Beasiswa Eiffel Pemerintah Perancis Program Master dan PhD 2020 - 2021

Jika di Inggris ada beasiswa Chevening yang begitu populer, di Perancis ada beasiswa Eiffel yang juga ditawarkan setiap tahun. Keduanya mengundang mahasiswa internasional untuk mengenyam studi di universitas-universitas terbaik mereka. Yang membedakan, beasiswa Chevening hanya ditawarkan untuk studi S2, sementara beasiswa Eiffel dibuka untuk jenjang S2 dan S3 (PhD).

Beasiswa Eiffel baru saja dibuka untuk tahun akademik 2020/2021. Memang bukan beasiswa penuh karena tidak menanggung biaya kuliah. Namun jika terpilih, sejumlah bantuan finansial sudah disiapkan Pemerintah Perancis. Pemenang beasiswa master akan memperoleh tunjangan bulanan 1.181 Euro  yang meliputi tunjangan pemeliharaan 1.031 Euro dan uang saku 150 Euro, jaminan sosial, tiket pesawat pulang-pergi, asuransi kesehatan, dan kegiatan budaya. Selain itu kandidat terpilih juga bisa memperoleh tunjangan akomodasi tambahan, seperti perumahan.Beasiswa Eiffel untuk program master berdurasi 12 bulan (M2 level) – 36 bulan (M1 level) atau 1 – 3 tahun, tergantung jenis program kuliah yang diambil.

Sementara, kandidat beasiswa PhD, akan mendapatkan tunjangan bulanan 1.400 Euro, tiket pesawat pp, jaminan sosial, asuransi kesehatan, serta kegiatan budaya. Di samping itu juga berkesempatan menerima tunjangan akomodasi tambahan seperti perumahan. Beasiswa Eiffel untuk program S3 diberikan maksimum 10 bulan. Lebih cocok beasiswa ini ditujukan bagi mahasiswa PhD tingkat lanjut yang ingin melakukan co-tutelle disertasi di Perancis. Siap mencoba?

Persyaratan:
1. Beasiswa hanya berlaku bagi mahasiswa mancanegara. Warganegara Perancis tidak memenuhi syarat.
2. Pelamar berusia maksimal 30 tahun untuk jenjang master (lahir setelah Maret 1989). Bagi pelamar PhD, usia maksimal 35 tahun (lahir pada setelah Maret 1984).
3. Aplikasi diajukan oleh lembaga perguruan tinggi Perancis (tidak diajukan sendiri). Kandidat yang dinominasikan lebih dari satu perguruan tinggi aplikasinya akan ditolak.
4. Beasiswa ditujukan bagi mahasiswa yang ingin mendaftar di perkuliahan master, termasuk sekolah teknik, dan untuk mahasiswa PhD
5. Pelamar yang sudah menerima beasiswa Pemerintah Perancis dari program lain tidak memenuhi syarat. Meskipun itu beasiswa untuk mendukung kegiatan sosial.
6.  Institusi dapat mengajukan calon yang sebelumnya mendapat beasiswa Eiffel pada tingkat master untuk beasiswa di jenjang PhD
 7. Aplikasi tidak akan diterima untuk calon yang telah mengajukan sebelumnya tapi ditolak, bahkan jika permohonan diajukan oleh institusi yang berbeda atau dalam bidang studi lain. Siswa yang telah diberikan beasiswa Eiffel pada tingkat master tidak memenuhi syarat untuk mendaftar ulang di jenjang master.
8. Memenuhi syarat kemampuan bahasa untuk bahasa pengantar perkuliahan yang diambil

Area Studi:
√ Ilmu teknik
√ Sains (hanya PhD): matematika, fisika, kimia, biologi, nano dan bioteknologi, ilmu bumi dan lingkungan, ilmu komunikasi dan informasi, teknologi.
√  Ekonomi dan managemen
√ Hukum dan ilmu politik

Simak juga » Daftar Beasiswa Luar Negeri Terbaru S1, S2, S3

Pendaftaran:
Permohonan aplikasi Beasiswa Eiffel 2020 tidak diajukan langsung oleh peserta, tapi melalui universitas atau perguruan tinggi di Perancis yang dilamar. Anda harus mendaftar terlebih dahulu ke salah satu universitas yang diminati di Perancis sesuai dengan Area Studi yang tertera di atas, kemudian setelah diterima (memperoleh offer) mintalah agar Anda bisa diusulkan sebagai penerima Beasiswa Eiffel.

Batas akhir pengajuan aplikasi beasiswa Eiffel dari pihak universitas ke Campus France paling lambat 9 Januari 2020. Pelamar harus mengontak salah satu perguruan tinggi di Perancis agar dapat diusulkan sebagai penerima beasiswa. Hasil seleksi akan diumumkan pada 23 Maret 2020. Berbagai pertanyaan bisa disampaikan melalui email: candidatures.eiffel@campusfrance.org atau mengunjungi official website Campus France (www.campusfrance.org/en/eiffel). Selamat mencoba!
Facebook Twitter