Ini Dia, Beasiswa Meksiko Peluang Terbaru

Sudah tahu apa saja tawaran beasiswa Pemerintah Meksiko tahun ini? Negara yang berbatasan langsung dengan Amerika Serikat tersebut menyediakan enam jenis beasiswa bagi mahasiswa mancanegara. Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, di 2014 beasiswa Pemerintah Meksiko difokuskan pada program yang berdurasi pendek. Ada yang hitungan minggu, 1 bulan, 6 bulan, hingga maksimal 12 bulan. Sasaran beasiswa ini juga terlihat lebih spefisik, seperti ilmuan, peneliti, seniman, profesional media, dan ahli pendidikan.

Pemerintah Meksiko resmi menawarkan beasiswa tersebut melalui skema 2014 Mexican Government Excellence Scholarship Program for Foreign Students. Beasiswa di antaranya terdiri dari:

Visiting professor program
Hibah diberikan bagi para ahli/profesor yang ingin memberikan perkuliahan, workshop, atau seminar di lembaga penelitian maupun universitas di Meksiko. Program ini mensyaratkan pelamarnya memegang gelar PhD atau memiliki pengalaman mengajar yang luas pada materi yang diberikan. Durasi program berlangsung minimal 1 bulan, maksimal 6 bulan.

Penerima program profesor tamu ini akan memperoleh sejumlah bantuan dari Kementerian Luar Negeri Meksiko, di antaranya tunjangan bulanan $10.093,50 Peso setara US$744,91, tiket perjalanan internasional pp, transportasi dari Mexico City ke institusi tujuan dan sebaliknya jika berada di luar ibukota, biaya perjalanan tambahan yang dibutuhkan, asuransi kesehatan IMSS. Selain itu institusi/universitas Meksiko dapat memberikan pendanaan khusus bagi penerima beasiswa.

High level-converences
Hibah diberikan bagi ahli-ahli internasional yang berniat memberikan konferensi tingkat tinggi di universitas, lembaga penelitian, maupun institusi sosial budaya yang ada di Meksiko. Kegiatan ini berlangsung 1 minggu dan maksimal 1 bulan. Untuk bisa mengikuti kegiatan ini, pelamar harus mendapat undangan terlebih dahulu di institusi bersangkutan.

Kandidat terpilih akan memperoleh tiket perjalanan internasional pp ke negara tujuan serta transportasi lokal ke lokasi konferensi.

Genaro Estrada Scholarship for Specialists in Mexican Studies
Hibah ini ditujukan untuk para ahli/peneliti yang ingin melakukan riset tentang Meksiko. Kegiatan berlangsung antara 1 bulan hingga 12 bulan. Pelamar diminta memiliki pengalaman luas, kegiatan penelitian, maupun publikasi tentang Meksiko atau topik yang terkait.

Bantuan yang diberikan di antaranya, tunjangan bulanan $10.093,50 Peso, tiket perjalanan internasional pp, transportasi lokal dari Mexico City ke situs tujuan, biaya perjalanan tambahan yang dibutuhkan, serta asuransi kesehatan IMSS.

Artist Residencies

Hibah diberikan untuk pembuatan karya artistik di Meksiko di bawah bimbingan seorang ahli yang menetap di Meksiko. Bantuan yang diberikan sama dengan program profesor tamu di atas. Durasi kegiatan berlangsung 1 bulan dan maksimal 6 bulan.

Media Residencies
Program ini ditujukan bagi para profesional yang bergelut di bidang media, baik cetak maupun elektronik. Anda diberikan kesempatan untuk membuat artikel, reportase, dan melakukan wawancara di Meksiko. Kegiatannya berlangsung 1 minggu dan maksimal 1 bulan.

Kandidat terpilih akan menerima tunjangan satu kali sebesar US$744,91 serta tiket penerbangan internasional pp.

Improving the Quality of Mexican Institutions of Higher Education
Program ini ditawarkan bagi ahli-ahli pendidikan serta administrator pendidikan internasional untuk memberikan materi konferensi, kuliah, maupun workshop, serta berbagi pengalaman kepada administrator/perguruan tinggi di Meksiko. Kegiatan berlangsung 1 minggu hingga maksimal 1 bulan.

Bantuan yang diterima di antaranya tunjangan sebesar US$744,91 untuk satu kali pembayaran, tiket penerbangan internasional pp, dan transportasi lokal ke institusi tujuan.

Pendaftaran: 
Siapkan dokumen aplikasi beserta formulir yang dibutuhkan. Unduh di sini. Lalu kirimkan ke Kedutaan Besar Meksiko di Jakarta. Aplikasi sudah harus diterima paling lambat 29 Agustus 2014. Kegiatan program berlangsung antara April hingga Oktober 2014. Jadi, pelamar diminta sudah mengajukan aplikasi satu bulan sebelum kegiatan yang direncanakan berjalan. Misalnya, program berlangsung Juli, akhir Mei atau awal Juni aplikasi sudah diserahkan.

Embassy of Mexico
Menara Mulia, Suite 2306
Jl Gatot Subroto Kav 9 – 11
Jakarta - Indonesia
Telp : 021 520 3980

Info Beasiswa S2 Dalam dan Luar Negeri
Lihat Peluang yang Sesuai Buat Kamu..!

Facebook Twitter