Beasiswa PWD UGM Buat Aktivis dan Akademisi

Ini dia kesempatan beasiswa S2 yang ditawarkan bagi para aktivis dan akademisi di Tanah Air. Universitas Gadjah Mada (UGM) bekerjasama dengan Universitas Olso (UiO) menawarkan beasiswa PWD (Power, Welfare and Democracy) pada jurusan politik dan pemerintahan di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol) UGM.

PWD sendiri merupakan proyek berbasis penelitian yang ditujukan untuk mengembangkan skema penilaian demokrasi, baik nasional maupun lokal yang memungkinkan mengidentifikasi masalah dan pilihan demokrasi dalam konteks Indonesia. Proyek ini sekaligus memberdayakan peneliti/akademisi dan aktivis pada isu-isu penting dengan studi demokrasi.

Tiga tema yang menjadi fokus eksplorasi riset-riset PWD, yaitu: 
1. Ragam pemahaman dan praktik yang berlaku mengenai Kewarganegaraan dan sense of public;
2. Ragam pemahaman dan praktik yang berlaku mengenai konsep kesejahteraan;
3. Ragam pemahaman dan praktik yang berlaku mengenai konsep demokrasi di berbagai lokal daerah.

Proyek PWD dimaksudkan untuk meningkatkan kompetensi akademik peneliti yang berpartisipasi dan aktivis demokrasi pada topik-topik yang terakit dengan kegiatan riset PWD. Seluruh program beasiswa akan dilakukan di Jurusan Politik dan Pemerintahan UGM. Pada periode kedua kali ini (semester Februari 2014), ditawarkan beasiswa master untuk 5 orang.

Jika terpilih, penerima beasiswa akan mendapatkan tunjangan bulanan untuk tinggal di Yogyakarta selama masa studi, biaya kuliah (SPP) fulltime program Master selama 2 tahun (empat semester) di Program S2 Politik Pemerintahan, Jurusan Politik dan Pemerintahan, Fisipol UGM, dan dana penelitian untuk penulisan tesis.

Mahasiswa yang diterima nantinya diwajibkan untuk melakukan riset pada tema spesifik yang sesuai dengan fokus riset PWD dan interest mahasiswa yang bersangkutan. Penerima beasiswa diharapkan menyelesaikan program Master maksimum dalam empat semester (2 tahun).

Karena program ini diintegrasikan ke dalam kegiatan akademis reguler di UGM, pelamar harus memenuhi semua persyaratan dasar yang sah untuk mendaftar sebagai mahasiswa pascasarjana UGM.

Persyaratan:
√ Skor Test Potensi Akademik (TPA) BAPPENAS atau Test Potensi Akademik Pascasarjana (PAPs) UGM. Skor minimal 500,
√ Kemampuan berbahasa Inggris:
√ Academic English Proficiency Test (AcEPT) UGM minimal skor 209, atau;
√ Skor IELTS minimal 5.0 atau;
Skor TOEFL Internet-Based (IBT) minimal 50 atau;
√ Skor TOEFL Computer-Based Test (CBT) minimal 145 atau;
√ Skor TOEFL Institutional Testing Program (ITP) minimal 450.

Proses Seleksi:
Seleksi dilakukan dalam dua jalur sekaligus, yaitu jalur substansi dan jalur administrasi. Jalur substansi adalah proses seleksi berdasarkan kesesuaian rencana studi pelamar dengan substansi kegiatan PWD. Jalur administrasi adalah proses seleksi berdasarkan ketentuan reguler yang berlaku di UGM.

Proses terbagi ke dalam tiga tahap, yaitu:
√ Seleksi awal berdasarkan paper pelamar yang sesuai dengan topik-topik PWD;
√ Seleksi administrasi sebagai calon mahasiswa UGM; dan
√ Seleksi akhir penentuan penerima beasiswa.

Berkas Substansi:
Pelamar mengirim paper yang berupa rencana riset dengan ketentuan sebagai berikut :
√ Paper berfokus pada salah satu tema project PWD (kewarganegaraan dan publik, ragam dan praktik kesejahteraan, dan demokrasi lokal) dengan panjang tulisan 3.000- 3.500 kata. Tema riset fokus pada tema PWD. Adapun poin-poin yang perlu ditulis dalam rancangan tersebut :
   ~ Latar Belakang Masalah
   ~ Pertanyaan Penelitian atau Rumusan Masalah
   ~ Literatur Review yang sesuai dengan topik riset penelitian
   ~ Metode Penelitian
√ Application Form yang didalamnya berisi :
   ~ Personal statement
   ~ Curriculum Vitae
   ~ Skore TPA atau PAPS terbaru (masih berlaku)
   ~ Skor AcEPT, IELTS atau TOEFL terbaru (masih berlaku)

Pengiriman berkas substantif dilakukan via email: jpp.fisipolugm@gmail.com dengan subject email: Aplikasi Beasiswa PWD.

Berkas paling lambat diterima 20 Desember 2013. Seleksi substansi akan dilaksanakan antara 24-28 Desember 2013. Pengumuman penerima beasiswa antara 2 – 5 Januari 2014.

Bagi Pelamar yang dinyatakan lolos seleksi substansi harus segara melakukan pendaftaran sebagai calon mahasiswa Universitas Gadjah Mada dengan ketentuan sebagai berikut :
√ Pendaftar membayar biaya pendaftaran ke Bank BNI (sistem host to host) untuk mendapatkan username dan password pendaftaran.
√ Username dan password digunakan untuk mendaftarkan diri secara online di alamat: http://um.ugm.ac.id/2013/pasca/idx.php.
√ Pendaftaran calon mahasiswa Universitas Gadjah Mada akan ditutup tanggal 14 Januari 2014
√ Pelamar mengirimkan/mengantar berkas administratif (2 rangkap) ke Bagian Akademik Pascasarjana Fisipol up. Bp. Hery Setyo/Bp Agus Sabdo

Bagian Akademik Pascasarjana Fisipol UGM
up. Bp. Hery Setyo/Bp Agus Sabdo
Jl. Socio Justisia, Bulaksumur, Yogyakarta. 55281. 


Daftar berkas administratif dan formatnya dapat diunduh di sini.

Informasi lebih lanjut bisa menghubungi Sekretariat Jurusan Politik dan Pemerintahan (cq. Nur Rohmah) dengan nomor telpon: 0274–563362 ext 111, HP: 08112502020. Detail mengenai prosedur umum pendaftaran mahasiswa pascasarjana UGM bisa dilihat di sini.

Info Beasiswa S2 Dalam dan Luar Negeri
Lihat Peluang yang Sesuai Buat Kamu..!

Facebook Twitter