelesaikan permasalahan lingkungan terkait energi terbarukan, seperti pengelolaan sampah, limbah, serta permasalahan-permasalahan lainnya. Dalam pelaksanaannya, Anugerah Pengabdian Masyarakat tetap harus melibatkan unsur riset (research based).
Tema Anugerah Riset Sobat Bumi 2014 adalah “Mewujudkan Riset dan Pengabdian Masyarakat Sebagai Gerakan Sosial Sobat Bumi”.

Persyaratan:
1. Persyaratan Administratif
    
    a. Setiap peserta hanya diperkenankan mengirim satu buah proposal riset (disertasi), penelitian mandiri, atau pengabdian masyarakat. Satu periset hanya berhak mengajukan satu proposal.
    b. Panjang proposal antara 7-10 halaman, Font Times New Roman, size 12, ukuran kertas A4 dengan rata kanan 4 cm, rata kiri 3 cm, rata atas 4 cm rata bawah 3 cm dengan spasi 1,5.
    c. Peserta menyertakan Curicullum Vitae disertai dengan scanned KTP/Kartu Mahasiswa dan scanned KTP.
    d. Melampirkan surat pernyataan keaslian proposal riset bermaterai Rp 6.000,- dibubuhi tanda tangan peneliti dan kesediaan diberi sanksi hukum apabila proposal riset terbukti hasil plagiasi.
    e. Peserta harus terdaftar dalam akun www.sobatbumi.com dan ringkasan eksekutif harus dipublikasikan dalam aksi di www.sobatbumi.com
    f. Melampirkan lembar pengesahan, untuk riset ditandatangani oleh periset dan Dekan Fakultas ybs, sedangkan untuk pengmas ditandatangani oleh kepala desa/camat setempat.

2. Persyaratan Akademik 
     a. Proposal yang dikirim harus relevan dengan tema sesuai butir B.
    b. Judul proposal singkat, jelas dan menarik, problematik, aktual dan berupa riset terapan, terdapat intervensi sosial atau melibatkan masyarakat dalam proses riset.
    c. Sistematika Sistematika proposal riset terdiri dari: judul, ringkasan eksekutif, latar belakang masalah, perumusan masalah, tujuan, ruang lingkup, arti penting, riset terdahulu, konsep operasional, kerangka teori, metodologi (teknik pengumpulan data, sasaran riset, data yang dihimpun, teknik analisis data), jadwal riset, daftar pustaka serta sistematika penulisan. Sedangkan proposal pengabdian masyarakat terdiri dari: analisis masalah yang terjadi pada komunitas, solusi yang ditawarkan, program pengabdian masyarakat yang ditargetkan dapat mengatasi masalah, target program, dan strategi pencapaian target program dalam mengatasi masalah yang dihadapi komunitas tertentu.
    d. Proposal riset yang diajukan kepada panitia bersifat orisinal (bukan berupa skripsi, tesis, disertasi, dan riset yang pernah dilakukan) dan belum pernah diajukan kepada pihak manapun serta riset yang sedang dilakukan saat ini.
    e. Menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
    f. Bagi peserta yang proposalnya terpilih pada tahap I diharuskan mempresentasikan proposal untuk seleksi tahap II.
    g. Bagi peserta yang terpilih pada seleksi tahap II diharuskan mengikuti seminar proposal dalam rangka perbaikan dan penyempurnaan proposal sebelum dilakukan pengumpulan data lapangan.
    h. Dalam tahapan pengumpulan data lapangan akan dilakukan pemantauan (monitoring) langsung oleh tim monitoring dan penilai proposal dari Pertamina Foundation.

Kelengkapan Dokumen:
1. Setiap peserta hanya diperbolehkan mengajukan satu proposal riset.
2. Peserta harus terdaftar dalam website www.sobatbumi.com dan harus mempublikasikan abstrak/ringkasan eksekutif risetnya dalam website tersebut.
3. Peserta menyusun proposal risetnya sesuai dengan sistematika pada Panduan Penulisan Proposal Riset.
4. Peserta melampirkan CV (Curriculum Vitae) seperti pada contoh (terlampir).
5. Peserta melampirkan scanned KTP dan scanned Kartu Mahasiswa (jika ada).
6. Peserta melampirkan surat pernyataan mengenai keaslian proposal riset serta kesediaan menerima sanksi hukum jika proposal riset terbukti hasil plagiasi bermaterai Rp. 6000,- yang dibubuhi tanda tangan peneliti.
7. Peserta melampirkan pengesahan riset; untuk riset kategori penelitian disahkan oleh Dekan Fakultas yang bersangkutan, sedangkan untuk riset kategori pengabdian masyarakat disahkan oleh Kepala Desa atau Camat Daerah Objek Riset.

Semua dokumen dijadikan dalam bentuk file berformat .pdf, dikumpulkan dalam satu folder dengan dengan format Nama Periset_Kategori Riset (contoh: Widi Eko Yanuar Iskhak_Pengabdian Masyarakat), dijadikan dalam bentuk file berformat .rar, dan dikirimkan ke email anugrah.risetsobatbumi@gmail.com. Panitia seleksi hanya menerima dokumen yang dikirim via email dan tidak menerima dokumen print-out yang dikirim via pos.

Pendaftaran:
Aplikasi paling lambat diterima 15 April 2014. Silakan unduh panduan teknis dan penulisan proposal riset di sini. Pertanyaan bisa disampaikan melalui email di atas.

Seleksi:
Kegiatan Seleksi Anugerah Riset Sobat Bumi dilaksanakan oleh tim independen yang ditetapkan berdasarkan Surat Keputusan Direktur Pertamina Foundation. Seleksi dibagi ke dalam tiga tahap, yakni seleksi administasi, seleksi substansi, dan seleksi seminar proposal.
Facebook Twitter