Beasiswa Timur Tengah 2018 – 2019

Kementerian Agama RI kembali membuka seleksi mahasiswa baru program S1 ke Timur Tengah. Negara tujuan yakni, Mesir, Sudan, Maroko, dan Libanon. Yang menarik, disediakan beasiswa bila lolos seleksi dengan peringkat teratas. Seleksi mahasiswa baru sekaligus beasiswa Timur Tengah 2018 – 2019 ini pendaftarannya kini dibuka. Bagi Anda yang berminat, pendaftaran dilakukan secara online.

Persyaratan dan Ketentuan Mengikuti Seleksi:
1. Mengisi formulir pendaftaran online melalui website : diktis.kemenag.go.id
2. Pas foto warna ukuran 3 x 4 sebanyak 2 lembar
3. Melampirkan legalisir ijazah Madrasah Aliyah/SMA/Ponpes/Muadalah/Kejar Paket C atau yang sederajat dari lembaga setempat dengan ketentuan sebagai berikut:
   a. Usia ijazah tidak lebih dari 3 (tiga) tahun, dan khusus bagi pendaftar ke Maroko usia ijazah tidak lebih dari 1 (satu) tahun
   b. Bagi yang belum memiliki ijazah, harus melampirkan surat keterangan lulus dari Madrasah Aliyah/SMA/Ponpes/Muadalah/Kejar Paket C atau yang sederajat dari lembaga bersangkutan
4. Semua persyaratan (dalam bentuk hard copy) harus diserahkan langsung ke lokasi pendaftaran sebelum pelaksanaan seleksi, paling lambat pada tanggal  11 Mei 2018
5. Peserta harus mengikuti seleksi sesuai dengan lokasi pilihan pendaftaran yang dipilih 

Dokumen aplikasi:
1. Pas Foto berwarna ukuran 3x4 sebanyak 2 lembar.
2. Melampirkan legalisir ijazah Madrasah Aliyah/SMA/Ponpes/Muadalah/Kejar Paket C atau yang sederajat dari lembaga setempat dengan ketentuan sebagai berikut:
   - Usia ijazah tidak lebih dari 3 (tiga) tahun, dan khusus bagi pendaftar ke Maroko usia ijazah tidak lebih dari 1 (satu) tahun.
   - Bagi yang belum memiliki ijazah, harus melampirkan surat keterangan lulus dari Madrasah Aliyah/SMA/Ponpes/Muadalah/Kejar Paket C atau yang sederajat dari lembaga yang bersangkutan.
3. Semua persyaratan (dalam bentuk hard copy) harus diserahkan langsung ke lokasi pendaftaran sebelum pelaksanaan seleksi pada tanggal, 10-11 Mei 2018.  

Simak juga » Daftar Beasiswa S1 Dalam dan Luar Negeri Terbaru

Pendaftaran:
Pelamar dapat melakukan pendaftaran secara online melalui diktis.kemenag.go.id mulai 1 – 10 Mei 2018. Ujian seleksi akan dilakukan pada Sabtu, 12 Mei 2018. Meliputi tes tulis dan tes lisan mulai pukul 8.00 WIB atau 9.00 WITA. 

Tempat Pelaksanaan Seleksi: 
1. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta; Jl. Ir. H. Juanda No.95 Ciputat Tangerang Selatan
2. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta; Jl. Marsda Adi Sucipto Yogyakarta
3. UIN Alauddin Makassar; Jl. Samata Gowa Sulawesi Selatan
4. UIN Raden Fatah Palembang; Jl. Jend. Sudirman Km. 31/2 Palembang Sumatera Selatan
5. UIN Sultan Syarif Kasim Pekanbaru; Jl. H. R. Soebrantas No. 155 Km. 18 Simpang Baru Panam Peanbaru Riau
6. UIN Sumatera Utara; Jl. Williem Iskandar Pasar V Medan Estate Medan
7. UIN Ar Raniry Banda Aceh; Jl. Syeikh Abdul Rauf Kopelma Darussalam Banda Aceh
8. UIN Antasari Banjarmasin; Jl. Ahmad Yani Km. 4,5 Banjarmasin Kalimantan Selatan
9. UIN Sunan Ampel Surabaya; Jl. Ahmad Yani No.117 Surabaya
10. UIN Sunan Gunung Djati Bandung; Jl. A.H. Nasution No. 105, Cipadung, Cibiru, Kota Bandung, Jawa Barat
11. Pondok Pesantren Modern Darussalam Gontor; Desa Gontor, Mlarak, Gontor, Mlarak, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur 6

Materi ujian:
1. Ujian tulis (menggunakan bahasa Arab) meliputi: bahasa Arab  (memahami teks, tata bahasa, dan insya’) dan pengetahuan Agama Islam
2. Ujian lisan (menggunakan bahasa Arab) meliputi: bahasa Arab (percakapan, terjemah, dan pemahaman teks) dan hafalan/bacaan Alquran minimal 2 Juz

Pemberitahuan hasil seleksi akan diumumkan Kementerian Agama pada 1 Juli 2018 melalui website diktis.kemenag.go.id. Jadi, peserta yang mengikuti tes bisa melihat pengumumannya pada tanggal itu.

Informasi lebih lanjut terkait seleksi mahasiswa baru dan beasiswa Timur Tengah 2018 – 2019 dapat menghubungi telp. 3812344 ext. 326 atau email: seksi.kerjasamadiktis@kemenag.go.id

Tidak semua mereka yang lolos seleksi memperoleh beasiswa. Hanya yang terbaik saja. Namun, pengalaman mahasiswa Indonesia di sana, biaya kuliah di tiga negara Timur Tengah tersebut relatif murah. Bahkan, di Mesir biaya kuliah gratis. Hanya biaya hidup yang perlu ditanggung.

Info Beasiswa S2 Dalam dan Luar Negeri
Lihat Peluang yang Sesuai Buat Kamu..!

Facebook Twitter