Beasiswa Internasional Cambridge, Ini Infonya!

Cambridge International Scholarship Scheme (CISS) dibuka kembali tahun ini. Beasiswa University of Cambridge Inggris tersebut menyediakan sekitar 80 beasiswa penuh bagi mahasiswa internasional. Beasiswa tersedia bagi kandidat doktor (PhD) yang ingin mengambil course by research di Universitas Cambridge.

Setiap beasiswa menanggung biaya penuh perkuliahan dan biaya pemeliharaan selama menjalani studi. Durasi beasiswa diberikan maksimal tiga tahun dan efektif dimulai tahun akademik 2014.

Berikut persyaratannya:
1. Bertanggung jawab membayar biaya komposisi universitas luar negeri.
2. Terlibat dalam program penelitian tiga tahun yang mengarah ke PhD (Yaitu akan terdaftar sebagai PhD, masa percobaan PhD atau CPGS) mulai tahun akademik berikutnya.
3. Terlibat dalam studi penuh waktu.
4. Meraih gelar kehormatan dari perguruan tinggi di UK atau setara di universitas luar negeri.

Proses aplikasi: 
Agar bisa memenuhi syarat beasiswa CISS, pelamar harus mengajukan pendaftaran sebagai mahasiswa pascasarjana di University of Cambridge secara online atau via Graduate Admission and Scholarship Application Form (GRADSAF) paling lambat 3 December 2013. Lihat panduan di sini.

Setiap pelamar yang memenuhi syarat dianggap telah mengajukan permohonan beasiswa CISS. Aplikasi harus benar-benar lengkap. Komite CISS hanya akan mempertimbangkan prestasi akademik dan potensi penelitian. Karenanya, penting referensi akademik dan pernyataan riset dimasukkan.

Proses seleksi dilakukan beberapa tahap mulai dari rangking yang dilakukan pada Januari dan Februari dari masing-masing departemen dan fakultas. Kemudian pemunculan kandidat yang masuk nominasi, dan pemberian rekomendasi dari departemen dan fakultas. Seleksi terakhir adalah pemilihan kandidat terbaik yang dilakukan oleh komite seleksi dan penetapan pemenang pada Maret 2014. Jika terpilih, Anda akan mendapat pemberitahuan melalui email paling lambat April.
Facebook Twitter