Beasiswa ASEAN untuk Indonesia di Singapura

Singapura memiliki beragam pilihan beasiswa yang tersedia bagi pelajar Indonesia. Tidak saja jenjang perguruan tinggi, bahkan untuk tingkat SMP – SMA, negeri Singa ini juga royal memberikan beasiswa. Salah satu yang cukup rutin ditawarkan adalah ASEAN Scholarships for Indonesia. Beasiswa ASEAN yang ditawarkan langsung Kementerian Pendidikan Singapura (MOE).

Seperti periode sebelumnya, beasiswa ASEAN untuk Indonesia disediakan bagi para pelajar yang saat ini duduk di bangku SMP (Secondary School) dan akan melanjutkan pendidikan hingga jenjang SMA (Pre University) di Singapura. Pendidikan jenjang SMP – SMA ini akan dimulai pada tahun akademik 2020.

Penerima Beasiswa ASEAN 2021 akan diberikan beasiswa penuh yang mencakup tunjangan tahunan. Di periode sebelumnya sebesar S$ 2.200 (± Rp 21 juta) untuk Secondary dan S$ 2.400 (± Rp 23 juta) untuk Pre University.  Kemudian disediakan fasilitas asrama, tunjangan penyesuaian sebesar S$ 400 (± Rp 3,9 juta) yang diberikan saat pertama kali tiba, tiket penerbangan kelas ekonomi ke Singapura, tanggungan biaya sekolah, tanggungan biaya ujian GCE O-level dan A-level, serta subsidi fasilitas kesehatan dan asuransi kecelakaan. Tentunya, pendidikan juga akan berlangsung di sekolah-sekolah berkualitas di Singapura.

Beasiswa akan diberikan selama empat tahun. Dua tahun pertama untuk mengambil/penyetaraan secondary school dan dua tahun berikutnya untuk pre university di junior college Singapura. Sistem pendidikan Singapura memang sedikit berbeda. Secondary school berlangsung 4-5 tahun, sementara pre university hanya dua tahun.

Simak juga » Beasiswa S2 di Jerman Full untuk Indonesia

Para penerima beasiswa SMP – SMA 2021 di Singapura akan memulai sekolah di tingkat secondary 3 atau kelas 3 SMP. Setelah menyelesaikan tingkat empat diikuti dengan ujian GCE O-level. Selanjutnya masuk ke pre university. Setelah dua tahun menjalani pre university diikuti ujian GCE A-level.

Persyaratan:
1. Warganegara Indonesia
2. Lahir antara 2004 sampai 2006
3. Duduk di kelas 3 SMP dan telah mengikuti ujian akhir nasional (UAN)
4. Memiliki prestasi cemerlang di sekolah
5. Mahir berbahasa Inggris
6. Berperan aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler

Simak juga » Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi

Informasi yang diperlukan:
1. Latar belakang pendidikan
2. Hasil ujian dua tahun terakhir
3. Latar belakang keluarga
4. Prestasi luar biasa yang diperoleh dua tahun terakhir
5. Kegiatan ekstrakurikuler di sekolah dua tahun terakhir

Pendaftaran:
Pelamar yang ingin mendaftar Beasiswa ASEAN 2021 di Singapura bisa mengajukan permohonan secara online mulai 20 Mei s/d 26 Juni 2020. Buat akun di laman ASEAN Scholarships sebelum mengajukan aplikasi. Siapkan informasi yang dibutuhkan di atas saat melengkapi aplikasi online.

Bagi kandidat yang masuk pemeringkatan akan berkesempatan untuk mengikuti tes dan wawancara. Pemberitahuan tersebut akan disampaikan paling lambat satu minggu sebelum tes berlangsung. Kegiatan tes dan wawancara untuk menjaring kandidat dilakukan di beberapa kota, yaitu Jakarta, Surabaya, dan Singapura.

Jadwal Beasiswa ASEAN 2021:
Periode aplikasi                 : 20 Mei – 26 Juni 2020
Seleksi tes                         : Agustus 2020
Seleksi wawancara            : September 2020
Pengumuman pemenang     : Oktober 2020
Kedatangan ke Singapura  : Akhir Oktober 2020

Informasi lebih lanjut mengenai pengajuan beasiswa ASEAN di Singapura bisa disampaikan melalui pusat layanan customer +65 6872 2220 atau kunjungi laman ASEAN Scholarships (www.moe.gov.sg). Semoga berhasil!

Info Beasiswa S2 Dalam dan Luar Negeri
Lihat Peluang yang Sesuai Buat Kamu..!

Facebook Twitter