Beasiswa Australia Awards Pemerintah Australia Dibuka!

Australia Awards Scholarship datang lagi. Beasiswa bergengsi Pemerintah Australia ini dibuka untuk tahun akademik terbaru. Seperti tahun-tahun lalu, Australia Awards selalu memberi kesempatan lebih besar bagi mahasiswa asal Indonesia. Beasiswa ini merupakan beasiswa penuh yang bisa digunakan untuk mengambil studi S2 atau S3 di negeri kanguru.

Beasiswa Australia Awards mencari individu-individu berbakat serta berjiwa kepemimpinan dari berbagai negara. Mereka akan menjalani pendidikan berkualitas di universitas-universitas Australia. Yang menarik, kesempatan sama juga diberikan bagi para penyandang disabilitas dalam memperoleh beasiswa.

Setelah menyelesaikan studi, kandidat diharapkan bisa kembali ke tanah air, mengaplikasikan ilmu yang telah diperoleh, serta memberi kontribusi signifikan di negara tempat tinggal.

Komponen beasiswa yang ditanggung, di antaranya biaya kuliah penuh, biaya perjalanan pulang, biaya hidup, program pengenalan akademik, asuransi kesehatan, serta biaya visa. Durasi beasiswa diberikan maksimal dua tahun untuk program master dan empat tahun untuk program doktor. Jika memenuhi kriteria, Australia Awards dapat juga mencakup biaya pelatihan bahasa Inggris pra-kuliah, dukungan akademis tambahan, biaya kerja lapangan untuk kegiatan penelitian, serta tiket kunjungan bagi penerima beasiswa tanpa pendamping.

Persyaratan umum:
1. Usia minimal 18 tahun saat mendaftar
2. Warganegara Indonesia dan mengajukan beasiswa dari Indonesia
3. Tidak menikah/bertunangan dengan warganegara atau penduduk tetap Australia dan Selandia Baru
4. Memenuhi persyaratan Pemerintah Australia untuk mahasiswa asing di Australia (kesehatan, karakter, dll)
5. Tidak mengajukan permohonan visa menetap di Australia
6. Tidak mengajukan permohonan Australia Awards jangka panjang lainnya (jika sudah menerima) kecuali telah berada di luar Australia selama dua kali waktu ketika berada di Australia. Misalnya, sebelumnya memperoleh beasiswa Australia Awards dengan durasi empat tahun, maka baru bisa mengajukan bila telah berada di Indonesia atau luar Australia selama delapan tahun.
7. Telah memenuhi kriteria tertentu yang telah ditetapkan Pemerintah Indonesia
8. Tidak tersedia bagi personil militer (lihat lainnya di beasiswapascasarjana.com)
9. Dapat memenuhi semua persyaratan Departemen Imigrasi dan Perlindungan Perbatasan (DIBT) untuk visa pelajar DFAT.
10. Dapat memenuhi persyaratan masuk di universitas Australia di mana beasiswa akan dijalankan.

Persyaratan khusus:
1. Melamar program studi yang masuk dalam bidang prioritas
2. Usia tidak lebih dari 42 tahun saat penutupan aplikasi
3. IPK minimal 2,9 dengan skala 4.0 (2,75 bagi pelamar dari area fokus geografis DFAT serta penyandang disabilitas)
4. Bagi pelamar master- memiliki kemampuan bahasa Inggris dengan skor minimal IELTS 5.0, PBT TOEFL 500, atau IBT TOEFL 61. Bagi pelamar PhD- skor IELTS minimal 6.0, PBT TOEFL 530, atau IBT TOEFL 71. Hasil IELTS atau TOEFL tersebut harus masih berlaku.
5. Memegang gelar sarjana untuk pelamar master
6. Memiliki gelar master untuk pelamar program doktor
7. Jika melamar program doktor, pelamar akan dibatasi pada staf universitas, perguruan tinggi, lembaga penelitian, pengambil kebijakan, dan kandidat di instansi lain yang terkait dengan kegiatan DFAT.
8. Dianjurkan bagi pelamar doktor untuk memiliki surat dukungan dari universitas di Australia untuk bidang studi yang diusulkan.
9. Menjawab semua pertanyaan yang relevan pada formulir aplikasi
10. Jika mendapatkan beasiswa, bersedia mengikuti pelatihan bahasa Inggris untuk tujuan akademik (EAP) penuh waktu (Senin-Jumat), sebelum menjalani studi di Australia.

Pendaftaran:
Pengajuan aplikasi beasiswa dibuka online. Dokumen yang perlu disiapkan di antaranya:

1. Akte kelahiran
2. KTP
3. Curriculum vitae
4. Hasil tes IELTS atau TOEFL
5. Ijazah dilegalisir
6. Transkrip akademik dilegalisir
7. Pelamar master melampirkan dokumen S1
8. Pelamar PhD melampirkan dokumen S2
9. Pelamar PhD melampirkan rekomendasi dari supervisor S2
10. Pelamar PhD melampirkan detil proposal riset

Dokumen tambahan yang diminta jika terpilih mengikuti wawancara:
1. Pas foto terbaru (3x4 cm)
2. Terjemahan resmi ijazah
3. Terjemahan resmi tranksrip nilai
4. Daftar publikasi yang relevan (jika ada)
5. Terjemahan resmi akte kelahiran

Silakan datang ke notaris untuk pengesahan (legalisir cap asli) yang menyatakan bahwa salinan transkrip akademik serta ijazah adalah benar dan akurat.

Lampirkan formulir aplikasi yang telah diisi beserta dokumen (satu rangkap) dan kirim secara online. Detil cara pendaftaran bisa dilihat artikel Pendaftaran Beasiswa Australia Awards Scholarship.

Informasi lebih lanjut serta formulir aplikasi bisa diperoleh di australiaawardsindo.org atau lihat di sini. Anda juga bisa menghubungi langsung via telepon. Pelamar yang lolos seleksi berkas berhak untuk mengikuti tahap wawancara.

Info Beasiswa S2 Dalam dan Luar Negeri
Lihat Peluang yang Sesuai Buat Kamu..!

Facebook Twitter