10 Cara Memilih Bimbel Online Bahasa Inggris yang Tepat

Hambatan bahasa seringkali menjadi kendala mewujudkan impian melanjutkan studi. Sebut saja misalnya ketika akan melanjutkan kuliah di luar negeri. Umumnya kampus menerapkan syarat fasih bahasa Inggris atau bahasa resmi di negara mereka. Belum lagi syarat minimum TOEFL/IELTS yang biasanya diminta ketika aplikasi pendaftaran mau diajukan. Hal ini tentu membuat pelamar harus menyiapkan persyaratan tersebut lebih awal, salah satunya dengan cara ikut bimbel online bahasa Inggris.



Mengikuti bimbel online memang lebih praktis. Tidak terikat dengan tempat, serta waktu yang bisa disesuaikan. Cukup dari rumah Anda sudah bisa menghadiri kursus secara daring. Pilihan bimbel online saat ini juga sangat banyak. Mereka menawarkan beragam pilihan topik keahlian. Karenanya, memilih bimbel online yang tepat menjadi keniscayaan. Terutama bagi Anda yang benar-benar serius ingin mendalami keahlian pada bidang tersebut.

Nah, bagi Anda yang ingin mengikuti bimbel online untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, berikut diulas 10 cara memilih bimbel online bahasa Inggris yang tepat sebelum mendaftar.

1. Terpercaya
Hal pertama yang perlu Anda perhatikan dalam memilih bimbel online adalah mengetahui kredibilitas penyedia bimbel online. Tentu Anda tidak ingin mendapatkan materi yang seadanya dengan kualitas pengajar yang biasa-biasa saja. Cari tahu terlebih dahulu apakah bimbel online yang akan Anda ikuti telah mendapatkan kepercayaan dari penggunanya. Semakin positif penilaian pengguna, menunjukkan tingkat kepercayaan yang juga lebih baik terhadap penyedia bimbel online tersebut.

2. Berkualitas
Perihal kedua yang juga sangat penting Anda pertimbangkan sebelum mengikuti bimbel online adalah kualitas dari layanan bimbel online. Apakah mereka menyediakan jasa sesuai yang Anda butuhkan. Misalnya ketika mengikuti bimbel online bahasa Inggris, coba cari tahu materi apa saja yang disediakan, bagaimana kualifikasi pengajarnya, serta metode yang digunakan untuk menyampaikan materi kepada peserta. Sebelum mendaftar, tidak ada salahnya untuk bertanya terlebih dahulu kepada pengajarnya, karyawan admisi, atau kepada mereka yang pernah ikut di program bimbel online yang dimaksud.

bimbel online, bimbel, bimbingan belajar, tips bimbel, cara bimbel online, bimbel online bahasa inggris, bimbel bahasa inggris, kursus online, kursus bimbel, bimbel online terbaik
3. Harga Bersaing
Setelah melihat bagaimana kepercayaan pengguna serta kualitas sebuah program bimbel online, perihal lain yang juga menjadi pertimbangan adalah harga atau tarif bimbel. Tidak selalu harga menentukan kualitas, namun kualitas yang baik juga mempengaruhi harga sebuah bimbel online. Mungkin yang perlu Anda pahami adalah apakah tarif bimbel online yang dikenakan sudah sebanding dengan layanan ditawarkan. Kemudian apakah harganya masih wajar dan bersaing dibandingkan dengan bimbel online lain yang serupa. Anda mungkin perlu membandingkan sebelum memutuskan mendaftar.

4. Banyak Pilihan Tutor
Pertimbangan selanjutnya yang bisa Anda lakukan saat memilih bimbel online adalah mengetahui seberapa banyak tutor atau pengajar yang tersedia pada program bimbel tersebut. Pilihan pengajar yang beragam memberi Anda kesempatan lebih untuk menentukan tutor yang tepat. Dengan banyaknya pilihan tutor, peserta bimbel bisa membandingkan pengajar yang satu dengan lainnya. Umumnya penyedia bimbel online saat ini menyediakan sejumlah pilihan tutor. Sehingga Anda bisa memilih pengajar yang dirasa sesuai.

5. Metode Mengajar
Pertimbangan satu ini mungkin tidak terlalu terperhatikan. Padahal metode mengajar akan berpengaruh signifikan pada hasil yang akan dicapai. Mulailah untuk mengetahui secara jelas bagaimana materi bimbel disampaikan kepada Anda. Apakah metode yang digunakan tutor sudah memudahkan Anda memahami pelajaran yang diberikan nantinya. Atau justru akan menyulitkan Anda. Cobalah tanyakan terlebih dahulu sebelum mengawali bimbel online. Anda bisa berdiskusi kepada tutor mengenai metode mengajar yang sesuai.

6. Fleksibel
Maksudnya adalah bimbel online bisa Anda ikuti tanpa mengganggu kesibukan yang lain. Jika Anda seorang pekerja misalnya, tentu akan menyulitkan bila bimbel online berlangsung pada saat Anda sedang kerja. Karenanya, tentukan terlebih dahulu waktu luang yang Anda miliki dan lihat apakah bimbel online menyediakan jam untuk waktu luang Anda tersebut. Fleksibilitas bimbel online bisa Anda pertimbangkan sebelum memutuskan apakah ikut ke program mereka atau tidak.

7. Tepat waktu
Pada umumnya bimbel online menawarkan jam mengajar tepat waktu. Namun, tidak ada salahnya untuk mencari tahu lebih jauh. Salah satunya adalah bertanya ke alumni yang pernah mengikuti program bimbel online yang dimaksud. Mungkin mereka bisa menceritakan pengalaman selama mengikuti bimbel dan itu bisa menjadi pertimbangan. Tepat waktu dalam mengajar, meskipun daring sangat penting agar tidak mengganggu jadwal yang lain atau malah sebaliknya mengorbankan bimbel itu sendiri.

8. Punya Progress
Anda tentu tidak ingin selama mengikuti bimbel tidak mendapati hasil yang signifikan. Kemajuan yang bakal Anda capai mestinya sudah tergambar sejak awal. Karena itu, cobalah mengulik lebih jauh progress apa yang bisa Anda raih dari bimbel online yang diikuti. Misalnya setelah mengikuti sekian kali pertemuan, kemampuan bahasa Inggris Anda menjadi lebih fasih atau pemahaman Anda tentang struktur kalimat semakin baik, dll.

9. Bisa Pilih Materi
Salah satu alternatif menentukan bimbel online yang tepat adalah adanya pilihan materi yang akan disampaikan di kelas online. Mungkin tidak semua bimbel online menyediakannya. Namun, dengan memberikan pilihan materi tersebut, peserta bisa menyesuaikan dengan kebutuhannya. Jika pengajar menyediakan silabus sebelum memberi materi, cobalah untuk memintanya untuk bahan pertimbangan mengikuti bimbel.

10. Review Pengguna
Cara terakhir dalam memilih bimbel online khususnya untuk pelatihan bahasa Inggris adalah melihat review pengguna yang telah bergabung di program bimbel online tersebut. Tinjau ulasan mereka, pengalaman saat mengikuti bimbel, hasil yang dicapai, dan aspek lain yang diperlukan. Review yang jujur dari pengguna atau peserta yang sudah mendaftar akan membantu Anda dalam memutuskan, apakah mengikuti tawaran bimbel online tersebut atau tidak.

Itulah 10 cara memilih bimbel online yang tepat, terutama bagi Anda yang ingin memperdalam keterampilan bahasa Inggris untuk keperluan studi atau yang lainnya. Apalagi menguasai bahasa Inggris saat ini tidak saja menjadi syarat masuk universitas, misalnya untuk syarat TOEFL atau IELTS, tapi juga untuk melamar pekerjaan, komunikasi verbal, bahkan ketika mendaftar ke program-program beasiswa.

Bimbel Online dari Fastwork
Fastwork adalah salah satu platform yang menyediakan bimbel online. Seperti yang diuraikan di atas, ada beberapa kriteria bimbel online dari Fastwork kami rekomendasikan. Di antaranya adalah Fastwork menyediakan beragam pengajar dari berbagai latarbelakang, tarif yang bervariatif sehingga Anda bisa memilih, beragam kelas online yang disediakan, dan tentunya Anda bisa berkomunikasi langsung dengan tutor untuk menanyakan perihal bimbel online dan juga negosiasi.

Selain itu, di Fastwork Anda juga bisa tahu durasi bimbel online yang ditawarkan, materi yang diberikan, jumlah peserta tiap kelas, review pengguna, dll. Bagaimana cara daftarnya? Silakan kunjungi laman Fastwork di sini: https://fastwork.id/online-course

Anda akan melihat banyak pilihan tutor dengan berbagai keahliannya, seperti bimbel online bahasa Inggris, bahasa Jepang, Mandarin, dan kursus lainnya. Selamat mencoba!

Facebook Twitter