Beasiswa Islamic Development Bank (IDB)

Ingin beasiswa penuh hingga ditanggung tunjangan keluarga? Islamic Development Bank (IDB) menyediakan solusinya. Merit Scholarship Programme for High Technology (MSP). Yakni skema beasiswa Islamic Development Bank yang ditujukan bagi mahasiswa berprestasi bagi negara anggota IDB. Beasiswa ini dapat digunakan untuk mengambil gelar PhD berbasis studi/riset selama tiga tahun, serta riset post-doctoral antara 6 – 12 bulan.

Beasiswa IDB menanggung semua kebutuhan utama studi, mulai dari biaya kuliah, biaya hidup, asuransi kesehatan, tiket pesawat pp, tunjangan seminar, tunjangan persiapan makalah ilmiah, tunjangan komputer (PhD), hingga tunjangan keluarga (PhD).

Pelamar dianjurkan untuk mengambil gelar PhD atau riset post-doctoral mereka di universitas atau lembaga penelitian terkemuka di dunia. Prioritasnya adalah universitas yang telah bekerjasama dengan IDB, seperti University of Cambridge, University of Oxford, University of Nottingham, University of Birmingham, UCL di UK, Princeton University USA, Paris-Tech di Perancis, KAUST di Arab Saudi, dan sejumlah universitas lainnya yang tertera di 50 universitas terbaik dunia. Lihat ulasan universitas terbaik dunia.

Fokus area studi, di antaranya meliputi bidang sains dan teknologi, yaitu: kesehatan/kedokteran, pertanian/produksi pangan, sumber daya air/desertifikasi, energi/pengembangan infrastruktur, nanoteknologi, pembangunan berfokus TIK, dan ilmu murni.

Persyaratan:
1. Usia tidak lebih dari 35 tahun untuk PhD dan 40 tahun untuk riset post-doctoral
2. Melekat pada lembaga penelitian/akademik/pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di negara masing-masing
3. Memiliki latar belakangan akademis yang diperlukan terkait studi/riset yang diusulkan serta memiliki beberapa pengalaman profesional atau penelitian di bidang bersangkutan
4. Membuktikan proposal penelitian (yang diajukan) memiliki relevansi ilmiah dan teknologi dengan tujuan memenuhi kebutuhan prioritas pembangunan negara
5. Memiliki perintah bahasa yang baik dari institusi studi serta kemampuan bekerja secara ilmiah bersama

Dokumen: 
1. Formulir aplikasi
2. Curriculum Vitae (CV)
3. Salinan ijazah sarjana dan transkrip
4. Salinan ijazah master dan transkrip
5. Dua lembar pasfoto ukuran paspor (masukkan dalam plastik transparan)
6. Bukti kewarganegaraan (akte kelahiran/paspor)
7. Bukti kemampuan bahasa atau skor tes (jika ada)
8. Salinan sertifikat pengalaman kerja
9. Surat atau bukti pra-pendaftaran (jika ada)

Pendaftaran:
Pemohon harus mengisi formulir aplikasi (unduh: PhD, Post-doctoral) dan mengirimkannya bersama dengan semua dokumen yang tertera di atas. Anda juga harus dinominasikan oleh pimpinan institusi/lembaga tempat kerja terlebih dahulu sebelum mengajukan aplikasi (tertera di formulir).

Setelah lengkap, aplikasi tersebut dikirim ke kantor Gubernur IDB negara masing-masing. Di Indonesia, aplikasi ini ditujukan ke Kementerian Keuangan RI. Nanti mereka yang menindaklanjuti dan mengajukannya ke kantor pusat IDB, Jeddah, Arab Saudi. Harap diingat, aplikasi tidak akan diterima bila langsung dikirim ke kantor pusat IDB. Keterangan ini bisa dilihat di www.isdb.org.

Berkas tersebut sudah harus diterima paling lambat 31 Desember 2014. Beasiswa Islamic Development Bank dibuka setiap tahun mulai September – Desember. 

Aplikasi dibuat satu rangkap dalam bahasa Inggris, Perancis, atau Arab. Jika dokumen tidak menggunakan bahasa tersebut, sertakan terjemahan resminya. Atur dokumen sesuai urutan dan berikan kertas pemisah masing-masingnya (putih/warna). Beri judul pada tiap kertas pemisah tersebut sesuai nama dokumen.

Kirimkan aplikasi ke:

Bambang P.S  Brodjonegoro
Minister of Finance
Ministry of Finance Djuanda Bldg. 
JL. Dr. Wahidin No. 1 Jakarta 10710 Republic of Indonesia
Telephone:+6221 3449230 - 3844324
Fax:+6221 3500842


Informasi lebih lanjut dapat ditanyakan melalui email: scholar@isdb.org atau telp: (966-2) 646-6833 / 636-1400.
Facebook Twitter WhatsApp