Beasiswa DAAD Program Master/Doktor di Jerman

Anda seorang profesional yang ingin melanjutkan studi S2 atau S3. Ada peluang menarik yang ditawarkan Dinas Pertukaran Akademis Jerman (DAAD). Melalui skema Scholarships for Development-Related Postgraduate Courses (Epos), DAAD menyiapkan beasiswa program master dan doktor, baik penuh maupun parsial yang bisa diambil di salah satu universitas di Jerman. Beasiswa DAAD tersebut dibuka untuk tahun akademik 2022/2023 dengan durasi 12 - 24 bulan untuk program master dan 36 bulan untuk program PhD. Durasi beasiswa disesuaikan lamanya program gelar di masing-masing institusi.

Program beasiswa didanai Kementerian Federal Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan (BMZ) Jerman. Yang menarik, meskipun pelamar memiliki pendanaan studi secara mandiri atau menerima beasiswa dari pemerintah atau sumber lain, mereka juga berkesempatan mendaftar program beasiswa ini.

Calon terpilih akan menerima beasiswa sebesar 861 Euro per bulan untuk program master, dan 1.200 Euro per bulan untuk program PhD. Beasiswa juga mencakup asuransi kesehatan dan kecelakaan. Selain itu disediakan juga tunjangan perjalanan, kecuali bila biaya tersebut ditanggung sendiri negara asal atau pendanaan dari sumber lain.

Dalam keadaan tertentu, penerima beasiswa juga dapat menerima manfaat tambahan, yakni subsidi sewa bulanan, serta tunjangan bulanan untuk anggota keluarga yang menemani. Selain itu untuk studi yang menggunakan bahasa Jerman, juga akan disediakan beasiswa kursus bahasa Jerman selama 6 bulan. 

Area studi yang ditawarkan: 
› Economic Sciences / Business Administration / Political Economics
› Development Cooperation
› Engineering and Related Sciences
› Mathematics
› Regional and Urban Planning
› Agriculture and Forest Sciences
› Natural and Environmental Sciences
› Medicine and Public Health
› Social Sciences and Education and Law
› Media Studies

Simak juga » Daftar Beasiswa di Luar Negeri Terbaru
»

Persyaratan: 
1. Bekerja pada otoritas publik (pemerintahan), perusahaan negara, atau perusahaan swasta di negara berkembang.
2. Memegang gelar sarjana
3. Menyelesaikan gelar akademik dengan nilai di atas rata-rata serta memiliki pengalaman kerja profesional setidaknya dua tahun pada bidang terkait.
4. Normalnya gelar akademik tersebut diambil tidak lebih dari enam tahun.
5. Untuk perkuliahan yang menggunakan bahasa Jerman: DSH 2 atau TestDaF 4 dengan level minimum A2.
6. Untuk perkuliahan yang menggunakan bahasa Inggris: IELTS (Band 6) atau TOEFL PBT 550, CBT 213, dan IBT 80.

Dokumen aplikasi:
1. Formulir aplikasi DAAD (Unduh)
2. CV yang telah ditandatangani (menggunakan formulir Europass)
3. Surat motivasi yang ditandatangani (mengacu pekerjaan saat ini)
4. Surat rekomendasi dari universitas, ditandatangani dan dicap resmi (tidak dimasukkan dalam amplop tertutup)
5. Surat rekomendasi dari tempat kerja/atasan, ditandatangani dan dicap resmi (tidak dimasukkan dalam amplop terutup)
6. Surat pengalaman kerja dari atasan dan jika memungkinkan jaminan mempekerjakan kembali jika telah kembali ke negara asal
7. Bukti keterampilan berbahasa: IELTS atau TOEFL untuk perkuliahan dengan bahasa Inggris atau DSH atau TestDaF untuk perkuliahan bahasa Jerman.
8. Salinan ijazah gelar akademik
9. Salinan transkrip nilai

*Ctt: Harap diingat, di atas adalah dokumen umum yang diminta. Beberapa program bisa saja meminta dokumen tambahan. Silakan disimak melalui pedoman beasiswa DAAD.

Pendaftaran:
Bagi pelamar yang berminat mengajukan beasiswa DAAD Epos 2022 - 2023, aplikasi dikirim langsung ke program master atau PhD yang diminati. Prosedur pendaftaran tersebut ditetapkan universitas (misalnya secara online), termasuk dokumen yang harus dikirimkan dan batas pendaftaran. Batas akhir pendaftaran umumnya antara Agustus 2021 hingga Januari 2022. Teknis pengajuan lebih lanjut tertera di pedomannya. 

Pihak universitas akan mempertimbangkan diterima/tidaknya pelamar berdasarkan dokumen aplikasi yang dikirim. Anda bisa mengontak universitasnya untuk pertanyaan lebih lanjut dan proses seleksi.

Info Beasiswa S2 Dalam dan Luar Negeri
Lihat Peluang yang Sesuai Buat Kamu..!

Facebook Twitter