Beasiswa D3 ke S1 – Transfer Kredit

Peluang beasiswa transfer kredit dari D3 ke S1 memang tidak seramai beasiswa freshmen untuk mereka dari lulusan SLTA ke S1. Seattle University salah satu yang menawarkan beasiswa diploma ke S1 ini. Nama programnya Merit Scholarships for International Transfer Students. Dibuka setiap tahun dan saat ini tersedia untuk musim gugur 2015. Dari namanya bisa ditebak bahwa beasiswa D3 ke S1 yang ditawarkan Seattle University merupakan beasiswa prestasi. Tapi yang menarik, beasiswa ditujukan bagi kandidat internasional, sehingga terbuka peluang bagi siapa saja untuk mendapatkan beasiswa transfer kredit ini. 

Beasiswa disediakan dalam tiga skema. Pertama, Messina Scholarship. Nilainya $15.000 per tahun akademik. Untuk mendapatkannya pelamar disyaratkan memiliki IPK 3.75 – 4.0 ketika diploma. Kedua, Xavier Scholarship. Penerimanya mendapatkan $12.000 per tahun akademik dengan syarat IPK 3.5 – 3.74 saat akan melakukan transfer kredit. Terakhir Loyola Scholarship. Beasiswa ketiga ini menyediakan dana $9.000 per tahun bagi penerimanya. Syaratnya IPK saat akan melakukan transfer atau lulus diploma 3.25 – 3.49. 

Nominal beasiswa yang diperoleh dapat diperbarui sesuai jumlah tahun yang tersisa untuk menyelesaikan gelar. Siswa tentunya harus memperlihatkan capaian prestasi akademik yang memuaskan dengan nilai IPK yang telah ditentukan serta menyelesaikan jumlah kredit yang telah disyaratkan per tahunnya. 

Persyaratan: 
1. Mahasiswa internasional yang diterima transfer full-time serta memiliki sekurangya 36 jam kredit yang bisa ditransfer setelah lulus SLTA. 
2. Mahasiswa internasional adalah mereka yang bukan warganegara AS atau penduduk tetap dan biasanya memerlukan visa untuk belajar di Amerika Serikat. 
3. Memenuhi persyaratan IPK yang ditetapkan Seattle University 

Pendaftaran: 
Pelamar dapat mendaftar terlebih dahulu ke Seattle University pada aplikasi transfer online (pilih Seattle University Transfer Application pada Transfer applications). Kemudian lengkapi beberapa dokumen yang diperlukan. Silakan mendaftar terlebih dahulu jika belum memiliki akun. Biaya aplikasi transfer kredit ini sebesar $55. 

Berikutnya siapkan salinan transkrip akademik ketika diploma, seperti ijazah dan IPK dan juga bukti kemampuan bahasa Inggris (Skor TOEFL iBT: 92, TOEFL PBT: 580, PTE: 63, atau IELTS: 7.0). Kemudian deklarasi keuangan (formulir tertera pada aplikasi transfer online). Ada baiknya juga melampirkan terjemahan resmi dokumen ke dalam bahasa Inggris jika dokumen aslinya menggunakan bahasa Indonesia. 

Lalu kirimkan semuanya ke: 

Seattle University
Undergraduate Admissions Office
901 12th Ave
PO Box 222000
Seattle, WA 98122-1090

Pemohon transfer kuartal musim gugur diwajibkan memperoleh surat penerimaan mereka serta melakukan setoran (biaya aplikasi) paling lambat 1 Mei. Mereka yang diterima setelah 1 April wajib menyerahkan konfirmasi setoran dalam waktu 30 hari dari tanggal surat penerimaan mereka. 

Deadline: 
Pendaftaran transfer kredit sekaligus beasiswa untuk mahasiswa internasional di kuartal musim gugur paling lambat 10 Desember untuk Keperawatan, 5 Januari untuk Diagnostic Ultrasound, dan paling lambat 1 Maret untuk semua program transfer lainnya. Pemberitahuan hasil seleksi beasiswa akan dikirim pada April.

Selanjutnya pada Agustus para pemegang visa F-1 harus menyerahkan laporan rekening bank terbaru dalam waktu 3 bulan terakhir. Informasi teknis lainnya ada baiknya disimak melalui laman Seattle University (www.seattleu.edu). Selamat mencoba!
Facebook Twitter