Beasiswa Riset di Jerman – WZB-ISSC

Kesempatan beasiswa ini terbuka buat Anda yang ingin melakukan riset di Jerman. WZB-ISSC Global Fellowship Program. Yaitu beasiswa riset yang ditujukan bagi para ilmuan di negara-negara berkembang yang baru memulai karir mereka. Beasiswa ini merupakan join antara International Social Science Council (ISSC) dan WZB Berlin Social Science Center. Para kandidat terpilih akan melakukan riset antara 4 hingga 6 bulan pada 2016 yang berlangsung di WZB Berlin Social Science Center, Jerman. 

WZB Berlin Social Science Center merupakan salah satu lembaga riset non universitas terbesar di Eropa. Lembaga ini melakukan penelitian ilmu sosial dasar dengan fokus pada masalah-masalah masyarakat modern di era globalisasi. 

Beasiswa riset di Jerman ini meliputi dana hibah hingga enam bulan dengan nilai setara untuk peneliti postdoctoral di Jerman. Kemudian disediakan akomodasi lokal hingga 500 Euro per bulan, tiket penerbangan pp ke Berlin, ruang kerja (dilengkapi PC, internet dan akses email, telepon), serta perpustakaan lengkap. Selain itu ada pula keistimewaan dan layanan teknis tambahan. 

Persyaratan: 
1. Peneliti postdoctoral dengan pengalaman kerja tidak lebih dari 5 tahun atau ilmuan tanpa gelar PhD namun memiliki pengalaman riset dan hasil yang setara.   
2. Berada dan bekerja di negara berkembang 
3. Melakukan penelitian hingga enam bulan pada 2016 di WZB 
4. Proyek penelitian harus fokus pada masalah sosial global dengan relevansi khusus untuk konteks negara berkembang
5. Selain itu, harus dikaitkan dengan penelitian yang dilakukan di WZB
6. Sangat dianjurkan untuk peneliti perempuan
Dokumen aplikasi: 
1. Surat motivasi, termasuk waktu yang disukai untuk melakukan penelitian di WZB di 2016, serta penjelasan perbedaan tinggal yang akan membuat karir pribadi mereka serta institusi asal mereka (maksimum 1 halaman) 
2. Proposal penelitian singkat (termasuk judul) selama menetap, serta ikhtisar utama dari penelitian dan kontribusi mengajar, yang menunjukkan bahwa itu berhubungan dengan topik penelitian di WZB. Kandidat juga harus membahas relevansi sosial dari penelitian mereka (maksimum 1.000 kata). 
3. Curriculum vitae, termasuk informasi pendidikan, publikasi, partisipasi pada proyek penelitian dan jaringan kerja, pengalaman mengajar, anugerah dan penghargaan yang diterima, serta pengalaman yang berkaitan lainnya. 
4. Dua surat rekomendasi dari rekan-rekan senior saat ini atau masa lalu 
5. Bukti kemampuan bahasa Inggris 
6. Persetujuan dari institusi asal untuk penelitian di Jerman jika terpilih (berlaku hanya jika calon bekerja selama periode beasiswa yang diusulkan)

Pendaftaran: 
Siapkan dokumen dalam format Pdf kemudian kirim melalui email : international.affairs@wzb.eu

Aplikasi sudah harus diterima paling lambat 30 Oktober 2015. Informasi lebih lanjut dapat dilihat di laman ISSC (www.worldsocialscience.org) atau jika ada pertanyaan dapat mengajukan melalui email yang tertera. 
Facebook Twitter