Daftar Beasiswa Erasmus Mundus Master/Doktor

Ratusan Beasiswa Erasmus Mundus atau sekarang disebut Erasmus Plus (Erasmus+) sudah ramai ditawarkan. Beasiswa tersebut tersedia melalui masing-masing konsorsium yang telah ditunjuk. Mahasiswa non Eropa, misalnya dari Indonesia sangat berpeluang memperoleh beasiswa Erasmus+ ini. Selain karena kuotanya cukup banyak (menyebar), umumnya beasiswa juga mempertimbangkan asal usul kandidat, misalnya dari negara berkembang, kategori berpenghasilan menengah ke bawah, belum pernah menetap/studi di Eropa, dll. 

Dua peluang beasiswa Erasmus Mundus sebelumnya, beasiswa IMRD dan EMLE adalah di antara dari sekitar 138 jenis beasiswa program master yang ditawarkan konsorsium. Sementara, ada puluhan beasiswa program doktor yang juga dibuka hampir bersamaan. Menjabarkan satu per satu di laman ini akan sangat tidak efektif karena keterbatasan deadline.

Beasiswa Erasmus Mundus ini bisa dilihat langsung melalui situsnya yang menyediakan daftar beasiswa Erasmus Mundus Master (Action 1 - EMMCs) dan beasiswa Erasmus Mundus doktor (Action 1 – EMJDs). Program master/doktor yang ditawarkan beragam, seperti teknik, manufaktur, konstruksi, humaniora, seni, ilmu sosial, bisnis, hukum, pertanian, peternakan, kesehatan, sains, matematika, dan komputer. Beberapa program yang ditawarkan konsorsium mungkin hampir serupa.

Beasiswa yang diperoleh nantinya sudah mencakup biaya kuliah, tunjangan bulanan, asuransi, biaya perjalanan, dll. Total yang diterima sekitar 24.000 Euro per tahun dan berlaku untuk kelipatan tahun berikutnya.

Persyaratan:
Mahasiswa/i:
1. Warga negara yang berasal dari negara-negara di luar Uni Eropa
2. Tidak terdaftar sebagai penduduk di Negara Anggota Uni Eropa manapun
3. Belum pernah melakukan kegiatan utamanya (kuliah, bekerja, dll) selama lebih dari 12 bulan dalam 5 tahun terakhir di Negara Anggota Uni Eropa
4. Telah menyelesaikan pendidikan tingkat S1. Bagi mereka yang telah mendapatkan gelar kesarjanaan pada tingkat akademik yang lebih tinggi juga dapat mendaftar pada Program Magister Erasmus Mundus, selama kriteria penerimaan untuk program tertentu memperbolehkannya
5. Telah diterima atau telah terdaftar pada sebuah Program Magister Erasmus Mundus

Akademisi:
1. Warga negara yang berasal dari negara-negara di luar Uni Eropa
2. Bukan terdaftar sebagai penduduk di Negara Anggota Uni Eropa manapun;
3. Belum pernah melakukan kegiatan utamanya (kuliah, bekerja, dll) selama lebih dari 12 bulan dalam 5 tahun terakhir di Negara Anggota Uni Eropa
4. Memiliki pengalaman akademik dan/atau profesional yang sangat baik;
5. Akademisi dan tenaga profesional yang mengajar atau melakukan penelitian.

*Lebih detil tersedia di masing-masing website konsorsium

Pendaftaran:
Pemohon dapat mendaftar langsung ke masing-masing website konsorsium. Umumnya dilakukan secara online dengan melengkapi dokumen yang mereka minta. Deadline pendaftaran bisa berbeda karena ini kebijakan masing-masing konsorsium. Begitu pun dengan persyaratan teknis. 

Tips dan saran:
1. Tetapkan terlebih dahulu jurusan, universitas, atau negara yang Anda minati
2. Lihat jumlah kuota beasiswa dari konsorsium. Semakin banyak lebih baik
3. Lihat apakah Anda memenuhi kriterianya
4. Salin alamat website, brosur, email, atau telpon,  untuk login/komunikasi sewaktu-waktu
5. Mendaftar lebih cepat lebih baik

Info Beasiswa S2 Dalam dan Luar Negeri
Lihat Peluang yang Sesuai Buat Kamu..!

Facebook Twitter