Buka Lagi! Beasiswa New Zealand-ASEAN (NZ-AS)

Pemerintah New Zealand kembali membuka secara resmi New Zealand-ASEAN Scholars Awards (NZ-AS). Beasiswa yang ditujukan bagi negara-negara ASEAN ini mengalokasikan 178 kursi di 2014-2015, 52 di antaranya diperuntukkan bagi pelamar asal Indonesia.

Fokus studi beasiswa NZ-AS yakni pada bidang yang mendukung pembangunan ekonomi Indonesia berkelanjutan, khususnya pertanian, energi terbarukan, dan manajemen risiko bencana. Beasiswa dibuka bagi masyarakat umum, dosen, PNS, maupun swasta. Namun, ada prioritas bagi pelamar yang berasal dari Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Maluku, Maluku Utara, Papua, dan Papua Barat.

Jika berhasil mendapatkan beasiswa New Zealand-ASEAN, Anda memperoleh tanggungan biaya kuliah penuh di universitas New Zealand, tunjangan kedatangan, tunjangan hidup, asuransi kesehatan dan perjalanan, serta tiket penerbangan kembali ke tanah air.

Studi Anda akan berlangsung di salah satu universitas di New Zealand. Total ada delapan universitas. Pilihannya di antaranya, Auckland University of Technology (AUT), Lincoln University, Massey University, University of Auckland, University of Canterbury, University of Otago, Victoria University of Wellington dan University of Waikato, serta Unitec Institute of Technology.

Persyaratan:

1. Warganegara Indonesia dan setidaknya telah menetap di Indonesia selama dua tahun saat mengajukan aplikasi.
2. Tidak memiliki status warganegara/penduduk tetap New Zealand atau Australia, atau negara berkembang lainnya. Dan tidak menikah, bertunangan dengan warganegara atau penduduk tetap New Zealand, Australia, atau negara berkembang lainnya. 
3. Tidak sedang menerima atau telah memperoleh beasiswa dari Pemerintah New Zealand atau Australia dalam 24 bulan sebelumnya pada saat aplikasi.
4. Berusia di bawah 40 tahun untuk program master dan 45 tahun untuk program doktor (PhD).
5. Tidak mencari dukungan (beasiswa) untuk program gelar yang sudah dimulai.
6. Tidak memegang kualifikasi pada tingkat yang sama atau bidang studi serupa di tingkat yang sama. (Lulusan sarjana harus melamar program master atau PhD dan lulusan master harus melamar PhD).
7. Mampu berbahasa Inggris (IELTS minimal 5.5 tanpa band kurang dari 5.0 atau TOEFL di atas 513. Hasil tersebut tidak lebih dari 24 bulan terakhir. Kebanyakan universitas meminta lebih tinggi.
8. Bersedia mengambil beasiswa pada tahun kalender beasiswa yang telah ditetapkan.
9. Memegang gelar sarjana dengan prestasi cemerlang dan relevan dengan kualifikasi yang diusulkan untuk pascasarjana.
10. Memiliki pengalaman kerja minimal dua tahun.
11. Mampu menunjukkan komitmen yang kuat untuk sektor publik di Indonesia dan/atau swasta atau masyarakat. Dan pembangunan Indonesia pada umumnya.
12. Memenuhi persyaratan masuk di universitas New Zealand di mana program gelar akan diambil.
13. Memenuhi persyaratan imigrasi Pemerintah New Zealand untuk masuk sebagai pelajar internasional di New Zealand, seperti pemeriksaan kesehatan dan karakter.
14. Kandidat perempuan dianjurkan untuk mendaftar.

Pendaftaran:
Sebelum mengajukan beasiswa, Anda perlu mengidentifikasi program studi dan universitas yang diminati. Lalu mempertimbangkan kemungkinan bisa memenuhi persyaratan masuk di universitas bersangkutan.

Update: Ini Pendaftaran Beasiswa NZAS Terbaru

Jika sudah menentukan pilihan, lengkapi dokumen yang tertera pada formulir aplikasi. Buat rangkap dua. Satu dokumen asli, satu lagi fotokopi dokumen. Semua harus menggunakan bahasa Inggris atau terjemahan resmi ke dalam bahasa Inggris. Selain itu, bagi kandidat PhD harus menyertakan bukti korespondensi dengan supervisor. Jika surat penawaran (letter of offer) sudah diterima dari universitas, maka turut dilampirkan dalam aplikasi beasiswa.

Kirimkan aplikasi ke:

PT. Austraining Nusantara (PTAN)
PO BOX 1808
JKP 10018
Tel: 021- 5292 0810
Fax: 021-5292 0818
Email: nzas.info@cbn.net.id


Aplikasi paling lambat diterima 22 April 2014. September/Oktober digelar interview kandidat, November/Desember adalah pemberitahuan kandidat yang terpilih. 
Facebook Twitter