Beasiswa Erasmus Mundus 2015-2017 IMRD

Program beasiswa Erasmus Mundus 2015-2017 mulai bergulir. Salah satu tawarannya, Erasmus Mundus Joint Master Degree (EMJMD) Student Scholarships & IMRD. Beasiswa ini ditujukan bagi pelamar dari negara mitra Erasmus+, salah satunya Indonesia. Program yang bisa diambil adalah International Master of Science in Rural Development (IMRD). Yaitu program master untuk pembangunan pedesaan terpadu yang terfokus pada aspek sosial-ekonomi serta kelembagaan.

Program IMRD dapat ditempuh di beberapa universitas sekaligus yang berpartisipasi dalam konsorsium. Khusus beasiswa Erasmus Mundus di atas, studi berlangsung di Eropa dengan pilihan Ghent University (Belgia), Humboldt University of Berlin (Jerman), Agrocampus Ouest (Prancis), University of Pisa (Italia), Wageningen University (Belanda), dan Slovak University of Agriculture in Nitra (Slovakia). Perkuliahan berlangsung 2 tahun (120 ECTS) dan harus dijalani minimal satu semester dari pilihan universitas yang tersedia. Gelar yang diperoleh nantinya juga merupakan gelar bersama dari universitas yang diikuti.

Beasiswa yang diperoleh mencakup biaya kuliah untuk program IMRD selama dua tahun. Nilainya 9.000 Euro per tahun atau 18.000 Euro untuk studi dua tahun. Kemudian asuransi selama dua tahun, biaya kontribusi perjalanan dan instalasi sebesar 5 ribu Euro atau 7 ribu Euro, serta tunjangan bulanan sebesar 1.000 Euro atau 24.000 Euro selama 24 bulan.

Yang perlu dipahami, beasiswa Erasmus Mundus di atas tidak mencakup biaya visa, buku, akomodasi, serta biaya transportasi ke negara tujuan. Meski begitu, peluang ini sangat menarik karena telah memenuhi sebagian besar keperluan studi.

Persyaratan:
1. Pelamar merupakan warganegara dari negara mitra Erasmus+
2. Memenuhi persyaratan masuk IMRD dan secara akademis telah diterima oleh Dewan Manajemen IMRD untuk ikut serta di program IMRD (www.imrd.ugent.be).
3. Tidak memenuhi syarat bagi pelamar yang melakukan kegiatan utama (studi, kursus, bekerja) selama lebih dari 12 bulan dalam lima tahun terakhir di negara program Erasmus+
4. Tidak memenuhi syarat bagi pelamar yang pernah memperoleh beasiswa EMJMD, kuliah master Erasmus Mundus, atau beasiswa joint doctorate.
5. Tidak memenuhi syarat bagi pelamar yang menerima beasiswa lain yang didanai Uni Eropa selama ikut serta di program IMRD
6. Tidak memenuhi syarat bagi pelamar yang mendaftar lebih dari tiga program beasiswa EMJMD berbeda dalam tahun yang sama

Pendaftaran: 
Pengajuan beasiswa 2015-2017 dilakukan secara online dengan mengisi formulir aplikasi beasiswa Erasmus Mundus. Anda akan diminta mendaftar terlebih dahulu. Seleksi akan dilakukan oleh Dewan Manajemen IMRD untuk kemudian mendapat persetujuan Komisi Eropa. Pendaftaran online sudah harus dilakukan paling lambat 15 Maret 2015. Salinan berkas fisik (hard copy) diterima paling lambat 23 Maret 2015. Hasil seleksi akan disampaikan pada pertengahan April via email.

Info Beasiswa S2 Dalam dan Luar Negeri
Lihat Peluang yang Sesuai Buat Kamu..!

Facebook Twitter