Ini Pendaftaran Beasiswa Chevening Awards untuk Indonesia

Buat Anda yang menunggu beasiswa Chevening, nah ini dia tawarannya. Chevening Awards menawarkan kesempatan beasiswa master (S2) bagi mahasiswa internasional khususnya di Indonesia. Melalui beasiswa tersebut, Anda dapat melanjutkan pendidikan di universitas-universitas ternama di Inggris. Beasiswa Chevening sendiri merupakan beasiswa penuh yang disediakan Pemerintah Inggris melalui Foreign and Commonwealth Office (FCO).

Beasiswa yang didapatkan nantinya meliputi biaya hidup bulanan, tiket perjalanan PP dari negara asal, tunjangan kedatangan dan kepulangan, biaya visa, serta biaya perjalanan untuk menghadiri kegiatan Chevening yang dilaksanakan di Inggris. Selain itu kandidat terpilih akan diberikan tanggungan biaya kuliah hingga 18.000 poundsterling.

Bagi yang mengambil program MBA juga disediakan tanggungan biaya kuliah sebesar 18.000 poundsterling. Kelebihan biaya akan ditanggung sendiri jika biaya kuliah tersebut melebihi dari angka yang ditetapkan. Pelamar sebaiknya mencermati biaya yang dibutuhkan untuk masing-masing jurusan yang akan dipilih. Setiap universitas juga bisa berbeda.

Pelamar dari Indonesia bebas memilih jurusan di universitas Inggris, seperti Climate change, Economics, Energy, Finance, Foreign policy, Governance, Public sector management, Science, Technology, dll.

Persyaratan:
1. Warganegara penerima Chevening (Indonesia) dan bersedia kembali ke tanah air minimal 2 (dua) tahun setelah Chevening Awards selesai.
2. Memiliki gelar sarjana dengan predikat setara upper-second class (2:1) honours di Inggris (Kalau di Indonesia IPK setara IPK 3.33 – 3.67).
3. Memiliki pengalaman kerja setidaknya dua tahun.
4. Memenuhi persyaratan kemampuan bahasa Inggris (IELTS: 6.5, Pearson PTE: 58, CEA: 176, atau TOEF iBT: 79) paling lambat 16 Juli
5. Mendaftar kuliah di tiga jurusan berbeda di universitas Inggris dan memperoleh tawaran tanpa syarat (unconditional offer) dari salah satu pilihan tersebut paling lambat 16 Juli
6. Belum pernah belajar di Inggris sebelumnya dengan bantuan beasiswa dari Pemerintah Inggris

Simak juga » Daftar Beasiswa S2 Terbaru yang Buka

Dokumen aplikasi:
1. Tiga pilihan program master yang berbeda di UK
2. Bukti kemampuan bahasa Inggris (Jika sudah ada)
3. Unconditional offer program master di UK (Jika sudah ada)

* Bukti kemampuan bahasa Inggris dan unconditional offer bisa diajukan belakangan jika belum tersedia. Paling lambat pengajuan dua dokumen tersebut adalah 11 Juli melalui akun yang sudah dimiliki.

Pendaftaran:
Pengajuan aplikasi dilakukan secara online. Anda bisa mengecek detilnya di sini: Chevening Scholarship sebelum nantinya mengisi formulir serta melengkapi dokumen aplikasi yang diperlukan. Sebelum diajukan, dokumen aplikasi dibuat dalam format PDF dengan ukuran tidak lebih dari 5 MB. Pendaftaran beasiswa Chevening dibuka 12 September - 7 November. Sebaiknya mengajukan pendaftaran sebelum deadline berakhir.

Selanjutnya, kandidat yang lolos seleki online berhak mengikuti tahapan wawancara yang akan diumumkan pada pertengahan Februari. Sesi wawancara akan dilaksanakan antara 26 Februari – 26 April melalui Kedutaan Besar Inggris. Pengumuman hasil wawancara akan disampaikan awal Juni.

Bagi Anda yang mencari beasiswa penuh untuk kuliah S2 di Inggris, bisa juga memanfaatkan Beasiswa LPDP dan Beasiswa Unggulan yang pendaftarannya dibuka setiap tahun. Selamat mencoba!

Info Beasiswa S2 Dalam dan Luar Negeri
Lihat Peluang yang Sesuai Buat Kamu..!

Facebook Twitter