Beasiswa Kedokteran di Jepang dari Otsuka Foundation

Sekitar 80 beasiswa internasional disediakan Otsuka Foundation tahun ini. Sejumlah program yang memenuhi syarat, yakni kedokteran, farmakologi, gizi, pendidikan fisika, dan administrasi bisnis. Untuk mengajukan beasiswa ini, pelamar harus sudah terdaftar terlebih dahulu di universitas Jepang, baik jenjang sarjana maupun master.

Beasiswa menyediakan pendanaan studi dengan nilai berjenjang, masing-masing 2 juta Yen, 1,5 juta Yen, dan 1 juta Yen. Jumlah yang diterima nantinya didasarkan pada hasil penilaian komite seleksi. Beasiswa tersebut diberikan selama setahun, namun bisa diusulkan kembali hingga maksimal tiga tahun. Yang menarik, pelamar tetap diperkenankan untuk memperoleh beasiswa lain, semisal dari pemerintah, lembaga swasta, atau organisasi lain. Jika nantinya mendapatkan pendanaan tambahan tersebut, Otsuka Foundation hanya mengenakan pemotongan nilai beasiswa sebesar 500 ribu Yen.

Persyaratan:
1. Pelamar merupakan warganegara dari salah satu negara Asia, Timur Tengah, Afrika, Brazil, Rusia, atau Republik Ceko.
2. Pelamar merupakan jurusan kedokteran, farmakologi, gizi, pendidikan fisika, dan administrasi bisnis di universitas atau program pascasarjana Jepang.
3. Memiliki motivasi tinggi, prestasi akademik memuaskan, dan menunjukkan integritas pribadi.
4. Terlibat dalam kegiatan penelitian kreatif atau inovatif.
5. Memiliki perspektif internasional dan skill kepemimpinan yang bisa menjembatani Jepang dan negara asal di masa depan.
6. Pelamar memenuhi persyaratan lain yang ditetapkan oleh yayasan.

Dokumen yang dibutuhkan:
1. Formulir aplikasi
2. Referensi pribadi
3. Surat rekomendasi
4. Pasfoto warna (ukuran 4,5 x 3,5 cm, tidak lebih dari 6 bulan terakhir, dan ditempelkan pada formulir aplikasi)
5. Sertifikat registrasi mahasiswa (dikeluarkan pada atau setelah 1 April 2014)
6. Transkrip akademik
7. Surat keterangan domisili yang dikeluarkan pada atau setelah 1 April 2014

Pendaftaran:
Lengkapi dokumen aplikasi yang dibutuhkan lalu kirimkan ke:

Otsuka Toshimi Scholarship Foundation Office
Otsuka Group Osaka Headquarters Building
3-2-27 Otedori, Chuo-ku, Osaka
540-0021, Japan


Formulir aplikasi bisa Anda peroleh di sini. Formulir tersebut ditujukan untuk pelamar baru dan pelamar yang sebelumnya telah memperoleh beasiswa Otsuka Foundation. Bahan yang dikirim sudah harus diterima paling lambat 15 Mei 2014.

Kandidat yang lolos administrasi akan diundang untuk mengikuti sesi wawancara yang digelar akhir Juni hingga awal Juli. Para pemenang yang terpilih akan diberitahu pada akhir Juli.
Facebook Twitter Google