Program Hibah 2017/2018 Toyota Foundation

Toyota Foundation untuk kesekian kalinya meluncurkan skema bantuan hibah (International Grant Program). Skema ini dikhususkan bagi negara di Asia Tenggara dan Asia Timur, seperti Indonesia, Jepang, Thailand, Vietnam, Filipina, dll. Negara tersebut nantinya juga menjadi pilihan kegiatan proyek bantuan hibah yang diusulkan.

Hibah Toyota Foundation dimaksudkan untuk menghasilkan sebuah rekomendasi kebijakan atas isu-isu yang dihadapi bersama, terutama di negara yang menjadi pilihan kegiatan proyek. Program hibah ini berlangung selama setahun (Nov 2017 – Okt 2018) atau dua tahun (Nov 2017 – Okt 2019). Kegiatannya di antaranya mengidentifikasi isu-isu yang dihadapi bersama, melakukan review dengan mensurvey, serta menganalisa situasi di negara sasaran tersebut. Harapannya, setelah kegiatan proyek berakhir dapat menghasilkan uraian masalah di negara yang menjadi sasaran pilihan serta menghasilkan sebuah rekomendasi kebijakan.

Pelamar bisa berasal dari tim atau kelompok dengan latarbelakang berbeda, misalnya pembuat kebijakan, peneliti, praktisi, masyarakat lokal, dll. Ada tiga tema utama proyek, yaitu:
 
1. Multigenerational and Multicultural Inclusion in Communities
2. Creating New Culture: Toward a Common Platform for Asia
3. Open Field

Negara Sasaran:Asia Timur: China, Hong Kong, Japan, Macau, Mongolia, South Korea, Taiwan,
Asia Tenggara: Brunei, Cambodia, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, the Philippines, Singapore, Thailand, Timor-Leste, Vietnam

Jumlah dana hibah yang diperoleh untuk tiap-tiap proyek sebesar 5 juta yen (sekitar $44.500) untuk kegiatan satu tahun dan 10 juta Yen (sekitar $89.000) untuk kegiatan proyek dua tahun. Di 2017 ini Toyota Foundation menyiapkan total 100 juta yen untuk program dana hibah ini. Hibah tersebut nantinya bisa digunakan untuk pembiayaan personil termasuk honorarium, transportasi, travel, komunikasi, pertemuan, dan produksi hasil kegiatan (cetak atau video).

Simak juga » Daftar Beasiswa S2 Dalam Negeri Terbaru

Persyaratan:
1. Individu-individu di sejumlah negara sasaran dengan pengalaman praktis di bidang-bidang seperti melakukan penelitian, melaksanakan kegiatan, menghasilkan karya-karya kreatif, dan membuat proposal kebijakan.
2. Sebuah tim atau jaringan yang luas membentang ke beberapa negara tujuan yang terdiri dari
anggota seperti praktisi, peserta proyek, peneliti, pencipta, pembuat kebijakan, dan wartawan dan perwakilan media lainnya.
3. Mampu melaksanakan proyek dengan beragam jaringan peserta di beberapa
negara sasaran.

Pendaftaran:
Pengajuan aplikasi disampaikan secara online dengan mengajukan proposal sesuai dengan contoh formulir aplikasi. Silakan unduh formulir aplikasi yang disediakan di laman Toyota Foundation. Petunjuk rincinya berupa panduan juga bisa Anda peroleh melalui laman tersebut. Batas akhir pendaftaran paling lambat 20 Juni 2017. Keputusan resmi hasil seleksi akan diumumkan Toyota Foundation pada pertemuan yang diselenggarakan akhir September 2017.

Kontak:

Mr. Kenta Kusuda / Mr. Hideo Tone / Ms. Michiru Sasagawa/ Ms. Yoko Terasaki
Group for International Grants
The Toyota Foundation
Phone: +81 (0)3 3344 1701
Email: asianneighbors@toyotafound.or.jp

Info Beasiswa S2 Dalam dan Luar Negeri
Lihat Peluang yang Sesuai Buat Kamu..!

Facebook Twitter