Beasiswa Shanghai (S1, S2, S3) 2023 - 2024, Ini Tawarannya

Pemerintah Shanghai, China melalui programnya Shanghai Government Scholarships (SGS) menawarkan sederet beasiswa bagi mahasiswa internasional. Beasiswa ini dibuka untuk jenjang pendidikan S1, S2, dan S3 di Shanghai. Beasiswa dibagi ke dalam dua kelas. Yakni kelas A yang merupakan beasiswa penuh, kelas B berupa beasiswa parsial.

Beasiswa penuh (kelas A) merupakan beasiswa pascasarjana yang ditujukan untuk jenjang sarjana, master dan doktor di universitas Shanghai. Beasiswa ini di antaranya mencakup biaya kuliah, akomodasi asrama kampus, asuransi komprehensif untuk kesehatan, serta uang saku bulanan RMB 2,500 untuk jenjang S1, RMB 3.000 bagi kandidat S2, dan RMB 3.500 untuk pelamar S3.

Kemudian beasiswa parsial (kelas B). Beasiswa ini dapat diambil untuk mahasiswa yang ingin mengambil studi S1, S2, maupun S3. Para kandidat terpilih akan mendapatkan pembebasan dari biaya kuliah serta asuransi kesehatan komprehensif. Namun, tidak disediakan biaya hidup dan akomodasi asrama kampus.

Persyaratan: 
 1. Bukan warganegara China dengan paspor biasa yang valid serta memiliki kesehatan yang baik
2. - Jika mendaftar program yang berbahasa China, wajib ada sertifikat HSK (tes keterampilan bahasa China) dalam dua tahun terakhir. HSK 5 dengan skor 210 atau di atasnya untuk jurusan sains atau teknik, ekonomi atau manajemen, serta seni. HSK 6 dengan skor 180 atau di atasnya untuk jurusan humaniora. Pengecualian sertifikat HSK bagi pengguna asli bahasa China serta gelar yang diperoleh sebelumnya diajarkan dalam bahasa China.
- Jika mendaftar ke program yang berbahasa Inggris, IELTS (beasiswa Tipe A) 6.5 atau TOEFL iBT 90 atau di atasnya yang diperoleh dalam dua tahun terakhir. Atau yang setara sertifikat bahasa Inggris lainnya yang diakui secara internasional.
3. Syarat akademik:
   1) Program S1:
      - Lulus SMA/sederajat, IPK 3.0 atau di atasnya (sistem IPK 4 poin) (setara nilai rata-rata ujian akhir 7,5)
      - Untuk program sains atau teknik, pelamar harus ada nilai matematika dan fisika. Untuk program ekonomi atau manajemen, pelamar  wajib ada nilai matematika di SMA. Untuk program seni, pelamar wajib mengirimkan portofolio.
      - Pelamar berusia di bawah 25 tahun
   2) Program S2:
      - Pemegang gelar sarjana
      - Latarbelakang akademik S1 berhubungan jurusan S2 yang dituju, dengan IPK 2,5 atau di atasnya (sistem IPK 4 poin)
      - Diterima oleh seorang calon profesor Shanghai University
      - Mahasiswa yang mendaftar ke program seni harus memiliki latarbelakang akademik yang berkaitan dan mengirimkan portofolio. Mahasiswa yang mendaftar ke sejumlah program Shanghai Film Academy harus memiliki: latarbelakang sains dan teknik, serta latarbelakang profesional yang cocok area penelitian supervisor
      - Pelamar berusia di bawah 35 tahun    
   3) Program S3:
      - Pemegang gelar master
      - Memiliki latarbelakang gelar master yang relevan serta prestasi akademik, dengan IPK 3.0 atau di atasnya (sistem IPK 4 poin)
      - Diterima oleh calon profesor di Shanghai University
      - Mahasiswa yang mendaftar ke program seni harus memiliki latarbelakang akademik yang berkaitan dan mengirimkan         portofolio. Mahasiswa yang mendaftar ke sejumlah program Shanghai Film Academy harus memiliki: latarbelakang sains dan teknik, serta latarbelakang profesional yang cocok area penelitian supervisor
      - Pelamar berusia di bawah 40 tahun.

Dokumen aplikasi:
1. Salinan paspor
2. Pasfoto ukuran 1 inch (390*570) diambil enam bulan terakir, latar belakang biru, format JPG, ukuran kurang 100KB
3. Video selfie (Video perkenalan diri dan rencana studi di China (kurang dari 50MB, avi, mov, mp4, semua diterima). Bahasa video tergantung pada bahasa pengantar jurusan yang dipilih (Inggris atau China))
4. Ijazah dan transkrip nilai (disertakan terjemahan resmi berbahasa Inggris atau China yang disahkan notaris jika bahasa aslinya berbahasa Indonesia)
5. Salinan sertifikat keterampilan bahasa (HSK, IELTS, atau IBT TOEFL)
6. Dua surat rekomendasi: ditulis dalam bahasa Inggris atau China oleh dua orang profesor atau associate profesor, atau ahli di bidang yang berhubungan disertai tandatangan dan kontak
7. Supervisor Acceptance Letter (Pelamar harus memilih supervisor secara online serta memperoleh surat penerimaan yang ditandatangan dan kemudian mengunggah secara online (Hanya untuk pascasarjana). (Tidak wajib memilih supervisor bagi program master di: School of Economics, MBA center, dan SILC Business School) (Unduh)
8. Rencana studi atau proposal riset di China: ditulis dalam bahasa Inggris atau China, lebih dari 800 kata termasuk capaian riset sejauh ini, alasan memilih SHU, rencana studi dan penelitian, rencana karir ke depan, dll. (Unduh contoh)
9. Statement of Financial Support (Unduh)
10. Lain-lain (mengacu standar departemen)
   a. Publikasi makalah akademik: Pelamar yang mendaftar PhD di School of Management harus memiliki latarbelakang manajemen atau sains dan teknik serta sudah mempublikasikan sekurangnya satu makalah akademik di jurnal SCI atau SSCI saat mendaftar
   b. Pelamar jurusan seni harus menyertakan sekurangnya dua contoh karya seni
   c. Pelamar jurusan musik harus menyertakan video dan audio yang berhubungan dengan jurusan
11. Sertifikat penghargaan
10. Penghargaan (bukti material partisipasi dalam kegiatan atau lomba) dalam bentuk file PDF
11. Surat Keterangan Tidak Pernah Dipidana. Bagi pelamar yang tidak dapat memperoleh surat keterangan tersebut, silakan menandatangani No criminal record Commitment dari Shanghai University (Unduh)
12. Dokumen penelitian akademik (mengacu standar departemen)

*Ctt: Dokumen yang tidak dalam bahasa China atau Inggris harus disertai terjemahan kedalam bahasa tersebut dari notaris atau departemen. Semua dokumen aplikasi discan ketika mendaftar.

Pendaftaran:
Universitas di Shanghai mulai menerima aplikasi beasiswa untuk Kelas A dan Kelas B mulai 30 Novemer 2022 s/d 15 Mei 2023. Permohonan beasiswa di Shanghai University 2023 - 2024 melalui program SGS dilakukan secara online. Pelamar terlebih dahulu melengkapi aplikasi online untuk beasiswa yang tersedia di laman study.edu.sh.gov.cn/en

Berikutnya lengkapi juga aplikasi online untuk pendaftaran kuliah ke Shanghai University (SHU) di laman apply.shu.edu.cn

Hasil seleksi beasiswa akan diberitahukan melalui laman Shanghai University pada pertengahan atau akhir Juni 2023. Sebelum mengajukan aplikasi, pelamar perlu membuat akun terlebih dahulu di laman tersebut. Selain itu dikenakan biaya untuk daftar kuliah sebesar RMB 500 yang sifatnya tidak bisa diminta kembali.

Kontak:

Shanghai International Students Service Center (Shanghai University)
No. 99 Shangda Road, BaoShan District, Shanghai, China.
[t] +86-21-66136615
[e S2/S3] apply8@oa.shu.edu.cn
[e S1] apply1@oa.shu.edu.cn
[w] https://apply.shu.edu.cn

Universitas:
Berikut beberapa universitas di Shanghai tempat pilihan studi: Fudan University, Shanghai Jiaotong University, Shanghai Jiaotong University School of Medicine, East Chine Normal University, Shanghai International Studies University, Tongji University, Shanghai University, Shanghai University of Finance & Economics, Shanghai University of Foreign Trade, Donghua University, Shanghai Teathre Academy, dan belasan perguruan tinggi lainnya.

Info Beasiswa S2 Dalam dan Luar Negeri
Lihat Peluang yang Sesuai Buat Kamu..!

Facebook Twitter