Beasiswa Dosen dan Calon Dosen Skema IGSP Dikti

Skema beasiswa Indonesia-German Scholarship Programme (IGSP) kembali digulirkan bagi para dosen dan calon dosen. Dikti melalui Direktorat Pendidik dan Tenaga Kependidikan menawarkan beasiswa tersebut untuk alokasi 2014. Pelamar yang diterima akan mendapat kesempatan mengenyam pendidikan S3 (PhD) di perguruan tinggi terkemuka di Jerman.

Bagi yang berminat, Anda dapat melakukan pendaftaran beasiswa PhD ini secara online di http://beasiswa.dikti.go.id (untuk dosen) dan http://beasiswa.dikti.go.id/ln (untuk calon dosen). Nantinya, setiap pendaftar akan memperoleh nomor registrasi online. Berbeda dari sebelumnya, sistem seleksi berkas juga dilakukan secara online. Pelamar diminta untuk mengunggah dokumen-dokumen yang diperlukan dan akan menjadi pertimbangan oleh panitia seleksi. Pedoman pengajuan beasiswa dapat diunduh di sini.

Syarat untuk Pelamar:
1. Dosen tetap perguruan tinggi di lingkungan Kemdikbud dan telah memiliki NIDN.
2. Calon dosen di lingkungan Kemdikbud, dan melampirkan bukti kontrak kesediaan untuk ditempatkan sesuai penempatan dari Ditjen Dikti (Lihat Lampiran 5).
3. Telah mendapatkan Letter of Acceptance (LoA) yang masih berlaku dari institusi dan/atau dari calon pembimbing dari Perguruan Tinggi luar negeri yang dituju.
4. Bagi dosen tetap yang melamar program pendidikan S3 mempunyai gelar S2 atau yang setara.
5. Bagi calon dosen yang melamar program pendidikan S3 harus mempunyai gelar S2 atau yang setara dengan Indek Prestasi Komulatif (IPK) minimal 3,25 (skala 4).
6. Tidak akan menggunakan BPP-LN (beasiswa pendidikan pascasarjana-luar negeri) untuk mendapatkan gelar kedua dalam strata yang sama.
7. Penguasaan bahasa Inggris yang memadai (TOEFL institusional (ITP) minimal 500 atau IBT minimal 75, atau IELTS minimal 5.5), dan/atau bahasa pengantar lain yang digunakan di perguruan tinggi tujuan masing-masing di luar negeri.
8. Untuk program S3, pelamar harus telah mempunyai usulan penelitian yang disetujui oleh atau sekurang-kurangnya sudah dikomunikasikan secara tertulis dengan calon pembimbing di PT luar negeri yang dituju.
9. Untuk pelamar yang dosen tetap, umur tidak lebih dari 45 tahun ketika mendaftar. Untuk pelamar yang calon dosen, umur tidak lebih dari 28 tahun.
10. Pelamar yang berstatus suami dan istri dari bidang keilmuan yang sama, tidak diperkenankan melamar pada perguruan tinggi yang sama dan/atau dibimbing oleh promotor yang sama.

Pendaftaran beasiswa IGSP paling lambat 15 Oktober 2013. Seleksi wawancara akan dilakukan pada November 2013. Masih tersedia waktu untuk melakukan persiapan. Lampiran yang dibutuhkan dan petunjuk lebih lanjut tertera dalam pedoman yang bisa diunduh di atas. 

Selamat mencoba!

Info Beasiswa S2 Dalam dan Luar Negeri
Lihat Peluang yang Sesuai Buat Kamu..!

Facebook Twitter