Beasiswa Pemerintah Rusia yang Baru (S1, S2, S3)

Barangkali Anda salah seorang yang mengimpikan bisa studi ke Rusia. Ini dia kesempatannya. Beasiswa Pemerintah Rusia yang baru kini dibuka lagi. Program ini disediakan melalui Kementerian Pendidikan dan ilmu Pengetahuan Rusia beserta Rossotrudnichestvo.  Ada tawaran beasiswa S1, beasiswa S2, hingga beasiswa S3. Yang minat mengikuti spesialis dan program training, juga disediakan beasiswanya.

Menariknya lagi, Pemerintah Federasi Rusia mengalokasikan kursi cukup banyak bagi mahasiswa Indonesia. Ada 125 kuota beasiswa di 2014/2015 untuk berbagai jenjang tersebut. Beasiswa meliputi semua biaya kuliah selama waktu pendidikan. Calon mahasiswa dapat memilih satu jurusan/program studi yang diminati dan mengajukan nama enam universitas pilihannya, yang nanti oleh Kementerian Rusia akan ditentukan satu universitas untuk mahasiswa belajar.

Nah, sayang bukan kalau tidak mengikuti tawaran ini. Apalagi, sudah pada tahu pendidikan di Rusia memiliki standar mutu tinggi dengan tradisi pendidikan yang khas.

Persyaratan beasiswa S1 dan S2:
› Prestasi akademik tinggi. Nilai ujian rata-rata dari jenjang pendidikan sebelumnya baik dan bagus, di atas 80/ IPK 3.2.
› Kondisi kesehatan baik  - mampu mengikuti proses pendidikan yang intensif, dengan menyerahkan hasil medical check up sebagai bukti.
› Mampu membayar sendiri (atau dengan sponsor) transportasi ke tempat kuliah dan biaya hidup selama masa belajar.

Dokumen yang diserahkan:
1. Formulir aplikasi (form terlampir)
2. Foto kopi ijazah dan transkrip nilai yang dilegalisir sekolah/ perguruan tinggi. Jika ijazah belum ada, dapat menyerahkan laporan nilai semester 5 SMA yang dilegalisir atau surat tanda lulus sementara program S1.
3. Hasil medical check up, surat bebas HIV/AIDS, narkoba dan TBC.
4. Foto kopi akta kelahiran
5. Foto kopi paspor reguler yang berlaku minimal 2 tahun
6. Surat persetujuan orangtua (form terlampir)
7. Pasfoto 4x6 – 10 lembar.
8. Uang untuk jasa penterjemahan Rp.1.500.000,- (jika calon mahasiswa tidak lulus seleksi wawancara, uang akan dikembalikan setelah pengumuman kelulusan di PKR, tetapi jika lulus wawancara dan tidak lulus seleksi Kementerian, uang tidak akan dikembalikan).
9. Surat penghargaan/partisipasi kontes/lomba dll, jika ada.
10. Bagi pendaftar S1 seni budaya wajib menyerahkan sertifikat kursus keahlian di bidang seni.

Pendaftaran:
Dokumen yang telah disiapkan di atas dikirimkan ke alamat berikut:

Direktur Pusat Kebudayaan Rusia,
JI. Diponegoro 12, Menteng
Jakarta Pusat, 10310
Telp 021-31935290.

Aplikasi sudah harus diterima paling lambat 2 Maret 2014. Lampiran dan formulir yang dibutuhkan di atas, silakan unduh di sini. Daftar universitas Rusia bisa dilihat di: http://en.russia.edu.ru/idbv/

Seleksi:
Setelah aplikasi diterima, semua pendaftar dipersilahkan ikut seleksi wawancara di PKR pada hari yang ditentukan. Bagi calon mahasiswa yang berada di kota yang jauh dari Jakarta dipersilahkan mengikuti wawancara melalui skype ID <beasiswarusia> (tanggal dan waktu wawancara ditentukan melalui telepon atau e-mail).

Pengumuman para mahasiswa yang diterima akan diadakan oleh Kementerian Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan Rusia pada bulan Agustus 2014. Pendaftar yang diutamakan diterima adalah mereka yang lebih dahulu menyerahkan dokumen dengan lengkap. Lihat juga 10 dokumen beasiswa yang perlu disiapkan lebih awal untuk berburu beasiswa.

Pertanyaan dapat diajukan melalui email ke beasiswarusia@gmail.com atau melalui nomor telepon yang tertera di atas. Semoga sukses!
Facebook Twitter Google