Beasiswa S2 di Jerman Full untuk Indonesia

Bila Anda salah satu yang mengincar beasiswa S2 di Jerman yang ditanggung full, program beasiswa ini mungkin cocok untuk Anda. Namanya Master’s Scholarships for Public Policy and Good Governance atau sering disingkat dengan beasiswa PPGG. Dikenal juga dengan Helmut-Schmidt-Programme. Beasiswa ini salah satu program rutin yang ditawarkan Dinas Pertukaran Akademis Jerman (DAAD) dan Indonesia menjadi bagian dari sasaran pemberian beasiswa.

Beasiswa PPGG 2024 memberikan kesempatan untuk mengambil gelar S2 di bidang kebijakan publik dan tata kelola pemerintahan, studi pembangunan, politik, manajemen publik, dll. Beasiswa ini bisa dilamar bagi mereka yang belum memiliki pengalaman kerja profesional ataupun yang sudah bekerja dan berada di jenjang karir profesional menengah. Pelamar yang bisa mendaftar adalah para lulusan S1/sederajat di bidang ilmu sosial, ilmu politik, hukum, ekonomi, kebijakan publik, dan administrasi.

Kandidat yang dicari adalah para lulusan sarjana dengan hasil prestasi memuaskan serta bersedia berkontribusi secara aktif pada pembangunan sosial dan ekonomi di negara asalnya. Perkuliahan akan dimulai pada September atau Oktober 2024 menggunakan bahasa Jerman atau Inggris (sesuai tawaran program).

Apa saja yang disediakan Beasiswa PPGG DAAD 2024 ini? Penerima beasiswa akan memperoleh tunjangan bulanan sebesar 934 Euro (± Rp 14,9 juta), asuransi kesehatan di Jerman, Kemudian juga diberikan tunjangan perjalanan, subsidi studi dan riset, subsidi sewa bulanan, termasuk tunjangan keluarga jika memenuhi syarat. Yang menarik juga, penerima beasiswa S2 Jerman ini akan dibebaskan dari biaya pendidikan dari pilihan universitas yang ditetapkan Helmut-Schmidt-Programme. €

Simak juga » Beasiswa DAAD EPOS Jerman Full S2, S3

Sebelum menjalani program master, penerima beasiswa terlebih dahulu akan menjalani kursus bahasa Jerman selama enam bulan. Kursus bahasa Jerman tersebut berlangsung di salah satu institusi di Jerman (bukan di universitas) dan berlaku bagi semua penerima beasiswa, baik mereka yang mengambil kuliah dengan bahasa pengantar Inggris atau Jerman. Selain itu, kandidat juga ditawarkan bimbingan khusus di institusi yang dipilih dan dibiayai oleh DAAD.

Persyaratan:
• Lulusan dari negara berkembang (sarjana atau sederajat):
- Dengan gelar universitas yang berkualitas baik dan nilai di atas rata-rata (sepertiga atas) dalam Ilmu Sosial dan Politik, Hukum, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Administrasi
- Bersedia untuk secara aktif memberikan kontribusi bagi pembangunan sosial, politik dan ekonomi negara/daerah asal mereka
- Telah memiliki pengalaman praktis yang relevan dengan program (pengalaman profesional, magang, komitmen politik/sosial)

Ctt: Semua perkuliahan master memiliki persyaratan tambahan lebih lanjut yang harus dipenuhi pelamar

Simak juga » Beasiswa S2 Luar Negeri untuk Indonesia

Dokumen aplikasi:
1. Ceklis dan daftar kriteria yang telah dicentang, ditandatangani dengan tangan (jangan disisipkan tanda tangan yang dipindai), menunjukkan tempat serta tanggal dimuat (Unduh)
2. Formulir aplikasi DAAD (unduh)
3. Surat motivasi yang berisi alasan pribadi ingin berpartisipasi dalam Helmut-Schmidt Programme, serta penjelasan rinci mengenai pilihan program master, yang menunjukkan mengapa program master pertama yang dipilih merupakan pilihan pertama, serta mengapa jurusan master kedua yang dipilih merupakan pilihan kedua. Serta bagaimana hal tersebut akan memajukan Anda secara akademis dan profesional (Maksimum 2 halaman)
4. Curriculum Vitae (CV) lengkap ditandatangani (bisa menggunakan template Europass)
5. Salinan ijazah terakhir (sertakan terjemahan resminya bila aslinya tidak berbahasa Jerman atau Inggris)
6. Salinan transkrip nilai terakhir, termasuk penjelasan tentang sistem penilaian disertakan (sertakan terjemahan resminya bila aslinya tidak berbahasa Jerman atau Inggris)
7. Surat keterangan tertulis untuk setiap pengalaman kerja, magang atau pengalaman profesional. Ini harus dicetak di atas kertas berkop, termasuk: tanda tangan, tanggal penerbitan dan stempel; dan/atau bukti kegiatan politik atau layanan kepada komunitas, seperti menjadi sukarelawan atau bekerja untuk badan amal atau LSM, jika mungkin di atas kertas berkop, ditandatangani, diberi tanggal dan dicap. Jika perlu, sertakan terjemahan resminya.
8. Sertifikat kemampuan bahasa Inggris
9. Surat rekomendasi terbaru dari atasan atau dari dosen universitas jika Anda seorang mahasiswa, dengan tanggal dan tanda tangan, kop surat dan stempel.
Simak juga » Beasiswa LPDP Jenjang S2, S3 Dalam dan Luar Negeri

Pendaftaran:
Aplikasi beasiswa DAAD dikirimkan langsung oleh pelamar ke program master dari universitas yang diminati. Bisa menggunakan bahasa Jerman atau Inggris. Jika dokumen aplikasi tidak ditulis dalam bahasa tersebut silakan lampirkan terjemahan resminya menggunakan jasa penerjemah tersumpah atau dari kampus.

Pelamar diperbolehkan mengirimkan aplikasi beasiswa hingga dua universitas sekaligus (tertera di bawah) dengan program studi berbeda. Ada tujuh pilihan jurusan dari enam universitas Jerman yang berpartisipasi. Di formulir aplikasi dan motivation letter nanti sebutkan prioritas studi pertama dan kedua. Kemudian kirimkan formulir aplikasi beserta dokumen lainnya tersebut ke masing-masing universitas yang dilamar.

Deadline beasiswa ditetapkan masing-masing program master yang dilamar. Pengajuan beasiswa PPGG DAAD dimulai antara 1 Juni - 31 Juli 2023. Bisa dilihat di website tertera.

Nantinya usulan pihak unveristas yang masuk ke pihak DAAD akan diseleksi kembali dan kandidat akan dihubungi langsung oleh pihak DAAD untuk mengunggah kembali aplikasi lengkap beasiswa PPGG ke Portal DAAD. Pastikan Anda tetap memiliki salinan dari tiap dokumen dalam format PDF untuk diunggah nantinya.

Simak juga » Info Beasiswa S1, S2, S3 Dalam dan Luar Negeri

Setelah proses seleksi dilakukan, hasilnya akan diberitahu ke semua pelamar paling lambat akhir Desember 2023. Informasi lebih lanjut dapat dilihat di www.daad.de.

Program master serta alamat website aplikasi:
1.  Hochschule Bonn-Rhein-Sieg: Social Protection
Pengantar: bahasa Inggris, durasi program: 4 semester
Konsep belajar campuran:
Semester 1 di universitas
Semester 2 online biasanya di Jerman atau negara asal/negara berkembang
Semester 3 praktek di Jerman atau di negara asal atau di negara ketiga
Semester 4 online untuk mempersiapkan tesis master di negara asal atau negara berkembang lainnya.

Pendaftaran online:
https://www.h-brs.de/en/sv/master/social-protection
Email: msc-socialprotection@h-brs.de
 
2. Universität Duisburg-Essen: Development and Governance
Pengantar: Bahasa Inggris, durasi program: 2 semester
Pendaftaran online:
http://www.ma-dev-gov.de
Email: ma-devgov@uni-due.de

3. Willy Brandt School of Public Policy at the University of Erfurt: Public Policy
Pengantar: bahasa Inggris, durasi program: 4 semester
Pendaftaran online:
https://www.uni-erfurt.de/en/brandtschool/studies/admissions/scholarships#c42048
Email: admissions-mpp@uni-erfurt.de

4. Universität Magdeburg: Peace and Conflict Studies
Pengantar: Bahasa Inggris, durasi program: 4 semester
Pendaftaran online:
https://www.pacs.ovgu.de/Study+Programme.html
Email: pacs@ovgu.de

5. Hochschule Osnabrück: Management in Non-Profit-Organisationen
Pengantar: Inggris, durasi program: 4 semester
Pendaftaran online:
https://www.hs-osnabrueck.de/en/study/study-offerings/master/management-in-nonprofit-organisations-ma/
Email: ppgg@hs-osnabrueck.de

6. University of Passau: Development Studies
Pengantar: Bahasa Inggris, durasi program: 4 semester
Pendaftaran online:
https://www.uni-passau.de/en/ma-devstudies/
Email: information.ppgg@uni-passau.de

7. University of Passau: Governance and Public Policy
Pengantar: Bahasa Inggris dan Jerman, durasi program: 4 semester
Pendaftaran online:
https://www.uni-passau.de/en/ma-govern/
Email: information.ppgg@uni-passau.de

Info Beasiswa S2 Dalam dan Luar Negeri
Lihat Peluang yang Sesuai Buat Kamu..!

Facebook Twitter