Beasiswa Studi Korea (AKS) untuk Mahasiswa S1 Tanah Air

Ada beragam beasiswa S1 tersedia di luar negeri bagi mahasiswa di Tanah Air. Misalnya yang ditawarkan Academy of Korean Studies (AKS) untuk Studi Korea. Beasiswa ini ditujukan bagi mahasiswa S1 yang sedang mengambil Jurusan Korea atau matakuliah yang berhubungan tentang Korea. Nama programnya The 27th & The 28th AKS Summer Program for International Students. Mahasiswa terpilih nantinya akan menjalani kuliah singkat pada musim panas di Korea, berdurasi 3 pekan. Berbeda dari tahun sebelumnya hanya satu periode, kali ini digelar dua periode, yakni periode ke-27 berlangsung mulai 8 Juli - 26 Juli 2019 dan periode ke-28 mulai 3 Agustus - 23 Agustus 2019.

Program yang diikuti nantinya terdiri dari perkuliahan khusus mengenai Korea, kursus intensif bahasa Korea, karyawisata, serta kegiatan budaya tradisional. Kegiatan perkuliahan nantinya berlangsung dalam bahasa Inggris dan Korea. Karena itu, para pelamar disarankan memiliki keterampilan dasar berbahasa Korea.

Biaya yang ditanggung oleh beasiswa studi Korea dari AKS meliputi biaya pendaftaran, akomodasi, makan, serta biaya kunjungan lapangan dan wisata.

Biaya yang ditanggung sendiri oleh penerima beasiswa, di antaranya adalah tiket pesawat pulang pergi, biaya transportasi antara bandara dan AKS, serta asuransi kesehatan.

Persyaratan:
▪ Mahasiswa S1 yang duduk di tahun kedua atau lebih yang berasal dari universitas (selain Korea) yang mengambil jurusan atau mata kuliah Studi Korea. Dan/atau mereka yang mengambil mata kuliah yang berkaitan tentang Korea.

Simak juga » Pendaftaran Beasiswa Korea untuk S1, S2, S3

Dokumen aplikasi:
1. Formulir aplikasi program AKS ke-27 (Unduh), program AKS ke-28 (Unduh)
2. Transkrip resmi dari universitas
3. Lembar keterampilan berbahasa Korea (tertera di formulir aplikasi No.7)
4. Satu (1) surat rekomendasi: tertandatangan pemberi rekomendasi
5. (Opsional) Laporan skor tes keterampilan bahasa Korea (TOPIK)

*Semua dokumen aplikasi harus ditulis dalam bahasa Korea atau Inggris. Jika tidak, terjemahan dokumen dalam bahasa Korea atau Inggris harus disertakan.

Pendaftaran:
Pertama, tentukan dahulu program AKS mana yang mau diikuti, apakah AKS yang ke-27 atau 28. Setelah itu lengkapi formulir beserta semua dokumen aplikasi yang diminta lainnya. Buat jadi satu (1) file PDF (digabung). Kemudian kirim ke email: ryu@aks.ac.kr

Buat judul email seperti format ini:
1) Application Documents for the 27th AKS Summer Program for Internasional Students_Name of the Applicant
2) Application Documents for the 28th AKS Summer Program for Internasional Students_Name of the Applicant

Pada bagian “Name of the Applicant” ganti dengan nama Anda.

Pendaftaran dibuka mulai 21 Januari s/d 22 Februari 2019 pukul 24.00 waktu Korea. Hasil seleksi akan diberitahukan secara individual melalui e-mail masing-masing pada tanggal 29 Maret 2019. Semoga berhasil!

Kontak:
Ms. Jihee Ryu (Program Coordinator)
Phone: +82-31-739-9715
E-mail: ryu@aks.ac.kr
Web: http://intl.aks.ac.kr
Facebook Twitter Google